Belajar & Berbagi

Dari Film Fast & Furious 5 untuk Merencanakan Penghasilan dan Masa Depan

Rencanakan Penghasilan dan Masa Depan Sama Seperti Anda Merencanakan Membangun Rumah.

Dari Film Fast & Furious 5 untuk Merencanakan Penghasilan dan Masa Depan

Banyak orang menjalani kehidupan ini dengan mengalir saja, sementara yang lain menjalaninya dengan membuat perencanaan. Orang-orang yang sukses hidup dari Blog atau Websitenya, mereka merencanakan perjalanan karirnya, langkah untuk mempunyai penghasilan dari blog.
Bukankah ketika kita akan membangun rumah , kita akan memanggil arsitek dan bersama membuat rencana?


Dalam hal mencari penghasilan, bagi wirausahawan, membuat sebuah rencana bisa jadi akan menjadi hal dasar yang penting yang akan menentukan keberhasilan nantinya. Bukan hanya tentang penghasilan, sebuah tujuan yang lebih panjang, masa depan, bila dari sekarang mulai di rencanakan, mungkin akan membuat perbedaan terhadap hasilnya pada suatu waktu di masa mendatang dibanding apabila kita tidak merencanakan.
Bahwa kenyataannya, banyak terjadi ketidak sesuaian dari apa yang di rencanakan, itu adalah hal yang wajar.
Saya sering menonton film-film dari luar negeri. Dari banyak film-film tersebut, banyak diantaranya yang membahas tentang rencana. Ketika sebuah rencana tidak berjalan, mereka sudah siap dengan yang namanya rencana yang lain. Rencana A adalah rencana utamanya, bila berjalan tidak sesuai, maka rencana B atau bahkan rencana C atau D atau E dan seterusnya, telah siap untuk dilakukan. Itulah tentang perencanaan yang matang.

Contoh Tentang Membuat Sebuah Rencana, dari Film Fast Furious 5.


Seorang Buronan yang bernama Dominic Toretto bersama rekannya yang juga buronan yang masa lalunya adalah anggota penegak hukum, Brian O’Conner. Mereka sedang berada di suatu negara, dimana disitu ada seorang mafia kaya raya, dan mereka sedang ada masalah dengan mafia tersebut. Singkat kata, mereka, Dom (panggilan dari Dominic Toretto) dan Brian merencanakan untuk pensiun dari dunianya sekarang. Mereka ingin kehidupan yang normal tanpa di usik oleh pihak kepolisian yang mengejarnya. Jalannya sudah terbentang, yaitu mengambil kekayaan dari mafia tersebut, seluruhnya, lalu pergi menghilang dan menikmati kehidupan bebas di suatu tempat. Lalu mereka pun menyusun rencana.

Tujuannya adalah masa depan. Jauh dari jangkauan pihak kepolisian yang mengejarnya dan hidup bebas dengan kekayaan yang berlimpah atau mencukupi.
Tantangannya adalah, mafia itu mempunyai organisasi yang besar dengan banyak pasukan, bahkan, pihak kepolisian di negara tersebut bisa mereka kendalikan. Uang kekayaan dari si mafia ini tidak disimpan di Bank, tetapi disimpan di empat tempat yang berbeda dengan penjagaan yang ketat.

Rencana yang dibikin adalah, membuat si mafia menyimpan uang-uang nya di satu tempat.
Dengan kondisi dan tantangan yang ada, Dom dan Brian membuat banyak rencana yang tersusun, termasuk kebutuhan untuk membuat sebuah tim. Setelah menganalisa kebutuhan-kebutuhan, maka didapatlah apa yang mereka harus siapkan, yaitu sebuah tim yang terdiri dari orang-orang yang mempunyai kemampuan dibidang yang mereka perlukan.

Bagian-bagian dari rencana yang dilakukan Dom dan Brian di Film Fast & Furious 5.


• Membuat si Mafia menyimpan seluruh uangnya di suatu tempat (tadinya di 4 tempat), dengan cara menerobos dan merusak salah satu tempat penyimpanan uang si mafia. Akhirnya si mafia pun menyimpan uangnya di satu tempat untuk alasan keamanan. Celakanya tempat tersebut adalah ruang penyimpinan barang bukti di Kantor Kepolisian setempat.
• Mempunyai 2 mobil yang sangat cepat beserta 2 pengemudi handal (Dom dan Brian) untuk membawa brankas yang berisi seluruh uang si mafia tersebut.
• Mencuri beberapa mobil polisi yang nantinya digunakan untuk menghambat tim kepolisian mengejar mereka.
• Mengintai sistem keamanan Kantor Kepolisian tempat mafia menyimpan seluruh uangnya tersebut, dengan cara mengirim dua orang yang membetulkan ruangan (yang sebelumnya mereka hancurkan) yang dekat dengan sistem kendali keamanan.
• Menyimpan kamera bergerak di dalam mobil mainan untuk mengenali jenis brankas yang dipakai mafia dengan cara mengirim seseorang yang menyamar jadi anggota inteligen yang menitipkan barang bukti.
• Menyediakan satu brankas kosong yang sama dengan brankas tempat si mafia menyimpan uangnya.
• Menyediakan satu mobil kontainer bersama beberapa personilnya untuk mengangkut brankas kosong tersebut yang nantinya akan ditukar dengan brankas si mafia.
• Kemudian mereka beraksi, menjebol dan mencuri brankas berisi uang dan menggusurnya dengan 2 mobil cepat tadi.
• Mobil kontainer sudah menunggu di sebuah jalan yang tidak jelas terlihat dari kejauhan, bersama brankas kosong yang ada di depannya yang siap di ikat ke kedua mobil cepat tadi.
• 2 polisi gadungan dengan 2 mobil polisinya mencoba menghambat pengejaran polisi kepada Dom dan Brian sehingga membuat ada waktu untuk proses penggantian brankas.
• Tiba di jalan yang Mobil kontainer menunggu, sambil kedua mobil cepat ini terus berjalan, brankas berisi uang yang mereka gusur, di masukkan kedalam mobil kontainer, dan dengan sigap tim yang berada di dalam kontainer mengikat brankas kosong di depan kontainer ke kedua mobil tersebut. Sekarang, Dom dan Brian sedang menggusur brankas kosong, yang beberapa saat kemudian diikuti mobil-mobil polisi dan mobil dari pasukan si mafia ini, mengejar mereka.
• Rencana berikutnya, Dom dan Brian melepaskan brankas kosong yang digusur kedua mobilnya dan kabur menyelamatkan diri dari kejaran.
• Rencana mereka berhasil, walaupun ada halangan-halangan dan situasi yang tidak diprediksi sebelumnya menyertai perjalanan dari rencana mereka.

Begitulah tentang contoh dari sebuah rencana. Cerita tadi, cerita di sebuah film. Di dunia nyata, mungkin akan banyak kendala dan situasi yang tidak diperhitungkan sebelumnya akan membumbui perjalanan dari sebuah rencana.

Mudah-mudahan cerita ini bisa menginspirasi Anda yang sedang atau kepikiran untuk merancang / membuat rencana untuk penghasilan dan masa depan Anda.
Terimakasih telah meluangkan waktu membacanya.
Sukses selalu untuk Anda.

Baca juga :

Popular Posts