Belajar & Berbagi

Corporate Action

Corporate Action / Aksi Korporasi

"Suatu tindakan legal perusahaan yang berdampak kepada para pemegang saham. Untuk beberapa tindakan tersebut pemegang saham mungkin boleh atau harus merespon aksi korporasi untuk mempertahankan atau meningkatkan nilai sahamnya, ataupun menghindari turunnya nilai saham"

Termasuk corporate action adalah pembagian dividen, saham bonus, stock split, reverse stock split, right issue, merger, akusisi, tender offer dan buyback saham. Ciri khas corporate action adalah didahului dengan persetujuan pemegang saham dalam RUPS/LB dan adanya jadwal waktu pelaksanaan seperti cum date, ex date, recording date, payment date, dll.

Memahami Tanggal Pelaksanaan Aksi Korporasi

CUM DATE : Investor yang melakukan pembelian saham di bursa selambat-lambatnya pada tanggal cum berhak untuk mengikuti agenda aksi korporasi emiten.

EX DATE : Investor yang melakukan pembelian saham di bursa pada tanggal ex dan setelahnya tidak berhak lagi untuk mengikuti agenda aksi korporasi emiten.

RECORDING DATE : Investor yang telah memiliki saham sebelum tanggal ex masih harus melakukan pendaftaran sahamnya (balik nama) selambat-lambatnya pada tanggal recording sebelum benar-benar berhak untuk mengikuti agenda aksi korporasi emiten.

PAYMENT DATE : Investor yang telah memenuhi persyaratan pada saat cum dan recording date, akan memperoleh pembagian dividen, bonus, right, saham baru hasil split, atau lainnya pada tanggal payment ini.

Harga Teoritis

STOCK SPLIT

Contoh : Saham XYZ akan melakukan pemecahan nilai nominal sahamnya dengan rasio 1:4 sementara closing price saat cum date adalah Rp. 3.000
Harga Teoritis = Harga Cum dikali Rasio = 3.000 dikali seperempat = 750

REVERSE STOCK SPLIT

Contoh : Saham XYZ akan melakukan penggabungan nilai nominal sahamnya dengan rasio 10:1 sementara closing price saat cum date adalah Rp. 35
Harga Teoritis = Harga Cum dikali Rasio = 35 dikali 10 per 1 = 350

Semoga bermanfaat

Baca juga :

Popular Posts

Get Paid to View Sites