Belajar & Berbagi

Jualan di Internet (Versi Penjual)

Tips sukses jualan online di internet
Tulisan sebelumnya Tentang Jualan di Internet menceritakan tentang bagaimana persepsi saya sebelum memutuskan belanja di internet. Bagaimana jika saya mencoba berdiri sebagai penjual yang menjajakan barang dagangan di internet.
Apakah kita sebagai penjual sudah bisa menjawab pertanyaan yang akan di lontarkan calon pembeli seperti pertanyaan yang terdapat pada tulisan sebelumnya tadi? Apakah saya sebagai penjual di internet sudah punya kredibilitas, bahwa calon-calon pembeli sudah benar-benar percaya bahwa kita adalah benar-benar sedang berjualan.
Apakah Anda sebagai pembeli sudah yakin bahwa saya akan mengirimkan barang yang Anda pesan.

Kasus yang terjadi pada saya. Saya ingin menjual beberapa barang lewat blog ini. Tetapi saya menyadari satu hal, bahwa Anda mungkin ragu-ragu bahwa saya benar-benar berjualan. Wajar bila Anda ragu bahkan tidak percaya, atau malah ada prasangka buruk bahwa saya adalah bagian dari para penipu.
Apapun alasan Anda, sangat bisa di mengerti, karena saya tidak mempuanyai sesuatu yang bisa membuat Anda yakin atau percaya bahwa saya adalah benar-benar sedang berjualan dan bukan sebagai seorang negatif seperti yang di bayangkan.

Sebuah contoh yang telah terjadi. Saya mencoba menawarkan sebuah peluang usaha pulsa atau bisnis pulsa melalui Facebook. Promosi saya lakukan dengan tidak melakukan spam. Saya hanya memberi komentar pada sebuah group di Facebook. Komentar itu di berikan pada pengguna Facebook yang memberikan status sedang mencari peluang usaha. Saya pun memberikan komentar dengan kata-kata yang halus untuk melihat-lihat dulu barangkali apa yang saya tawarkan cocok bagi mereka.

Untuk keperluan tersebut, saya membuat halaman khusus 'Daftar Harga Pulsa Murah'
Hasilnya, ada beberapa orang yang mendaftar. Tapi karena alasan-alasan yang di jelaskan diatas tadi, mungkin mereka tidak mempercayai bisnis yang saya tawarkan, setelah daftar, mereka tidak melakukan aktifitas lanjutannya. Bisnis pulsa mereka dengan saya berakhir hanya sampai di pendaftaran saja.
Tentu saja, ini bukan alasan yang mutlak mereka tidak melanjutkan bisnis dengan saya. Bisa saja mereka mempunyai alasan lain, misalnya ada tempat lain yang menawarkan harga yang lebih murah.

Terlepas dari apa alasan sebenarnya mereka tidak mau melanjutkan kerjasama bisnis pulsa dengan saya, ada hal yang perlu saya garis bawahi bahwa sebagai penjual di internet, saya harus bisa terlebih dulu mendapatkan kepercayaan pengunjung atau calon pelanggan saya.

Untuk bisa memperbaiki bisnis kita sebagai penjual dalam jual beli online, kita perlu mencari tips supaya bisa menggapai kesuksesan.
Berikut beberapa tips yang layak di coba bagi Anda yang ingin berjualan di internet.

 Tips Sukses Berbisnis Toko Online
1. Jangan Bikin Situs Toko Online Dengan Sistem Belanja yang Ribet
2. Foto Berkualitas: Wajib Hukumnya!
3. Layanan yang Cepat dan Tanggap
4. Jangan Bekerja Sendiri!
5. Bekali Diri Dengan Pengetahuan Internet

Baca juga : Belajar Jadi Pengusaha Sejak Dini

Popular Posts