Belajar & Berbagi

Memperhatikan 3 Hal Sebelum Memulai Bisnis Sampingan Karyawan

Memperhatikan 3 (Tiga) Hal Sebelum Memulai Bisnis Sampingan Karyawan, Modal, Tempat, Harga Jual Produk

Bisnis sampingan karyawan sangat membantu kehidupan para pekerja atau buruh yang harus memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Gaji mereka yang diterima setiap bulan mungkin belum cukup. Oleh karena itu, tidak ada salahnya para karyawan kecil tersebut melakukan sebuah bisnis sampingan yang bisa jadi cukup menguntungkan.
Bahkan, tidak sedikit bisnis sampingan seperti ini akhirnya menjadi lebih maju dan berkembang. Hasil keuntungan yang didapatkan juga lebih banyak daripada gaji yang diterimanya tiap bulan. Jika kondisinya seperti itu, bukan tidak mungkin karyawan tersebut memilih resign dari perusahaannya dan serius untuk mengelola bisnis sampingan yang sekarang sudah menjadi bisnis utama. Untuk mewujudkan seperti itu, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum memulai bisnis sampingan karyawan. Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak informasi di bawah ini.

1. Modal usaha untuk memulai bisnis


Sebaiknya Anda memilih bidang bisnis yang membutuhkan modal tidak terlalu banyak. Hal ini dikarenakan status Anda yang masih menjadi karyawan kecil tentu saja cukup sulit untuk mencari dan mendapatkan modal yang besar. Jangan mengambil resiko dengan meminjam modal usaha di pihak perbankan dengan bunga yang cukup tinggi. Modal bisa Anda kumpulkan sedikit demi sedikit dari bagian kecil gaji yang diterima tiap bulan. Sisihkan untuk ditabung agar hasilnya bisa digunakan untuk memulaibisnis sampingan karyawan.

2. Tempat usaha yang fleksibel


Bisnis yang kecil tentu saja tidak membutuhkan tempat usaha yang besar dan bergaya. Anda pun tidak perlu memiliki tempat usaha di dunia nyata. Misalnya, Anda memilih berbisnis menjual pulsa dari beragam provider. Pulsa tersebut bisa Anda jual di lingkungan kerja Anda. Rekan dan teman kerja Anda bisa menjadi pelanggan setia untuk membeli pulsa. Anda pun cukup membutuhkan handphone yang harganya tidak perlu mahal, yang penting bisa mengirim SMS untuk pengiriman pulsa di nomor tertentu. Cara yang lain, yaitu Anda bisa membangun tempat usaha di dunia maya, yaitu dengan memiliki website atau blog. Tempat usaha tersebut akan difungsikan untuk berjualan produk yang Anda promosikan dan jual kepada konsumen.

3. Harga dari produk yang dijual


Sebuah produk yang dijual harus dibandrol dengan harga tertentu saat dijual kepada konsumen. Saat menentukan harga, Anda harus memperhatikan keuntungan dan kerugiannya. Jangan sampai harga yang dibandrol terlalu tinggi karena akan ditinggal oleh konsumen. Sementara jika Anda membandrol produk dengan harga terlalu rendah, bukan tidak mungkin keuntungan yang didapatkan terlalu kecil. Oleh karena itu, silakan Anda untuk mencari informasi harga dari produsen atau penjual yang menjual produk serupa dengan yang Anda jual. Apalagi Anda yang masih berstatus sebagai karyawan yang tidak mungkin menjual produk dengan harga terlalu mahal. Itulah sedikit informasi mengenai bisnis sampingan karyawan.

Baca juga :



Popular Posts

Get Paid to View Sites