Belajar & Berbagi

Mengenal Derivatif

Beberapa Istilah dalam Derivatif

RIGHT

"Surat berharga yang memberikan hak bagi pemodal untuk membeli saham baru yang di keluarkan emiten. Karena berupa hak, investor tidak terikat untuk membeli saham baru tersebut, namun konsekuensinya adalah kepemilikan investor di perusahaan tersebut akan terdilusi"

WARRANT

"Seperti halnya right, adalah hak untuk membeli saham baru pada waktu dan harga yang telah ditentukan. Biasanya warrant diberikan sebagai bonus pada saat penerbitan saham atau obligasi agar investor tertarik untuk membeli"

Right dan Warrant hanya berbeda pada waktu pelaksanaannya, dimana Warrant memiliki waktu pelaksanaan atau jatuh tempo yang jaug lebih panjang daripada Right.

OPTION

"Option adalah kontrak berjangka yang memuat hak untuk membeli (call option) atau hak untuk menjual (put option) atas surat berharga yang menjadi acuan (underlying instrument) pada harga (strike price) dan dalam jangka waktu yang telah di tentukan (expiration date)"

Pada Option, kita mengenal penjual option sebagai writer, dan pembeli option sebagai taker. Sejak 6 Oktober 2004 BEJ telah memperdagangkan option dengan underlying saham yang dinamakan Kontrak Opsi Saham (KOS).

FUTURES

"Futures adalah kontrak berjangka yang mewajibkan investor untuk menjual atau membeli sesuatu (underlying assets) dengan harga yang terjadi pada saat transaksi dilakukan dan dalam jangka waktu yang telah ditentukan (expiration date)"

Pada Futures aset yang dapat dijadikan underlying lebih variatif, mulai dari aset financial hingga aset fisik seperti komoditi. Di Indonesia kita mengenal LQ45 Futures yang diperdagangkan di BES, atau beragam Futures lainnya di PT.Bursa Berjangka Jakarta (Jakarta Futures Exchange - JFX) atau di PT. Bursa Komoditi Jakarta Raya Jakarta (Jakarta Commodity Exchange - JACOM).

Baca Juga :

Popular Posts