Belajar & Berbagi

Kredit Emas (Logam Mulia) di Pegadaian

Kredit Emas (logam Mulia) di Pegadaian
Banyaknya tulisan tentang investasi emas, membuat saya tertarik untuk mencoba berinvestasi.
Akhirnya, beberapa hari yang lalu saya datang ke Pegadaian Syariah dan melakukan transaksi pembelian emas / logam mulia dengan cara kredit.

Bagaimana caranya membeli emas / logam mulia secara kredit di Pegadaian Syariah?
Ternyata gampang, kita cuma menyerahkan copy KTP, mengisi formulir, menandatangani perjanjian, dan membayar uang muka sekitar 30% dari harga ditambah biaya ongkos kirim dan administrasi.
Cerita lebih lengkapnya begini, emas yang saya beli seberat 5 gram dengan harga Rp.2.642.500,-. Margin sebesar Rp.158.550,-. Total harga emas = Harga emas + margin = Rp.2.801.050,-.
Untuk pembelian secara kredit, kita diharuskan membayar uang muka, rinciannya sebagai berikut :
1. Uang muka = Rp. 840.315,-
2. Ongkos kirim = Rp. 11.342,-
3. Admin = Rp. 50.000,-
Total = Rp. 901.657,-.
Jadi sisa utang saya adalah Rp. 2.801.050,- - Rp. 901.657,- = Rp. 1.899.393,-.
Rencananya, sisa utang tadi mau saya kredit selama 6 bulan, jadi untuk cicilan perbulannya tinggal bagi saja sisa utang di bagi 6 bulan.

Ketika berada di Kantor Pegadaian tersebut, saya tidak menghitung angka-angka tadi, tetapi saat menulis tulisan ini, saya baru menyadari ada yang tidak di mengerti. Pada hitungan tadi, sisa utang saya adalah Rp. 1.899.393,-, tetapi di Buku Pembiayaan Mulia (semacam buku angsuran) tercatat bahwa sisa pembayaran MULIA (sisa utang saya) = Rp. 1.960.735,-, koq beda yah dengan hitungan saya tadi.

Bila dilihat - lihat, di antara kedua angka tadi (sisa utang) ada selisih sebesar Rp. 61.342,-. Jumlah tersebut sama dengan jumlah ongkos kirim + admin. Bila ini benar, bukankah ongkos kirim + admin sudah saya bayar bersamaan dengan uang muka ? Lalu angka selisih tersebut adalah angka apa, untuk biaya apa. Sepertinya saya harus datang dan menanyakan hal ini ke Pegadaian Syariah.

Baiklah sekian dulu, mudah-mudahan bisa bermanfaat.
Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi website Pegadain

Update : Menurut Pegadaian, sisa utang itu adalah jumlah Harga Emas dikurangi Uang muka (tidak termasuk penjumlahan dengan ongkos kirim dan admin)

Baca juga :




Popular Posts