Belajar & Berbagi

Tips Mengatasi Kerugian Bekerja di Rumah

Tips Mengatasi Kerugian Bekerja di Rumah, Sulit Fokus, Kurang Bergaul
Bekerja di rumah memang merupakan pilihan yang hingga saat ini masih cukup dipertimbangkan. Sekalipun jenis pekerjaan ini mampu menghemat waktu lebih banyak karena tidak perlu menghabiskan waktu dengan berjam-jam menerjang macet. Di dalam kondisi normal, biasanya sekitar 4 hingga 4 jam dalam sehari yang dihabiskan untuk menuju kantor maupun pulang dari kantor.
Belum lagi jika kkondisi jalanan sedang macet, banjir, demo maupun berbagai kendala perjalanan lainnya yang semakin membuat perjalanan menjadi lebih lama. Hal semacam ini tentunya tidak akan terjadi ketika Anda memilih untuk bekerja secara efektif di rumah.
Namun meskipun memiliki keuntungan tersendiri, jenis pekerjaan yang satu ini juga memiliki beberapa kerugian. Lalu bagaimana agar selama menjalankan pekerjaan di rumah secara efektif? Sudah pasti langkah mudahnya adalah dengan mengatasi hal-hal yang megganggu Anda ataupun mengurangi kinerja Anda.

Sulit fokus


Waktu untuk bekerja memang seharusnya tidak terganggu oleh berbagai hal lain agar Anda tetap dapat mengerjakannya dengan fokus penuh. Karena kehilangan fokus akan membuat perencanaan atau tujuan Anda tidak tercapai. Padahal fokus merupakan hal yang sangat sulit untuk didapatkan ketika Anda memutuskan untuk bekerja di rumah.
Beberapa gangguan fokus yang mungkin menjadi kendala bagi Anda diantaranya adalah ajakan anak untuk bermain ataupun ajakan keluarga untuk mengobrol. Dimana hal-hal seperti ini memang pada kenyataannya sangat sulit untuk dihindari.


Kurang bergaul


Dengan memutuskan untuk berkantor di rumah, maka kerugian selanjutnya yang akan Anda dapatkan adalah kehilangan kesempatan untuk bertemu dengan lebih banyak orang. Umumnya komunikasi sering dilakukan hanya melalui internet, seperti halnya email, jejaring sosial maupun melalui telepon, Blackberry Messenger, SMS dan masih banyak lagi.

Mengatasi kerugian bekerja di rumah


Untuk dapat mengatasi beberapa kerugian seperti yang sudah disebutkan diatas, ada tips-tips yang dapat Anda lakukan. Berikut beberapa teknik yang dapat Anda terapkan untuk sukses ketika bekerja di rumah:

1. Berikan pengertian dengan cara yang baik kepada anggota keluarga yang berada atau tinggal satu atap dengan Anda, katakan bahwa Anda membutuhkan waktu untuk fokus bekerja pada jam-jam tertentu. Sehingga jangan sampai mereka mengganggu pada jam-jam tersebut.

2. Buat ruang kerja yang terpisah dengan area ruangan keluarga. Misalnya seperti menempatkan ruang kerja Anda di lantai dua rumah Anda ataupun pavilion khusus ruang kerja.

3. Terapkan perilaku disiplin dari dalam diri Anda sendiri. Jika Anda mulai merasa bosan ataupun lelah, maka Anda dapat mengambil sedikit waktu untuk beristirahat dan menyegarkan fikiran. Namun setelah merasa lebih baik tentunya Anda harus kembali berfokus pada pekerjaan Anda.
Memutuskan bekerja di rumah dengan menerapkan tips-tips penting di atas tidak menutup kemungkinan bahwa Anda mampu meraih impian untuk sukses dengan jalan Anda sendiri.

Baca juga :

Popular Posts