Belajar & Berbagi

Langkah Menuju Mempunyai Penghasilan dari Blog

Saat ini, banyak sekali para master blog yang memberikan motivasi dengan menampilkan bukti-bukti penghasilannya beserta cara-cara yang mereka lakukan dalam meraihnya. Sebuah kesimpulan terbersit, bahwa begitu menggiurkan untuk bisa mempunyai penghasilan seperti mereka dan jalan yang akan dilewati nanti seakan terbaca begitu jelas hingga akan mudah melakukannya.

Langkah Menuju Mempunyai Penghasilan dari Blog
Setelah berkeliling dari satu blog ke blog lainnya, hasrat untuk ‘mempunyai penghasilan dari internet’ kian membara. Pilihannya adalah melalui blog.
Berbekal pengalaman ‘tidak tahu menulis’ dan ‘tidak tahu menulis apa’, bayangan penghasilan malah makin memuncak, seakan uang dari internet sudah ada di depan pintu rumah. (sebuah pengalaman)
Memulai dengan banyak kesalahan mungkin lebih baik daripada tidak memulai.


Menentukan Jenis Penghasilan dari Blog


Ada banyak jenis penghasilan dari Blog. Kang Herman Yudiono pemilik Blogodolar, Beliau menceritakan aneka pendapatannya, diantaranya dari Affiliasi, Iklan PPC, dan Menjual Blog.
Untuk lebih jelasnya bisa baca-baca di Blogodolar.com.

Sedikit bahasan, Affiliasi, dalam kata sederhana adalah perantara. Di dunia nyata, saya pernah mendapatkan dari menjadi perantara ini. Saya membawa orang yang akan membeli motor ke sebuah dealer, ketika transaksi terjadi, pihak dealer memberi komisi kepada saya. Begitu juga dengan affiliasi di internet, misalnya kita memasang gambar / link affiliasi Lazada, lalu ada pembaca blog kita yang tertarik untuk belanja di Lazada, lalu mereka masuk ke website Lazada melalui tautan yang ada di blog kita. Apabila terjadi transaksi penjualan, maka pihak Lazada akan memberikan komisi kepada kita sesuai syarat dan ketentuannya.

Cara lain untuk mempunyai penghasilan dari blog yaitu dengan memasang iklan PPC. Salah satu PPC yang paling populer adalah milik Google yaitu Google Adsense. Cara kerjanya kurang lebih seperti ini, kita memasang kode iklan Google Adsense di blog, kemudian ada pembaca blog yang tertarik dan mengklik iklan tersebut, maka pihak Google Adsense akan memberikan sejumlah uang di akun Google Adsense kita.
Jangan terburu-buru untuk mendaftar ke Google Adsense, lebih baik kumpulkan dulu informasi yang banyak terutama tentang bagaimana mendaftar ke Google Adsense supaya bisa di approve.

Membuat Email (Cara Membuat Email)


Bila kita tertarik dengan Google Adsense, tentunya pilihan email terbaiknya adalah email dari Google juga, namaemail@gmail.com. Kita mempunyai satu akun Google, akun itu bisa pakai di semua produk Google, seperti Blogger dan Google Adsense. Bagaimana membuat email, bayak sekali tutorialnya. Yang perlu diperhatikan adalah, hati-hati jangan sampai lupa nama email dan passwordnya, juga siapkan langkah pemulihan, seandainya suatu saat kita lupa password. Bila pemulihan memakai nomor ponsel, maka nomor kita jangan diganti.

Membuat Blog (Cara / Langkah Membuat Blog)


Dua tempat paling banyak digunakan untuk membuat blog adalah Blogger dan Wordpress. Pada tahap awal, tahap penjajakan dan pembelajaran, tahap mengamati, dengan alokasi pengeluaran yang minimal walau dengan tujuan yang begitu besar, Blogger adalah pilihannya. Dengan ngeblog di Blogger, kita bisa cepat mempraktekkan bagaimana mempunyai penghasilan dari blog.
Setelah akun gmail aktif, pergi ke blogger.com, dan mulai membuat blog. Jangan lupa praktekkan tips-tips yang Anda dapatkan. Sampai tahap ini, dulu saya merasa bangga karena bisa mempunyai namablog.blogspot.com, sementara tetangga saya tidak memilikinya dan mereka tidak tahu bahwa di dunia ini ada yang namanya blog. Kepercayaan diri berlanjut.

Menulis di Blog


Sekarang saatnya untuk menulis. Sebelum menulis, tentukan dulu apa tema dari blog kita. Membahas tema tertentu, katanya akan bagus untuk berpenghasilan dari Adsense. Tapi ada suatu yang unik dan sederhana menurut saya, mbak Indri menjelaskannya dalam Cara Praktis Mencari Uang Adsense Via Blog Bahasa Indonesia. Sepertinya sangat mudah, kita jalan-jalan sambil foto-foto, lalu menceritakannya di dalam blog. Ide yang bagus untuk menulis di blog, dan menulis ini adalah pekerjaan kita untuk mempunyai penghasilan dari blog.

Mengoptimalkan Blog


Blog sudah ada, tulisannya pun sudah ada, saatnya untuk mempromosikan dan mengoptimalkannya. Tulisan dan blog sangat bagus bila bisa memuaskan dua pihak, pembaca blog dan mesin pencari. Bagus dimata pembaca blog, artinya tulisan kita ini berguna bagi mereka. Bagus di mata mesin pencari, maka setiap orang yang sedang mencari sesuatu melalui Google, Bing ataupun Yahoo, mereka akan menempatkan kita di halaman satu hasil pencarian. Untuk bisa seperti itu, perlu kerja yang cukup ekstra apabila kita masih dalam proses belajar. Jangan khawatir, semua ilmunya ada di internet.

Menjadi Publisher


Mendaftarlah di Google Adsense, melalui tab Penghasilan di Blogger. Lakukan pendaftaran ini seandainya Anda sudah yakin telah mempraktekkan tips-tips bagaimana supaya blog kita di approve Adsense.

Menulis, Menulis Lagi dan Terus Menulis

Poin satu yang harus terus dilakukan adalah menulis. Isilah blog kita dengan tulisan secara berkala. Apabila bisa setiap hari, apalagi beberapa posting perhari, itu pasti akan sangat baik bagi kemajuan blog yang nantinya berimbas pada kemajuan penghasilan kita.
Terus menambah ilmu tentu tidak akan merugikan kita. Salah satunya disini, Portal Uang.

Berdoa dan Terus Berusaha


Karena manusia tidak bisa menentukan hasil, maka meminta pertolongan dari Yang Maha Kuasa perlu dilakukan. Usaha telah dilakukan, pasrahkan semuanya kepadaNya.

Terimakasih telah meluangkan waktu membaca 'Langkah Menuju Penghasilan dari Blog'.

Baca juga :

Popular Posts