Belajar & Berbagi

Antara Memilih Bekerja atau Membangun Bisnis

Antara Memilih Bekerja atau Membangun Bisnis

Setiap tahun, banyak sekali sumber daya manusia yang baru lulus dari sekolah tingkat menengah pertama, tingkat atas dan perguruan tinggi.

Saat masih di bangku sekolah, kebanyakan dari mereka (termasuk saya) berpendapat bahwa sekolah adalah suatu sarana, alat atau apapun namanya, yang akan memudahkan kita untuk mempunyai pekerjaan, dan tentunya membuat kita punya penghasilan.
Semakin tinggi sekolah, maka diharapkan kerja dan income pun semakin baik. Tapi, bila diperhatikan, tidak semua dari seluruh para lulusan sekolah itu mendapatkan apa yang mereka harapkan, tentang pekerjaan.

Selain dari mengharapkan pekerjaan, mungkin ada sebagian dari mereka tadi yang punya pendapat bahwa mencari pekerjaan dan mendapatkan pekerjaan yang layak tersebut, bukanlah satu-satunya hal yang membuat mereka punya penghasilan.
Mereka mengamati atau melihat di lingkungan sekitar mereka tinggal, ternyata ada beberapa orang yang punya penghasilan bukan dari bekerja atau menjadi pegawai, tetapi dari berdagang atau berbisnis, misalnya. Lalu hal itu membuatnya menjadi sebuah inspirasi, ketika tempat kerja yang dicari tidak didapatkan, merekapun mencoba untuk berdagang atau membangun bisnisnya.

Sebuah Pengalaman Bekerja

Saya adalah seorang yang pendidikan tertingginya hanyalah sekolah lanjutan atas kejuruan. Beberapa jenis pekerjaan pernah dialami, mulai dari bekerja di pabrik sampai menjadi pekerja / karyawan lepas. Semua pekerjaan yang pernah dialami termasuk pekerjaan sekarang, tidak satupun yang sesuai dengan keahlian yang saya pelajari selama di sekolah kejuruan tersebut.
Ini menjadi sebuah pemikiran atau pendapat, bahwa bisnispun akan sangat mungkin adalah kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan apa yang kita pelajari di sekolah.
Ini hanyalah sebuah pengalaman, karena sangat mungkin banyak juga mereka yang mempunyai pekerjaan yang sesuai dengan ilmu yang mereka pelajari di sekolah / kuliahnya.

Tentang Bisnis

Banyak orang yang merasa takut ketika akan memulai bisnis, hal ini sangat wajar, mengingat bisnis adalah sebuah pekerjaan yang memberikan penghasilan yang tidak menentu. Berbeda dengan menjadi pegawai / karyawan, pekerjaan yang dilakukan memberikan penghasilan yang menentu setiap bulannya.
Perlu digaris bawahi, bahwa bisnis itu memberikan penghasilan yang tidak menentu, artinya, penghasilan dari bisnis bisa tidak ada atau kecil, atau bahkan menjadi sebuah penghasilan yang besar atau sangat besar dibanding penghasilan di tempat kerja yang kita inginkan (yang tidak kita dapatkan).

Belakangan ini, banyak sekali pihak-pihak termasuk pemerintah yang menggalakan tentang wirausaha. Mereka mengharapkan agar kita tidak terpaku hanya untuk mencari pekerjaan. Bahwa penghasilan juga bisa diciptakan dengan berwirausaha atau berbisnis.

Mencoba Peluang Bisnis Online

Berbagai peluang usaha di internet atau bisnis online bertebaran. Ada yang memerlukan modal atau keluar uang dulu, dan ada juga yang tidak.
Bila tertarik untuk mencoba peluang usaha di internet, Anda bisa mencoba bergabung dengan situs-situs survey online, seperti ipanelonline, Viewfruit, dan ClixSense.
Selain survey online, Anda juga bisa mencoba gabung dengan situs PTC seperti NeoBux dan ClixSense.

Sekarang zaman internet, segala informasi tentang bisnis bisa dengan mudah kita dapatkan.
Bagi yang sedang kepikiran untuk mencoba berbisnis atau berwirausaha, jangan terlalu banyak berpikir, langsung mulai saja, begitu pepatah yang pernah saya dengar dari bapak Purdi E. Chandra. Atau Anda juga bisa memulainya dengan mengumpulkan informasi, ilmu dan perhitungan yang matang.

Anda yang masih duduk di bangku sekolah, apabila suatu hari nanti, pekerjaan yang Anda inginkan tidak Anda dapatkan, carilah pekerjaan yang lain. Kesampingkanlah gengsi, karena secara umum, untuk bisa berada di atas kita harus memulainya dari bawah.
Berwira usaha atau berbisnis, bisa juga menjadi salah satu alternatifnya.

Teringat sebuah ucapan dari seorang artis kita, Vidi Aldiano di sebuah setasiun Televisi. Vidi adalah orang yang mempunyai banyak sumber penghasilan. Ketika ditanya hal itu, Vidi menjawab, ‘saya hanya mencoba untuk produktif’.
Jadi, bekerja atau membangun bisnis adalah sah-sah saja, yang penting adalah mempunyai penghasilan karena kita membutuhkan materi untuk menjalani kehidupan ini. Usahakan untuk mendapatkan yang halal dan tidak merugikan pihak lain.
Sukses untuk Anda!

Terimakasih telah meluangkan waktu membacanya

Baca juga :

Popular Posts