Belajar & Berbagi

Pembeli Berhati-hati dalam Bisnis Online

Pembeli Berhati-hati dalam Bisnis online

Karena biaya marketing jadi lebih murah, peluang bisnis saat ini sedang berpindah ke dunia internet yang di kenal dengan bisnis online. Internet membuat waktu pebisnis lebih hemat. Internet membuat penjualan kita selalu buka tidak mengenal waktu, tidak mengenal tutup, sehingga transaksi bisa terjadi kapan saja. Selain hal-hal tadi, bisnis online ini begitu banyak di minati karena internet bisa menjangkau lebih banyak orang.


Seiring dengan kemajuannya tersebut, tentu ada sisi buruknya, yaitu dari oknum-oknum yang memanfaatkan ke kurang hati-hatian konsumen. Ada konsumen yang tertipu, entah itu karena barang tidak sampai atau barang tidak sesuai dengan yang di tawarkan.

Pengguna internet yang terus bertambah dari berbagai kalangan, diikuti teknologi internet yang terus berkembang, membuat para pelaku bisnis mencoba untuk melebarkan sayap. Tidak sedikit kaum pekerja bahkan pengangguran, menjadi mempunyai penghasilan lewat bisnis online ini.

Kemacetan, tidak adanya barang yang di inginkan di toko terdekat, adalah salah satu alasan lain yang menjadikan bisnis online ini menjadi terus berkembang.

Tetapi dengan adanya kasus-kasus penipuan, tentunya akan menadarkan para calon konsumen untuk berhati-hati.

Hal-hal yang perlu di pertimbangkan sebelum memutuskan untuk belanja online :


Domain Gratisan

Bisnisnya masih perlu dipertanyakan jika menggunakan domain gratis. Logikanya adalah, jika situs berbayar saja masih belum tentu bisa dipercaya, apalagi situs gratisan?
Tapi hal ini bukanlah hal mutlak, karena ada juga mereka yang mengerjakan bisnis dengan tanpa mempunyai modal, sehingga domain gratisan adalah solusinya.

Identitas Pemilik

Lihatlah identitas dari pemiliknya, termasuk alamat, foto dan nomor telepon lokal.
Bisnis akan bisa lebih dipercaya jika memiliki nomor telepon lokal (sesuai alamatnya) yang bisa dihubungi.

Produk

Pastikan cari tahu informasinya tentang legal nya dari produk yang akan di beli.

Money Game

Money game biasanya adalah bisnis yang memberikan hasil dari presentase pendaftaran member dan tidak ada produk yang di jual, atau produk hanya sebatas kamuflase saja.

Pembayaran

Pembayaran yang baik adalah metode pembayaran yang melibatkan pihak ketiga.
Contoh cara kerjanya: pembeli memesan barang, lalu mengirimkan uang pembayarannya pada rekening pihak ketiga. Penjual akan menerima pembayaran jika pembeli sudah menerima barang/produk yang dibelinya.
Sekarang ini banyak sekali toko-toko online yang bisa di percaya. Bila ingin berbelanja, carilah toko online yang contohnya bisa menjamin uang kembali seandainya kita tidak menerima barang yang di beli.


Baca juga :


Popular Posts

Get Paid to View Sites