Cara Memilih Jenis Investasi yang Tepat

Baca Juga

Cara Memilih Jenis Investasi yang Tepat, Untung Rugi Tabungan, Untung Rugi Deposito, Untung Rugi Reksadana, Untung Rugi Obligasi, Investasi pada Saham, Investasi pada Emas, Bisnis Investasi Properti
Memilih jenis investasi memang penting untuk Anda perhatikan, mengingat saat ini cukup banyak jenis investasi yang dapat Anda pilih. Pasalnya di dalam berinvestasi tentunya terdapat kemungkinan resiko yang berkaitan dengan kerugian, bahkan kondisi tersebut juga dapat menimbulkan adanya resiko kerugian yang lebih besar.
Sehingga Anda sangat perlu untuk mengenal apa saja keuntungan yang dapat Anda peroleh lengkap dengan kerugian yang mungkin dapat Anda derita.

Tabungan


• Keuntungan
Anda dapat mengambil investasi/uang Anda kapan saja sesuai dengan keinginan tanpa adanya resiko yang besar.
• Kerugian
Uang Anda akan dengan mudah berkurang, dikarenakan Anda dapat mengambil uang yang tersimpan kapanpun dengan cara yang mudah. Bahkan bunga yang dikenakan juga cenderung kecil.

Deposito


• Keuntungan
Resiko relatif rendah. Namun bunga yang didapatkan lebih besar jika dibandingkan dengan tabungan biasa.
• Kerugian
Bunga atau keuntungan yang Anda terima cenderung lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis-jenis investasi lainnya yang berhadapan secara langsung dengan resiko pasar. Deposito merupakan salah satu yang perlu Anda ketahui lebih luas dalam memilih jenis investasi.

Reksadana


• Keuntungan
Anda tidak perlu mempunyai pengetahuan yang banyak, karena investasi dikelola Manajer Investasi. Karena dana Anda diinvestasikan ke beberapa tempat, sehingga ketika terjadi kerugian pada satu tempat akan tertolong oleh tempat lain yang kemungkinan dapat memberikan keuntungan pada Anda.
• Kerugian
Bagi sebagian orang cenderung tidak merasa puas karena dana tidak dapat dikelola sendiri. Keuntungan yang Anda dapatkan juga cenderung lebih sedikit jika dibandingkan dengan saham serta terdapat biaya yang harus Anda keluarkan untuk pihak pengelola.

Obligasi


• Keuntungan
Memiliki bunga yang lebih besar jika dibandingkan dengan deposito.
• Kerugian
Jangka waktu investasi ini cukup panjang, melebihi satu tahun. Sehingga Anda tidak dapat mencairkannya jika memerlukan dana atau menginginkan investasi lain. jika pihak terhutang bangkrut, maka Anda tidak akan dapat menerima pembayaran hutangnya.

Saham


Dengan memiliki saham artinya Anda sudah turut serta di dalam kepemilikan dari sebuah perusahaan. Dana yang Anda tanamkan akan dijadikan sebagai modal dari perusahaan tersebut. Sehingga perusahaan akan memberi Anda keuntungan selaku pemegang saham atau yang dikenal dengan istilah deviden.

Emas


Emas memiliki harga yang cenderung naik pada setiap tahunnya, sehingga banyak orang yang akhirnya membeli emas sebagai investasi. Emas yang umumnya dijadikan sebagai investasi merupakan logam mulia batangan ataupun koin. Dimana emas batangan serta koin tidak akan mengalami penyusutan ketika Anda menjualnya kembali dalam bentuk perhiasan.

Properti


Jika Anda memilih jenis investasi properti, maka kurang lebih keuntungan atau kerugian yang akan Anda dapatkan sama halnya seperti investasi emas. Dimana pada waktu tertentu akan muncul kendala pada masalah lokasi pembangunan maupun ancaman terhentinya proses pembangunan yang akan menyebabkan kerugian besar.

Baca juga :