Belajar & Berbagi

Bisnis dan Pemimpin

Ketika memulai bisnis, itu berarti kita sedang memulai menjadi pemimpin. Saat ini, kita harus mulai memutuskan tentang jenis kepemimpinan, mau jadi pemimpin seperti apa kita nantinya. Ada pemimpin yang memimpin melalui intimidasi dan pemimpin yang memimpin dengan inspirasi.

Bisnis dan Pemimpin



Jika kita memutuskan untuk memimpin dengan mengintimidasi, hal itu biasanya akan membuat orang-orang yang kita pimpin akan merasa lebih kecil, merasa kecil dalam kecerdasan dan semangat. Sepertinya hal ini akan melahirkan sebuah kerjasama yang seakan dipaksakan. Mereka melakukan pekerjaan tidak dengan sepenuh hati, tetapi lebih kepada karena rasa takut kepada kita, pemimpinnya. Tentu saja ini akan merugikan terhadap gairah bekerja dan berpengaruh terhadap kemajuan bisnis kita.


Apabila diperhatikan, kepemimpinan yang dibangun dengan intimidasi, seakan sedang menciptakan tenaga paksa, mereka harus mengikuti karena tidak mempunyai pilihan lain. Bila kita menjadi pemimpin dalam lingkungan bisnis yang sedang kita bangun, dan kita menerapkan intimidasi dalam kepemimpinan kita, kita tentu bisa memprediksi apa yang akan terjadi terhadap masa depan bisnis kita.

Seorang pemimpin yang bisa menginspirasi orang yang dipimpinnya, dia selalu ingin mendidik dan menumbuhkan semangat kepada orang-orang yang dipimpinnya. Pemimpin seperti ini, akan banyak disukai oleh para pengikutnya, mereka akan dengan senang hati melakukan apa yang diperintahkan pemimpinnya. Mereka senang dengan pemimpin seperti ini, karena mereka merasa di hargai.

Sebaliknya, pemimpin yang menghargai bawahannya, membebaskan bawahan untuk berinspirasi dengan memberikan motivasi-motivasi beserta batas-batas kewenangannya, tentunya akan melahirkan sebuah bisnis yang berbeda dari yang lainnya.

Pemimpin bisa menciptakan robot atau menciptakan pemimpin.

Dalam bisnis Multilevel Marketing, seseorang diajarkan untuk menjadi pemimpin yang bisa menciptakan pemimpin. Seorang pemimpin bisa menjadi berhasil dalam bisnis Multilevel Marketingnya seandainya dia bisa melahirkan banyak pemimpin di dalam organisasinya.

Dalam bisnis Multilevel Marketing, apabila seorang pemimpin hanya bisa menciptakan orang-orang yang berbisnis karena tuntutan atau target dari pemimpinnya, organisasi bisnis ini mungkin tidak akan bertahan lama, karena para penggerak bisnis di dalam organisasi ini kehilangan iramanya, mereka bekerja membangun bisnis karena takut kepada pemimpinnya ketika tidak bisa mencapai target yang telah ditetapkan.

Penting sekali untuk berpikir sejenak mengenai arah dari kepemimpinan kita.
Keterampilan pemimpin dalam membangun bisnis dan orang-orang yang ada di dalamnya, tentunya akan menentukan keberhasilan bisnis kedepannya. Pemimpin yang bisa menciptakan pemimpin, inilah yang menjadi salah satu kekuatan penting bagi kemajuan bisnis.

Baca juga :

Popular Posts