Belajar & Berbagi

Ketika Pengeluaran Melebihi Pendapatan

Seperti pernah ditulis sebelumnya, Antara Memilih Bekerja atau Membangun Bisnis, bahwa ada orang-orang yang mempunyai pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Bagi mereka ini, terkadang, uang yang didapatkan itu tidak menghadirkan kebahagiaan, karena uang itu jelas tidak bisa mencukupi kebutuhannya pada bulan tersebut.


Mengatasi Kebutuhan / Pengeluaran Lebih dari Pendapatan

Saya pernah mengalaminya. Ketika hal ini terjadi, beberapa hal yang terpikir untuk dijadikan solusi adalah :

• Mencari Pendapatan Tambahan.
Ini sangat umum terjadi, kerja lembur setelah jam kerja pokok, atau bekerja lembur di hari ketika orang-orang menikmati libur, merupakan suatu kebiasaan untuk menutupi kekurangan dari pendapatannya. Sebagian yang lain melakukannya dengan mencari kerja tambahan yang lain di waktu setelah selesai bekerja.

• Mengambil Uang Tabungan.
Ini juga adalah sebuah solusi yang simple, tapi hati-hati jangan tergoda dengan menjadi kebiasaan mengambil uang tabungan.

• Menggadaikan Barang / Perhiasan.
Istri kita mempunyai beberapa perhiasan yang sedang dipakai ataupun disimpan, lalu pergi ke Pegadaian, uangpun kita dapatkan.

• Menjual Beberapa Barang.
Menjual barang-barang yang pernah atau sedang kita sayangi, seperti pakaian, buku, gitar, dan sebagainya, apa boleh buat, karena ini juga mungkin jadi solusi.

• Meminjam Uang.
Hal berikutnya yang terpikir untuk dilakukan guna menutupi pengeluaran adalah dengan meminjam uang. Beberapa pihak yang bisa dipakai untuk meminjam uang adalah, meminjam uang di tempat kerja, meminjam kepada saudara, meminjam kepada teman, atau bahkan meminjam kepada ‘Pihak Pemberi Pinjaman’.

Itulah beberapa hal yang biasanya terpikir untuk menyelesaikan masalah ketika pengeluaran melebihi pendapatan, atau ketika ada suatu kebutuhan yang mendesak yang tidak bisa ditutupi dengan penghasilan rutin kita.

Dibalik semua yang terjadi, biasanya tersimpan sebuah hikmah. Ketika mendapat situasi seperti tadi, bagi sebagian orang, ini menjadi sebuah semangat baru untuk bisa mengatasi keadaan seperti tadi supaya tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Memulai Usaha Sampingan.

Di internet, banyak sekali informasi dan peluang usaha sampingan / tambahan, tapi berhati-hatilah memilahnya, antara mana yang masuk akal dan yang tidak, karena banyak cerita tentang mereka yang tertipu dengan sebuah usaha yang menurut mereka pada saat itu adalah usaha yang bisa diandalkan.
Anda juga bisa baca ini :
Memperhatikan 3 Hal Sebelum Memulai Bisnis Sampingan Karyawan
4 Jenis Bisnis Online Rumahan

Singkat kata, hal terbaik untuk mengatasi pengeluaran melebihi pendapatan adalah dengan mempunyai sumber pendapatan yang lain selain sumber pendapatan pokok saat ini.
Bisa dilakukan dengan mencari pekerjaan paruh waktu, atau mempunyai usaha paruh waktu.

Menurut Robert T. Kiyosaki, kurang lebih seperti ini, apabila kita menginginkan kebebasan finansial, mulailah untuk membangun bisnis Anda sendiri. Selama ini kita disibukkan dengan mengurus bisnis orang lain.
Mulai membangun bisnis Anda sendiri, mulai saat ini, mulai dari sisa waktu Anda. Bila terus dilakukan bisnis paruh waktu ini tidak menutup kemungkinan akan menjadi bisnis yang besar yang akan memberikan Anda penghasilan melebihi dari pengeluaran.
Anda pun tidak perlu lagi untuk mempunyai pekerjaan tambahan, mengambil uang tabungan, meminjam uang, menggadaikan atau menjual barang / perhiasan Anda.

Semoga coretan ini ada gunanya.
Salam.

Baca juga :

Popular Posts

Get Paid to View Sites