Belajar & Berbagi

Bagaimana Bisa Menjual 3x Lebih Mahal Dibandingkan Kompetitor

Bagaimana Bisa Menjual 3x Lebih Mahal Dibandingkan Kompetitor

Bila kita jeli memperhatikan, banyak produk sejenis yang di jual bisa berbeda harga. Merek A menjual dengan harga lebih rendah dari merek B atau sebaliknya.
Istilahnya, meski sama-sama kulit buaya, namun satu merek bisa menjual puluhan kali lipat dibanding merek lainnya.


Sebagai contoh, pernahkan Anda melihat air mineral dalam kemasan bisa berbeda harganya di berbagai tempat ? Lalu apa yang membedakannya ?
Banyak yang menyebut brand lah yang membedakannya. Nama besar atau top tentu akan menghasilkan harga produk yang lebih mahal. Ini memang masuk akal, tapi di samping itu ternyata ada alasan lainnya, yaitu hubungan antar manusia itu sendiri.



Sebuah pengalaman ketika masih berada di bisnis Multi Level Marketing. Ketika itu seringkali dibahas pentingnya “menjual diri” sebelum menjual apa yang kita tawarkan. Maksudnya, sebelum mulai menawarkan bisnis atau produk, terlebih dahulu kita harus bisa membuat si calon konsumen tersebut merasa nyaman. Lebih bagus lagi jika kita bisa membuat si calon pelanggan ini merasa bahwa kita bukanlah orang lain melainkan bagian dari keluarganya.

Hubungan antar manusia, hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Salah satunya adalah peran dari customer service yang bisa merubah segalanya. Tidak cukup hanya nama besar atau brand besar, karena apabila disertai dengan peran customer service yang buruk, ada kemungkinan nama atau brand besar itu akan tercoreng.

Ingat selalu dengan istilah, ‘Pelanggan adalah raja’. Ini adalah pengingat untuk kesuksesan. Melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya, menjalin hubungan baik adalah salah satu senjata ampuh menjual produk. Sebesar atau semahal apapun produk yang kita tawarkan, bila pelanggan telah terbeli dengan layanan kita, tentu transaksi akan terjadi. Inilah salah satu mata kunci yang penting.

Anda telah bekerja keras. Anda telah melakukan promosi yang gencar dan dahsyat. Akhirnya kerja keras Anda membuahkan hasil. Banyak pengunjung ke toko Anda.
Selanjutnya Anda bekerja keras lagi. Anda belajar dan mempraktikkan cara bagaimana menjadikan pengunjung tersebut sebagai pembeli. Anda menyadari, percuma mempunyai banyak pengunjung apabila tidak terjadi penjualan.
Anda akan kerja keras sampai berhasil dan pandai mendatangkan pengunjung dan merubah mereka menjadi pembeli.

Tidak cukup sampai disini, ada hal-hal yang perlu di kerjakan lagi. Bagaimana membuat mereka kembali lagi dan bahkan mereferensikan produk/jasa Anda kepada yang lainnya. Ini adalah hal yang sangat penting.

Strategi-strategi yang di lakukan untuk bisa berhasil menjual produk/jasa, nantinya akan terkait atau bermuara pada hubungan antar manusia tadi.
Kunci yang akan menggiring kepada kesuksesan ini adalah tentang bagaimana menjual diri Anda. Ingatlah, kita itu bukan cuma menjual produk, tapi juga menjual diri kita dan pelayanan kita. Sebagai pertimbangan konsumen, diri kita harus bisa lebih bernilai ketimbang produk yang kita tawarkan.

Bila kita telah berhasil membuat pelanggan terpuaskan, barulah kita bisa menjual dengan harga lebih mahal, bahkan bisa 3 kali lipat atau lebih banyak, lebih mahal dari harga yang di tawarkan para kompetitor.

Baca juga :


Popular Posts