Belajar & Berbagi

Passive Income Dengan Bisnis Franchise (Waralaba)

Passive Income Dengan Bisnis Franchise (Waralaba)
Gambar dari Google Advanced Image Search with free to use, share or modify, even commercially

Selain mempunyai Rumah Kontrakan, bisnis yang memberikan Anda penghasilan pasif (Passive Income) adalah bisnis Franchise atau Waralaba. Bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang sedang trend saat ini. Banyak pengusaha lokal yang mengembangkan bisnisnya dengan sistem Franchise.


Anda tahu McDonald's? Mungkin Anda tertarik seandainya mempunyai bisnis McDonald's ini. Inilah bisnis Franchise.
Anda bisa mempunyai bisnis Franchise dengan membelinya atau membangunnya.
Bila Anda membelinya, Anda tidak perlu repot lagi untuk membangun sistemnya, karena semuanya sudah disiapkan oleh pemilik Franchise tersebut. Anda tinggal mengikuti sistem tanpa harus merubahnya dan penghasilan pun akan datang dengan sendirinya.

Membangun Bisnis Franchise / Waralaba Sendiri


Pada tulisan sebelumnya tentang  4 Jenis Penghasilan, bisnis Franchise ini termasuk ke dalam kuadran Business Owner. Tidak semua yang bernama bisnis bisa dikategorikan Business Owner, karena sebuah bisnis bisa saja masuk ke dalam kuadran Self Employed. Yang membedakannya adalah sistem. Bisnis bersistem seperti Franchise ini, akan memberikan penghasilan kepada pemiliknya walaupun si pemilik ini tidak ikut ambil bagian dalam pekerjaannya. Apabila Anda mempunyai bisnis, tetapi ketika Anda tidak terlibat di dalamnya, bisnis tersebut tidak memberi keuntungan, maka bisnis tersebut masuk kategori Self-Employed.

Bisnis Waralaba atau Franchise merupakan bisnis yang mempunyai sistem atau dijalankan oleh sistem. Seperti tata letak toko, seragam pegawai, usia pegawai, cara memperlakukan pelanggan, dan sebagainya. Coba perhatikan McDonald's di kota Anda, lalu bandingkan dengan gerai McDonald's di tempat lainnya, Anda akan mendapatkan kesamaan di dalamnya, itulah salah satu yang ada di dalam sistemnya. Sistem ini menjadi kekuatan dari bisnis ini.
Oleh karenanya, seandainya Anda berniat mempunyai bisnis Franchise dengan membangunnya, Anda harus bisa membuat sesuatu yang unik beserta sistem yang bagus dan mudah di aplikasikan. Buatlah sebuah sistem yang membuat orang lain merasa tertarik untuk berinvestasi dengan bisnis Franchise Anda.


Keuntungan Membangun Bisnis Franchise (waralaba)


Salah satu keuntungan terbesarnya adalah Anda bisa mengembangkan usaha / memperbanyak gerai/toko tanpa harus mengeluarkan modal lagi, karena orang yang bermitra dengan Anda yang akan menanggungnya. Jadi, buatlah para calon mitra Anda tergiur dengan keuntungan yang Anda tawarkan.

Sebuah ilustrasi cerita tentang keuntungan membangun bisnis Waralaba.
Misalnya Anda mempunyai satu rumah makan. Rumah makan Anda sangat ramai dan menjadi salah satu rumah makan favorit. Misalnya Anda memperoleh keuntungan bersih sebesar 10 juta rupiah per bulannya. Lalu Anda membuat sebuah rencana untuk mengembangkan rumah makan ini dengan sistem Franchise. Setelah Anda mempromosikannya, lalu Anda mendapatkan satu mitra yang tertarik. Kemudian mitra baru Anda ini menginvestasikan uangnya untuk membuka rumah makan Franchise Anda di kotanya. Sesuai dengan sistem keuangan yang Anda buat di bisnis Franchise ini, Anda akan memperoleh 1 juta rupiah perbulan dari rumah makan mitra Anda ini. Keuntungan 1 juta rupiah ini mungkin merupakan keuntungan yang kecil bila dibanding keuntungan yang diperolah rumah makan yang Anda kelola sendiri. Tapi bayangkan, seandainya Anda mempunyai 100 mitra yang membuka rumah makan Franchise di 100 kota, maka penghasilan Anda 100 juta rupiah per bulan. Penghasilan ini akan terlihat lebih besar lagi jika Anda mengingat bahwa 100 rumah makan tersebut dikembangkan oleh Anda dengan tanpa mengeluarkan modal. Dan satu lagi, Anda tidak harus terus ikut bekerja di dalamnya, karena Anda sudah membuat rangkaian pekerjaan di dalam sistem, karenanya, maka penghasilan Anda ini termasuk penghasilan pasif atau Passive Income.
Itulah sedikit ilustrasi tentang keuntungan membuat Bisnis Franchise sendiri.
Ilustrasi ini hanyalah sebuah bayangan, karena yang sebenarnya tergantung kepada perjanjian dan sistem yang ada di dalam sebuah Franchise itu sendiri.

Sukses untuk Anda.

Baca juga :


Popular Posts