Belajar & Berbagi

Dollar Naik Jangan Panik

Dollar Naik, Rupiah Turun
Dollar naik, jangan panik.
Beberapa hari lalu di salah satu stasiun Televisi, ada ‘running text’ kurang lebih sebagai berikut, rupiah terus melemah terhadap dollar, BI meyakinkan agar masyarakat jangan panik.
Saya jadi berpikir dan tertawa lucu, emang ada yah orang yang panik dengan situasi tersebut.


Beberapa tahun kebelakang, ada seorang teman yang mengatakan, bahwa kehidupan ini seperti dua sisi koin, dimana setiap sisi mempunyai pandangan yang berbeda terhadap satu situasi yang sama.
Ketika mengingat hal itu, saya menyadari bahwa tertawa lucu saya mengingat orang yang panik karena dollar naik, itu karena saya berada di satu sisi koin yang lain, dan mereka yang mungkin terpengaruh, merasa panik, bingung atau gelisah dengan nilai tukar rupiah yang lemah terhadap dollar, mereka berada di sisi koin yang tidak sama dengan saya.
Tak sepantasnya saya menjadikan hal ini sebagai situasi yang lucu apalagi di tertawakan, mohon ma’af.

Senyuman lucu itu pun sekarang sudah berubah jadi senyuman syukur, bahwa Allah SWT, memang Maha Besar. Banyak hal yang orang lain bisa mengerti tetapi saya tidak. Hal ini sepatutnya membuat saya menyadari dan menjadikan ‘tenggang rasa’ semakin kuat.
Tidak perlu menyindir, merendahkan, atau menghina orang lain, karena bisa jadi merekalah yang benar.

Lanjut cerita, selain dua sisi koin tadi, ada juga beberapa ‘situasi hasil’ yang berbeda dari satu situasi yang sama.
Nilai tukar rupiah yang anjlok dari dollar, menciptakan beberapa situasi diantaranya, ada orang yang biasa-biasa saja (tidak terpengaruh), ada juga yang bahagia (mungkin mereka yang punya pendapatan dengan dollar), dan ada juga yang sedih, bingung dan semacamnya.
Mereka yang sedang bahagia dengan naiknya dollar, mungkin seperti sedang mendapatkan hadiah atau bonus yang mereka memang layak untuk mendapatkannya.
Mereka yang sedih atau terpukul atau apapun namanya, kayanya tidak perlu panik juga, karena panik adalah situasi yang tidak bagus untuk berpikir menyiapkan solusi supaya bisa tetap survive dan terus maju.

Setiap orang berkembang dari satu keadaan ke keadaan lainnya. Ada juga yang bilang bahwa kita berputar dari keadaan sekarang ke keadaan lainnya dan berlanjut ke keadaan lainnya dan terus berputar, dan kita akan merasakan keadaan seperti sekarang lagi, dan terus lagi berputar.

Untuk keadaan sekarang, saya berada di situasi yang tidak terpengaruh atas keadaan turunnya nilai tukar rupiah terhadap dollar. Selama sesuatu yang mau kita beli masih ada dan kita mampu untuk membelinya, keadaan ini masih membuat kita tenang.
Bagaimana dengan Anda?
Apapun rasa Anda tentang hal ini, mungkin kita perlu yakin, bahwa apa yang terjadi sekarang akan membawa menuju kepada apa yang kita inginka.
Sukses untuk Anda !

Baca juga :

Popular Posts