Belajar & Berbagi

Tips Sederhana Untuk Sukses Bisnis

Tips Sederhana Untuk Sukses Bisnis

Banyak orang yang sedang hobi berjualan di internet. Dengan persaingan yang begitu ketat, tentu di perlukan tips-tips untuk bisa sukses. Berikut beberapa resep sederhana untuk menunjang sukses Anda dalam berbisnis.

Kenali Diri Anda Sendiri


Mengenali diri sendiri biasanya jarang di lakukan banyak pebisnis terutama pebisnis pemula. Yang banyak di lakukan adalah bagaimana bisa menjual sebanyak-banyaknya. Melihat-lihat di tempat lain, atau dari informasi-informasi yang ada, produk apa yang sedang tren, lalu mereka pun ikut-ikutan menjual produk tersebut.

Tentu bukan hal yang salah, tapi konsep seperti ini bisa di bilang sporadis. Tidak ada pola yang di lakukan, pola menuju kesuksesan.

Dengan bisa mengetahui diri sendiri, Anda bisa tahu apa kelebihan Anda. Dengan kelebihan ini, kita bisa lebih percaya diri, karena menguasai materi nya.

Misalnya dalam hal ngeblog, orang yang beraktifitas di blog, akan tidak terlalu kesulitan untuk membuat artikel, bila telah mengetahui dirinya. Apabila dia mempunyai kelebihan di bidang Desain, maka apabila dia membuat artikel tentang desain, tentu tidak akan mengalami kesusahan, itu karena materi yang akan dia tulis sudah di kuasai.
Tulisan yang di publish pun akan lebih terlihat natural, karena materi yang di sajikan benar-benar pengalaman di lapangan yang di alami penulis.

Ketahui Produk Anda


Berikutnya adalah mengetahui produk yang akan Anda jual. Calon konsumen akan merasakan hambar, ketika Anda sebagai penjual tidak begitu memahami kekurangan dan kelebihan produk sendiri. Pelajarai segalanya tentang produk, sehingga membuat Anda percaya diri. Apapun yang nanti di tanyakan calon konsumen, Anda sudah siap menjawabnya, karena Anda tahu persis produk Anda. Kepercayaan diri Anda terhadap produk, perlahan akan membuat konsumen yakin terhadap Anda dan produk Anda.

Kenali Konsumen


Konsumen adalah salah satu hasil akhir dari perjuangan Anda. Kesuksesan Anda akan bergantung kepada bagaimana Anda memberikan pelayana terhadap konsumen.

Dalam bisnis di internet, ada beberapa tipe konsumen. Ada konsumen yang berbelanja santai, artinya, mereka sedang tidak terlalu terburu-buru, karena mereka mempunyai banyak waktu untuk membanding-bandingkan dengan barang lain dari kompetitor Anda.

Pelayanan yang Anda berikan tentu harus berbeda dengan pelayanan terhadap konsumen yang tidak begitu banyak waktu. Konsumen yang punya waktu sedikit, tentunya Anda harus bisa sigap membantu. Kesigapan Anda ini menjadi nilai lebih, bila konsumen merasa senang, dia akan membeli produk Anda meski harga produk Anda lebih mahal di banding produk sejenis di penjual lain.

Ingatlah dengan semboyan Pelanggan adalah Raja. Di dunia internet pun hukum ini tetap berlaku.
Kenali calon konsumen Anda, berikan pelayanan dan respon yang cepat.

Ketahui Para Pesaing anda


Mengetahui para pesaing Anda, ini juga menjadi hal penting. Misalnya Anda menemukan sebuah toko yang ramai, coba cari tahu apa kelebihan yang di berikan toko tersebut. Mungkin mereka memberikan diskon dari setiap produknya, atau ada hal lain yang membut konsumen betah untuk berbelanja di toko tersebut.

Selain itu, mengetahui para pesaing juga bisa membantu Anda menentukan harga dari produk yang di jual.

Lebaran tahun ini, saya bertemu seorang teman yang cukup lama tidak berjumpa. Beliau bercerita banyak hal tentang bisnis. Ada salah satu yang ingin saya ceritakan disini karena berkaitan dengan topik mengetahui para pesaing Anda.

Ada sebuah toko yang selalu ramai di kunjungi. Setelah di selidiki, ternyata toko tersebut mempunyai kelebihan dengan memberikan segelas air mineral kepada pelanggannya.
Tidak jauh dari toko ini, ada sebuah toko yang sama yang juga ramai pengunjung. Ternyata toko ini mempunyai kelebihan yaitu dengan menaruh beberapa SPG cantik untuk membantu para pelanggannya.

Dengan mengetahui para pesaing, kita jadi terbantu untuk merancang strategi. Anda akan mengetahui apa yang tidak di miliki para pesaing ini, lalu menerapkannya di toko Anda.
Jangan mau menjadi orang yang sama dengan pesaing anda. Beranilah menjadi orang yang berbeda dan terus lah berinovasi untuk menjadi yang terdepan.

Itulah beberapa tips sederhana untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda.
Apabila konsumen merasakan sesuatu yang lebih dari toko Anda, merasakan kepuasan atas pelayanan Anda, ini akan melahirkan feedback positif yang tidak menutup kemungkinan membawa pembeli ini kembali berbelanja kepada Anda, dan mungkin kedepannya, mereka akan merekomendasikan toko Anda kepada kolega-koleganya.

Feedback yang positif adalah aset dalam bisnis anda yang harus terus dirawat. Ini juga menunjukkan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang kredibel.

Baca juga :

Popular Posts