Belajar & Berbagi

Cara Meminjam Uang ke Bank Melalui KUR

Cara Pinjam Uang ke Bank BRI Lewat KUR
Dulu, saya pernah mencoba meminjam uang ke Bank terdekat, tetapi di tolak. Ada juga yang bilang kalau pinjam uang ke bank itu susah bagi yang baru pertama kali meminjam. Dan itu terjadi pada saya, dulu.


Sekarang, pemerintah sedang gencar dalam program membantu Usaha Kecil dengan meluncurkan Program KUR. Banyak yang bilang, kalau kita mengajukan pinjaman lewat KUR pasti permohonan kita disetujui.
Kebetulan saya punya rekening di Bank BRI, iseng-iseng mencoba bertanya ke Customer Service nya tentang KUR tersebut. Setelah mendapat penjelasan, saya jadi kepikiran untuk mencoba mengajukan permohonan bantuan dana / meminjam dari Bank BRI tersebut.

Hal-hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Mengajukan Permohonan Pinjaman ke Bank Melalui KUR :
1. Punya Usaha / Bisnis yang sedang dijalankan / berjalan. Kebetulan saya punya warung kecil.
2. Membuat Surat Keterangan Usaha dari Desa / Kelurahan.

Adapun Syarat-syarat yang harus disiapkan adalah :
1. Surat Keterangan Usaha dari Desa / Kelurahan
2. Fotocopy Kartu Keluarga
3. Fotocopy Akta Nikah / Buku Nikah
4. Fotocopy KTP Suami dan Istri
5. Photo tentang Usaha, misalnya saya dan istri di photo di dalam warung. (Tahun 2016, Photo langsung di tempat oleh petugas dari Bank BRI)
6. Pas Photo Suami dan Istri
7. Photo jaminan (jika diperlukan)

Syarat yang saya siapkan hanya poin 1 sampai 6 saja. Untuk berjaga-jaga, saya menyiapkan syarat tersebut sebanyak 5 rangkap.
Setelah semuanya siap, kebetulan hari itu hari Jum’at, saya pergi ke Bank BRI terdekat. Setelah ditanya-tanya sebentar, dari Pihak BRI menyuruh saya menunggu untuk dilakukan Survey oleh Petugas dari BRI tersebut ke lokasi Tempat Usaha saya tersebut.

Akhirnya, pada hari Rabu nya, Petugas survey pun datang, dan mengecek dokumen permohonan saya. Saat itu saya mengajukan pinjaman sebesar Sepuluh Juta Rupiah.
Setelah selesai pengecekan, Petugas tersebut meminta No Telepon, dan katanya dalam beberapa hari kedepan, akan ada panggilan dari Bank, entah untuk pencairan atau ada hal-hal lain.

Ternyata tidak menunggu lama, besoknya, hari Kamis, ada telpon yang meminta saya untuk datang ke Bank, karena hari itu saya ada kepentingan yang tidak bisa di wakilkan, akhirnya saya memohon untuk datang besok harinya. Petugas Bank menyetujui.
Dan besoknya saya datang dan menandatangani dokumen-dokumen. Permohonan pengajuan pinjaman saya disetujui. Alhamdulillah...

Permohonan pinjaman yang saya ajukan sebesar Sepuluh Juta Rupiah telah ada di tangan. Jangka waktu pembayaran selama 24 bulan dengan cicilan Rp.518.700,- per bulan. Semoga tambahan modal ini bisa bermanfaat untuk saya dan keluarga khususnya, dan bisa mengantar terhadap tujuan-tujuan yang diinginkan. Amin.

Ini hanya cerita saja tentang pengalaman saya mengajukan pinjaman melalaui program KUR di Bank BRI.
Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan Bank BRI, beserta semua pihak yang turut serta membantu perekonomian rakyat dengan lahirnya Program KUR tersebut.

Baca juga :


Popular Posts