Peran Komunikasi untuk Kesuksesan

Baca Juga

Peran Komunikasi untuk Kesuksesan
Selain mempunyai produk berkualitas tinggi, kita juga harus bisa mengkomunikasikan kualitas dari produk tersebut. Dan bila kita mampu mengkomunikasikannya, mempersuasi kepada orang banyak, tentu akan berdampak kepada hasil yang berlimpah.


Mungkin Anda tidak perlu menjadi seorang pembicara terkenal, atau seorang standup comedy, tapi apa yang membuat perbedaan karir antara 1 orang dengan yang lainnya adalah bagaimana cara dia mempresentasikan, cara mengkomunikasikan, cara mempersuasi orang lain, sedemikian
sehingga bisa meraih puncak karir.
Seperti halnya kerja keras dan kerja cerdas tentu akan jauh lebih cepat menghasilkan, seandainya bisa dikomunikasikan secara tepat kepada orang yang tepat.

Banyak yang menyangka bahwa komunikasi itu mudah, namun kenyataannya beribu masalah terjadi karena kesalahan komunikasi.
Komunikasi adalah tentang bagaimana sebuah pesan dapat tersampaikan, perasaan dapat tertuangkan, dan makna dapat dibagi.



Komunikasi adalah bagaimana sesuatu itu bisa dipahami. Sebuah contoh sederhana. Kita sedang mengendarai kendaraan lalu terlihat lampu kuning berkedip-kedip di bagian belakang sebelah kanan dari kendaraan yang ada di depan kita. Melihat hal itu, kita pun memahami bahwa kendaraan yang ada di depan tersebut akan melaju ke arah kanan atau berbelok ke kanan. Itulah contoh sederhana mengenai komunikasi.

Tehnik mempersuasi orang adalah suatu kemampuan yang perlu di miliki seorang entrepreneur. Sebuah keahlian yang di perlukan juga oleh kalangan profesional untuk mengarungi jenjang karir dan kehidupannya.

Banyak orang yang perlu untuk menguasai keahlian ini, termasuk para pemimpin, bos, tenaga penjual, yang sedang mencari pacar, dan lain-lain.

Keahlian komunikasi lebih identik dengan keahlian berbicara. Seseorang akan menjadi seorang pembicara yang hebat bila telah menguasai ilmu menjadi pendengar yang baik. Dengan kata lain, pembicara yang baik adalah pendengar yang baik. Anda akan di dengarkan bila Anda terlebih dahulu mendengarkan.

Manusia dan komunikasi merupakan satu kesatuan. Komunikasi melekat pada diri manusia.
Komunikasi ada dalam segala aktivitas hidup kita. Komunikasi itu bisa berbentuk tulisan, gambar, lisan, atau isyarat, dan lain-lain.
Sebuah komunikasi persuasi yang dilakukan secara emosional bisa menghasilkan sebuah pengaruh yang berkaitan dengan emosional seseorang, menggugah simpati dan empati.

Komunikasi persuasif adalah suatu proses, yakni proses mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku orang lain, baik secara verbal maupun nonverbal.

Apabila kita sedang berkeinginan untuk menjadi pemimpin sebuah perusahaan, tehnik komunikasi ini harus di pelajarai dari sekarang. Bagaimana Anda menyampaikan pesan yang menggugah, sehingga bawahan Anda antusias melakukan apa yang Anda inginkan.
Untuk itu, Anda butuh untuk memiliki ethos tinggi, yang bisa dicirikan oleh kesiapan, kesungguhan, ketulusan, kepercayaan, ketenangan, keramah-an, dan lain-lain.
Sebuah komunikasi yang berhasil bisa dilihat dengan adanya sebuah kedekatan antara individu dengan individu lainnya.

Banyak perusahaan yang mau mengeluarkan uang banyak untuk beriklan. Iklan adalah suatu media komunikasi. Suatu iklan yang menguntungkan adalah iklan yang bisa mengajak orang untuk bertindak, melakukan pembelian produk tersebut. Kemampuan seperti inilah yang perlu di kuasai dalam komunikasi.

Baca juga :