Belajar & Berbagi

Apa Yang Dilakukan Untuk Ketika Masa Kerja Selesai (Pensiun)

Apa Yang dilakukan Ketika Masa Kerja Selesai

Apa yang dilakukan ketika masa kerja telah selesai? Mencari pekerjaan lagi? Berbisnis? Atau menikmati masa pensiun dengan melakukan banyak hal yang baik?
Pertanyaan ini sering muncul, terkadang ada lewat rasa khawatir. Yang menjadi alasannya mungkin karena saya tidak seperti mereka yang bisa tetap punya gaji / pendapatan walau mereka sudah tidak bekerja lagi (pensiun). Tapi tidak semua orang bisa punya keberuntungan seperti itu.

Retire Young Retire Rich
Sebuah Buku karya Robert T. Kiyosaki


Punya pendapatan ketika masa kerja sudah selesai (pensiun) adalah keinginan hampir semua orang, dan kabar baiknya, ternyata hal itu bukan hanya milik mereka yang menjadi Pegawai Negeri Sipil saja, sebagai orang biasa pun kita bisa punya peluang untuk itu.
Bila kita punya bisnis seperti McDonald's atau KFC (diantaranya), kita juga bisa punya penghasilan walau sudah tidak bekerja lagi.
Hal ini menjadi sebuah inspirasi.
Memulai membangun bisnis sejak masih muda.
Memulai dari sisa waktu, terus lakukan sampai bisnis menjadi besar.
Terdiam..., bisnis jadi besar, bisnis apa ya???

Bisnis Rumah Kontrakan untuk Penghasilan di Masa Pensiun.

Retire Young Retire Rich.
Kata-kata itu menjadi bantuan untuk kembali semangat.
Baru ada satu yang terpikirkan, membangun bisnis properti untuk disewakan, Rumah kontrakan dan atau Ruko.
Apabila kita memulainya dari sekarang.
Bangun satu unit Rumah Kontrakan (untuk satu pengontrak) dalam satu tahun. Bila sisa masa kerja kita adalah 10 tahun, berarti pensiun nanti kita akan punya 10 unit Rumah Kontrakan. Bila sisa masa kerja kita adalah 20 tahun, ya pensiun nanti kita akan punya 20 unit.
Dan, bila pada masa pensiun nanti harga sewa satu unit Rumah kontrakan kita adalah satu juta rupiah per bulan, bila kita punya sepuluh unit, maka penghasilan pensiunan kita adalah sepuluh juta rupiah per bulan. Bila kita punya 20 unit Rumah Kontrakan ya kita bisa dapat 20 juta rupiah per bulannya.
Sepertinya, andai-andai ini bisa masuk akal juga untuk dilakukan, untuk sebuah pendapatan ketika masa kerja kita telah selesai / pensiun.

Membuat Blog untuk Penghasilan di Masa Pensiun.

Sekarang jamannya internet / dunia maya. Walaupun maya, tapi ada dari mereka yang berhasil mempunyai pendapatan dari dunia maya ini, dengan ngeblog salah satunya. Bila masih belum tahu apa itu blog, silahkan cari saja di Google.
Saat menulis ini saya sedang membaca 'Benarkah Penghasilan dari Blog Adalah Passive Income?', dan saya pun punya Mimpi Menjadikan Blog Sebagai Aset (Mesin Pencetak Uang). Artinya, minimal ada dua orang yang punya pemikiran bahwa blog bisa menjadi salah satu alat yang membuat kita punya penghasilan pasif, penghasilan yang cocok saat masa kerja kita telah selesai (pensiun).
Bagaimana hal ini bisa terjadi?. Pekerjaannya harus dimulai dari sekarang. Membuat tulisan yang bisa berlaku sampai selama mungkin, sampai 1000 tahun kedepan mungkin. Blog kita menyediakan konten yang dibutuhkan oleh orang-orang di zaman sekarang, zaman anak-anak kita, zaman cucu-cucu kita, dan seterusnya.
Ini baru pemikiran saja, mungkin Anda punya pemikiran lain tentang apa yang Anda lakukan untuk masa pensiun nanti?.

Baca juga :

Popular Posts