Belajar & Berbagi

Gaya Alternatif Berbisnis di Era Modern

Bisnis di era modern, Bisnis Sampingan, bisnis investasi, usaha mandiri, jasa kreatif
Temukan cara-cara baru berbinis yang semakin menarik dan menantang siapapun yang berminat. Karena praktik bisnis pada akhirnya bisa dijalankan oleh siapa saja yang menyimpan rencana, visi, dan misi yang tujuannya memperoleh profit secara mandiri.
Anda tak perlu membolak-balik lembaran buku teori tentang ekonomi dan bisnis sebab yang paling penting adalah realisasi dalam wujud perencanaan taktis. Nah, model bisnis pun semakin bertahap dan selalu berkembang hampir selalu di luar dugaan. Konsekuensinya ialah mematangkan rencana dan konsep sebelum mewujudkannya dalam aliran modal atau investasi. Lalu, bisnis semacam apakah yang sekiranya relevan dan mampu dikembangkan untuk keuntungan berlipat?

Bisnis Sampingan


Seandainya saat ini Anda punya pekerjaan tetap dengan sisa waktu yang cukup banyak, model bisnis sampingan sangat layak untuk dilakukan. Bentuknya pun bermacam-macam dan bisa diawali dari konsep yang sangat sederhana. Barangkali Anda akan memulainya dari hobi. Contohnya dengan membuka sebuah toko online yang khusus menyediakan buku-buku bekas. Saat ini, pasar buku bekas di internet sangatlah tinggi. Apalagi jika buku-buku tersebut langka alias sudah tidak dicetak. Contohnya, novel-novel karangan Pramodya Ananta Toer saat ini bisa mencapai kisaran harga 300 hingga 500 ribu Rupiah. Tergantung dari kondisi cetakan dan judulnya. Bahkan buku-buku bajakannya (foto kopian kualitas buku) dijual dengan harga normal (sekitar 50 ribuan). Tentu saja ada banyak peluang lain dari sejumlah buku karangan penulis handal dari tanah air yang saat ini sudah sangat jarang ditemukan di toko buku biasa.

Bisnis Investasi


Model bisnis lainnya adalah dengan melakukan investasi. Bisa berupa investasi pada properti atau sebuah perusahaan. Tergantung dari minat atau pembacaan pada keuntungan yang sekiranya bisa diperoleh. Investasi juga bisa dilakukan secara online. Misalnya dengan ikut bergabung dalam sistem trading yang dewasa ini kembali terangkat. Pilih saja yang dirasa cocok dan tidak terlalu membebani Anda.

Usaha Mandiri


Keuntungan semakin berlipat kalau Anda mampu mengelola sebuah usaha mandiri karena jumlahnya hanya akan masuk ke kas Anda. Ada banyak contoh usaha mandiri yang dijadikan sampingan atau bisnis utama seperti membuka warung makan dan sebagainya. Pandai-pandai saja membaca peluang dan memetakan segmentasi. Karena Anda wajib memahami pasar atau kepada pihak mana Anda akan menawarkan bisnis Anda.

Jasa Kreatif


Cara lain untuk mendulang peluang adalah dengan mendirikan usaha jasa kreatif. Contohnya desain baju, logo, dan sebagainya. Banyak juga model-model usaha yang didirikan berdasarkan lingkungan pemukiman setempat. Misalnya membuka jasa laundry di kawasan yang dihuni oleh banyak mahasiswa. Atau Anda barangkali berminat membuka usaha kos-kosan atau menyewakan salah satu aset bangunan sebagai rumah kontrakan. Pikirkanlah rencana Anda secara detil demi mendapatkan peluang yang lebih baik.

Baca juga :

Popular Posts