Belajar & Berbagi

Berbeda Pengertian Tentang Bisnis MLM (Multi Level Marketing)

Berbeda Pengertian Tentang Bisnis MLM (Multi Level Marketing)
Jika Anda merasa kurang enak dengan kata-kata MLM atau Multi Level Marketing, hal itu adalah hal yang wajar. Banyak jenis usaha yang sejenis seperti itu, dan banyak orang menyebutnya sebagai MLM. Tidak semua yang berbau jaringan itu bisa di katakan sebagai bisnis MLM, karena ada di antara nya bisnis seperti arisan berantai.

Apabila berbicara tentang passive income, mungkin saja semuanya menawarkan dan memang ada peluang untuk bisa mendapatkan passive income.
Yang menjadi menarik dari Multi Level Marketing ini adalah banyak orang yang tidak mengetahui nya secara benar-benar mengetahui, kemudian menamai hampir semua bisnis yang berbau rekrut-rekrut orang sebagai MLM. Ada yang mendapat bonus persentase dari uang pendaftaran anggota misalnya, banyak yang menamai bisnis ini sebagai MLM.

Menurut saya, bisnis MLM itu adalah bisnis pemasaran produk yang di pasarkan melalui jaringan manusia, dengan sistem rekrut-rekrut member atau di kenal dengan nama distributor. Biasanya, produk-produk nya cukup berkualitas. Apabila ada biaya pendaftaran, maka biaya tersebut hanya sebatas atau kurang lebih senilai dengan biaya penggantian dari buku atau alat panduan menjalankan bisnis, termasuk kartu keanggotaan dan lain sebagainya. Biaya nya bisa di bilang kecil, dan Upline tidak mendapatkan keuntungan uang dari biaya pendaftaran Anda. Upline biasanya disebut juga sponsor, yaitu orang yang mengajak Anda pada gabung sebuah bisnis MLM.

Itulah sedikit pengertian tentang MLM yang saya ketahui, apabila jauh berbeda dengan yang Anda ketahui, mungkin MLM yang Anda tahu adalah bisnis yang bisa merugikan. Orang yang ikut berbisnis MLM dengan pengertian yang saya jelaskan tersebut, tidak akan mengalami kerugian.
Apabila ada kerugian, kerugiannya itu adalah : keluarnya biaya pendaftaran, pembelian alat bantu (buku, tiket pertemuan), transportasi (bensin), biaya telepon dan waktu. Apabila Anda membenci bisnis MLM karena pernah terlibat di dalamnya, dan Anda keluar banyak uang tetapi kesuksesan tidak kunjung tiba, pertanyaannya adalah, uang besar yang di keluarkan itu dipergunakan untuk biaya apa? Karena yang saya tahu, tidak ada keharusan untuk mengeluarkan biaya besar. Bisnis MLM ini di besarkan dengan jaringan manusia bukan dengan pengeluaran uang yang begitu besar.

Darimana penghasilan pebisnis MLM?
Penghasilan yang di dapat pebisnis MLM adalah hanya dari persentase penjualan produk saja, yang terjadi di dalam group atau organisasi yang di pimpinnya (jaringannya).
Bisnis MLM dengan basis jaringan tidak mengharuskan anggotanya untuk berjualan produk, karena anggota pasti membutuhkan produk dan cukup hanya untuk dipakai oleh nya atau keluarganya.

Seandainya Anda di tawarkan bisnis MLM, tapi harus keluar uang yang begitu besar dan tidak seperti yang Anda baca di atas tadi, mungkin sebaiknya di hindari saja, atau carilah dulu informasi yang lebih banyak mengenainya.

Baca juga :


Popular Posts

Get Paid to View Sites