Belajar & Berbagi

Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Meminjam

Cara Mencari Modal Usaha Tanpa Meminjam

Modal adalah salah satu hal yang kadang sering menjadi kendala bagi mereka yang ingin memulai sebuah usaha. Sekecil apapun jumlah uang yang di perlukan, tapi banyak juga orang-orang yang tidak punya pekerjaan yang tidak memiliki uang untuk modal, walau sebegitu kecil jumlahnya. Mereka yang tidak punya pekerjaan tersebut, merasa kesusahan untuk mendapatkan kerja lalu mencoba untuk berwirausaha. Sayang sekali keinginan ini baru sebatas keinginan, karena terganjal yang namanya modal.
Setiap orang berbeda dalam menyikapi modal ini. Ada yang menganggap sebagai penghalang, ada yang menganggap sebagai tantangan. Perbedaannya, yang satu kalah dan yang lain terus berusaha menaklukkannya.


Sebenarnya banyak juga yang mengatakan, bahwa apabila kita jeli, ada juga usaha-usaha yang bisa di mulai tanpa modal. Terlepas dari hal itu, modal adalah bagian dari perjalanan usaha itu sendiri. Jumlahnya bisa kecil atau bisa juga besar. Ada yang memulai usaha dengan modal sendiri, ada juga yang menggunakan uang pinjaman, dan ternyata ada juga yang menggunakan uang orang lain.

Bagi yang mempunyai uang sendiri, tentulah modal itu bukan jadi persoalan. Mereka bisa memulai usahanya kapan saja mereka mau. Tetapi bagi mereka yang memang tidak mempunyai uang, sementara modal tetap harus ada, maka jalan yang banyak di lakukan adalah dengan meminjam uang ke Bank atau lembaga peminjaman lainnya.

Mengenai meminjam uang ke Bank, ada dua jenis pinjaman, yaitu yang memakai jaminan dan yang tidak pakai jaminan. Pemerintah begitu peduli kepada masyarakat kecil yang punya usaha dan bermasalah dengan modal, dengan mengeluarkan program KUR. Pinjaman melalui program KUR ini tidak memakai jaminan. Tapi walau tidak ada jaminan, jangan sampai tidak membayar angsurannya.

Selain meminjam uang, modal juga bisa di peroleh dengan tanpa harus meminjam. Ini adalah hal yang menarik, karena pasti banyak orang yang ingin tahu strategi seperti ini.
Untuk bisa mendapatkan modal tanpa harus meminjam ini, yang diperlukan salah satunya adalah ide. Anda mendapatkan uang yang akan di pakai modal tersebut dengan menawarkan ide kepada orang-orang yang mempunyai uang tentunya.
Silahkan Anda tawarkan ide Anda tersebut kepada keluarga, teman, kenalan dan lain-lainnya.
Apabila ide yang Anda tawarkan menarik, maka modal yang di harapkan pasti akan datang.

Apa saja yang terdapat di dalam ide ini?
Ide yang Anda tawarkan ini berisi sebuah perjalanan dari rencana usaha Anda. Mulai dari jumlah modal yang di perlukan sampai jumlah keuntungan yang akan di dapatkan. Mulai dari cara memulai atau memproduksi sampai dengan cara menyelesaikan atau memasarkan. Mulai dari memperkirakan kendala yang mungkin terjadi sampai dengan cara mengatasinya. Mulai dari bagaimana usaha ini lahir sampai bagaimana usaha ini akan menjadi besar, dan lain-lain.
Ide-ide ini tentunya akan menarik mereka yang mempunyai uang untuk berinvestasi ke dalam usaha Anda. Apabila para calon investor ini menilai bahwa ide Anda ini bisa di jalankan, atau apalagi bahwa ide Anda ini sangat menggiurkan, tentu uang yang dibutuhkan akan sangat gampang mengalir ke tangan Anda.

Cerita tadi bukan tentang bagaimana mendapatkan uang dengan menjual ide, tetapi tentang bagaimana mendapatkan modal tanpa harus meminjam. Oleh karenanya, selain ide tersebut, diperlukan kesungguhan, keyakinan dan kejujuran Anda sebagai pelaku usahanya. Karena pihak yang memberi uang kepada Anda, mereka mengharapkan usaha Anda berhasil seperti yang tertuang dalam ide yang ditawarkan, sehingga uang yang di investasikan tersebut bisa kembali kepada investor beserta keuntungan-keuntungannya. Usaha Anda lancar dan menguntungkan, sang investor pun mendapatkan bagian dari keuntungannya. Ini adalah win-win solutions. Sebuah kerjasama yang saling menguntungkan.

Apa Anda tertarik mendapatkan modal dengan tanpa harus meminjam?

Baca juga :

Popular Posts