Belajar & Berbagi

Bisnis Online, Defenisinya ?

Bisnis Online , Defenisinya ?

Apa defenisi bisnis online ? Bisnis Online , Defenisinya ?

Apa defenisi bisnis online ? Mengapa bisnis online begitu populer saat ini ? Dan apakah yang menjadi salah satu ketertarikan, sehingga banyak sekali orang mau berbisnis online ? Berapa modal yang diperlukan untuk memulai sebuah bisnis online? Kemana saya harus belajar? Bagaimana saya harus memulainya ? Dan berapa banyak uang yang saya dapatkan dari bisnis online ?

Bisnis online merupakan bisnis yang sangat diminati banyak orang dikarenakan bisnis online ini adalah salah satu bisnis yang menciptakan peluang usaha di bidang online. Bidang-bidang online mencakup banyak hal . Apa saja ? Akan kami bahas nanti pada artikel-artikel berikutnya.

Online berarti sedang terhubung ke dalam jaringan internet. Dan dari milyaran orang yang telah terhubung ke dalam internet, anda dapat masuk ke dalam pasar ini dan mencari peluangnya. Tentu sangat banyak peluangnya. Peluang ini disebut juga dengan cakupan . Ada banyak sekali cakupan atau peluang dalam bisnis online. Akan kita bahas pada artikel yang lebih mendalam nanti. Untuk membahas cakupan bisnis online diperlukan banyak sekali pemahaman, sehingga perlu banyak halaman untuk memuatnya karena cakupan ini sungguh luas. Kali ini kami hanya akan membahas defenisinya saja.

Kembali ke topik . Nah, berikutnya yang kita bahas adalah apa itu bisnis online secara umum? Secara umum berarti secara keseluruhan , yang merupakan pandagan umum dari pemula atau kaum awam. Berikut kita bahas mengenai defenisi bisnis online secara umum.

Sederhananya adalah : Bisnis yang terhubung dengan jaringan internet. Jaringan internet yang menghubungkan satu komputer ke komputer lainnya. Dan biasanya bisnis ini berada dalam cakupan yang sangat luas sampai ke seluruh dunia, tidak terikat ruang atau wilayah, tidak terikat waktu tempuh, bisnis online adalah bisnis yang memanfaatkan informasi dan mengemasnya dalam bentuk penjualan atau jasa. Atau bisnis yang mempermudah distribusi atau pengenalan secara lebih luas terkait produk konvensional atau jasa konvensional yang sedang dijual di gerai yang nyata atau memang benar-benar ada dan dapat disentuh, dijangkau, atau ditemui .

Bisnis online secara umum sangat sederhana. Artinya bisnis yang memerlukan internet sebagai jembatannya. Jembatan maksudnya sebagai mediumnya. Bila anda belum mengerti juga, akan kami jelaskan bahwa bisnis online adalah bisnis yang merupakan tempat bertemunya penjual, pembeli, distributor di internet . Apa produk yang dijual ? Apa jasa yang ditawarkan ? Apa yang akan didistribusikan oleh distributor ? Semua itu tergantung masing-masing pihak atau pelakunya. Intinya bisnis ini mempermudah pekerjaan dan jangkauan yang tidak bisa dijangkau pada bisnis konvensional pada umumnya.

Intinya adalah menjangkau lebih mudah, mendistribusikan lebih luas. Internet memang bertujuan untuk itu yakni menghubungkan, serta menjadi salah satu fitur pengenalan atau marketing yang sangat baik. Anda dapat membuat bisnis online , semua orang bisa memulai bisnis online apabila anda mau memulainya. Anda hanya perlu mau bekerja keras dan mencari informasi yang ada di internet juga. Ada sangat banyak bisnis online di Indonesia, anda bisa mempelajarinya atau membahasnya secara tuntas di toko-toko buku yang ada di dekat wilayah anda. Atau ketika anda mengadakan kunjungan atau sedang berpergian anda dapat melihat beberapa buku yang membahas atau terkait mengenai toko online. Jadi, bila anda ingin mempelajari toko online lebih lanjut anda dapat melakukan beberapa hal berikut :

A. Anda pergi ke toko buku dan membaca gambarannya sendiri tentang apa itu bisnis online.
B. Anda bisa pergi ke beberapa orang yang anda kenal yang memang terjun di bidang ini untuk bertanya kepadanya terkait bisnis online.
C. Anda bisa bertanya lagi kepada beberapa blogger, atau orang yang menjual dagangannya di toko online atau marketplace.
D. Anda bisa mencari atau membaca refrensinya di internet .

Kami memang menulis tentang defenisi bisnis online, namun kami mengharapkan anda sebagai pembaca setia juga mencari sumber lain atau mau bertanya kepada kami mengenai bisnis online ini. Kami akan menjawab dengan sepenuh hati. Memang anda bisa mengikuti poin-poin di atas. Namun anda harus menghindari nasihat yang salah tentang bisnis online. Jangan sampai anda termakan dengan omongan-omongan yang malah akan menjerumuskan anda. Untuk itulah anda perlu banyak refrensi.

Kalau bisa anda mencari tahu atau menggali informasi terkait defenisi bisnis online pada mereka semua secara keseluruhan maka anda bisa menjawab jawaban yang memuaskan . Mengapa anda perlu melakukan semua langkah di atas, bertanya kepada orang lain atau mencari informasi ke beberapa tempat / laman seperti yang kami lampirkan di atas ?

A. Bertanya tidak sesat di jalan
Anda mungkin malu bertanya , baik ketika masih duduk sebagai pelajar maupun dalam hal lain. Namun anda sebaiknya menghindari sifat malu tersebut karena ketika anda merasa malu maka anda tidak akan mendapat banyak informasi. Anda tak perlu merasa :

1. Malu
2. Tidak percaya diri
3. Takut dianggap bodoh
4. Takut dianggap ketinggalan jaman

Yakinkanlah pada diri anda bertanya itu perlu . Tak penting orang berkata apa , yang penting anda bisa mendapatkan ilmu yang anda harapkan . Percayalah, bertanya tidak perlu malu. Bila anda tidak bertanya hal yang memang harus anda tanyakan, anda akan menjadi orang yang ketinggalan dan rugi sendiri.

B. Bertanya, bukti anda melangkah hati-hati
Banyak pemikiran bahwa bertanya adalah langkah bodoh, namun bila anda bertanya yakinlah itu langkah yang sangat tepat. Yakinlah itu langkah yang hati-hati dari anda. Bukan untuk ditertawakan orang lain. Namun katakanlah pada diri anda, bahwa bertanya banyak adalah bukti bahwa anda adalah orang yang sangat detail, sangat ingin sesuatu yang telah terbukti dilakukan langsung oleh pelakunya. Anda bertanya mengenai bisnis online dan sebagainya kepada orang yang memang terjun kea dalamnya. Itu langkah yang sangat tepat dan berani. Anda patut diancungi jempol .

C. Bertanya, bukti anda memang serius
Bertanya adalah salah satu bukti bahwa anda memang serius di dalam hal ini. Karena persiapan yang baik akan menghasilkan hal baik. Bila anda memang serius dan ingin mempersiapkan diri untuk masuk ke dalam bisnis online, maka anda harus benar-benar memahami mengenai bisnis online. Mereka akan tertegun dengan pertanyaan-pertanyaan anda. Dan siapa bilang bahwa ketika anda bertanya anda akan mendapat ejekan seperti ini ?

1. Kurang pergaulan
2. Anak kampong
3. Bodoh
4. Ketinggalan jaman

Tentu tidak, malah anda akan dianggap serius karena telah mau bertanya hal-hal yang demikian. Namun apabila ada yang mengatakan anda seperti hal di atas, anda tidak perlu tersinggung. Cukup membuktikan bahwa anda akan menjadi pembisnis online yang berhasil .

D. Seorang Pakar Senang Ditanya keahliannya
Ini adalah fakta. Bukan opini saya semata. Silahkan anda bertanya kepada banyak orang yang memang ahli dan itu adalah bagian disiplin ilmunya. Tentu bila anda bertanya, ia akan senang dan menyambut anda dengan bahagia. Terlepas dari apa dan bagaimana dia menaggapi anda, namun saya sangat yakin bahwa seorang pakar yang baik, pasti senang berbagi ilmunya. Karena bertanya defenisi bisnis online pada orang lain, anda tak perlu merasa malu dan sedih. Anda tak perlu merasa tidak tahu dan langsung ciut nyali. Karena nyatanya memang banyak orang yang ingin sekali bermain bisnis online namun tidak tahu apa itu bisnis online. Anda tidak sendiri. Jika ada orang yang memang meremehkan anda, atau tidak mau menanggapi pertanyaan anda secara ikhlas, maka anda bisa bertanya pada orang lain saja.

Karena saya memang yakin bahwa orang yang memang pakar, pasti sangat ikhlas berbagi. Apalagi yang anda tanyakan adalah hal sederhana, yang anda tanya hanya defenisi bisnis online, saya yakin anda tidak akan mendapat penolakan dan seandainya demikian pun, anda tak perlu merasa rendah diri karena anda tidak sendiri dan masih banyak pakar lainnya.

Lagipula, bila yang anda tanya hanya lah defenisi bisnis online maka dari jutaan orang yang tahu, pasti anda akan mendapat jawaban yang memuaskan. Bukalah mata anda. Lihatlah sekeliling anda. Sangat banyak orang yang awam seperti anda. Anda tak perlu merasa malu, apalagi rendah diri.

Kecuali anda bertanya terlalu jauh, atau masuk dalam cakupan-cakupan marketing, branding, dan sebagainya yang memang pada beberapa kasus, anda harus berjuang secara mandiri mengeluarkan uang anda untuk mendapatkan jasa konsultasi bisnis online. Namun yang saya yakini, untuk sebuah defenisi, anda tak perlu membayar apapun .

E. Ada Banyak Peluang Dalam Bertanya
Bayangkan bila anda bertanya dalam percakapan seperti ini.

Keterangan : A : Anda B : Teman Anda

A : Hey, kawan . Apa kabar ?
B : Hey , juga. Aku baik . Apa kegiatan sekarang ?
A : Ini, aku lagi mau ikut bisnis online. Aku pikir bisnis nya oke.
B : Loh, mau bisnis yang bagaimana ?
A : Aku pun juga bingung . Eh, kamu jualan online juga kan?
B : Iya , aku jualan online . Kenapa ?
A : Itu bisnis online bagaimana sih ?
B : Kebetulan aku punya peluang bisnis online untukmu , mau ikut ?
A : Wah, aku tertarik . Bisnis apa ?
B : Bisnis Dropshipper. Nah, aku jelasin dulu apa itu bisnis online. Bisnis online adalah... bla.bla.bla.bla

Nah, dari ilustrasi di atas , dapat kita simpulkan bahwa si A dan si B mulai terpancing pada pembicaraan yang lebih jauh. Mereka akhirnya mau membuat sebuah proyek bisnis online. Jadi, banyak sekali pengusaha online yang mencoba merekrut orang lain dalam bisnisnya. Dan ini menjadi kesempatan bagi anda untuk bergabung. Anda dapat bergabung dengan bisnis online teman anda, yang pertama :

1. Pancinglah dia dengan pertanyaan sederhana terkait apa saja kegiatannya di bidang online.
2. Teman anda akan melihat ketertarikan anda, dan nyatakanlah itu langsung padanya bahwa anda tertarik berbisnis online dan minta diberi panduan langsung.
3. Pujilah teman anda , buat dia merasa senang dan mau berbagi kisah serta pengetahuannya.
4. Bila teman anda punya peluang proyek untuk anda, pasti dia akan langsung menyampaikannya kepada anda, namun bilapun tidak ada, anda tidak perlu bersedih, anggap saja itu belum beruntung. Anda tidak perlu khawatir. Tapi yang pasti, anda akan langsung diberitahu mengenai bisnis online, defenisinya, kisah nya, dia akan menceritakan itu pada anda . Anda hanya perlu memancingnya.

Nah, pada poin B & C , kami telah memberitahukan alternatifnya. Kali ini kami juga ingin memberitahukan pada anda apa alternatif bila anda memang masih malu bertanya. Kita akan membahas poin A dan poin D.

Pertanyannya adalah , buku apa yang harus anda dapatkan ?
Beberapa buku yang berkaitan dengan bisnis online adalah :

A. Buku yang membahas atau bertema mengenai blog. Contohnya : Cara Mencari Uang Dari Blog, Cara Mencari Uang Lewat Adsense, dsb.
B. Buku yang membahas tentang tips meningkatkan penjualan online. Contohnya : Cara Menjual Produk Anda di Internet, Bagaimana Caranya Menjual Lewat Facebook ?, dsb.
C. Buku yang membahas tentang tips menjadi seorang youtuber sukses. Contohnya : Cara Menjadi Youtuber Sukses, Cara Meningkatkan Viewers Video Anda, Bagaimana Mendapatkan 1 Milyar Dari Youtube ?

Anda bisa membaca dan mempelajari buku-buku tersebut.

Lalu apakah buku tersebut memiliki defenisi bisnis online ?

Tidak selalu .

Lalu mengapa anda merekomendasikannya ?

Buku-buku bertema bisnis online tak selalu menjelaskan defenisi bisnis online terlebih dahulu. Mereka memberikan anda gambaran mengenai bisnis online. Anda diberi gambaran, dan anda sendirilah yang mencari tahu defenisinya. Anda sendiri menarik kesimpulan dari apa yang anda baca. Buku-buku itu hanya menunjukkan , dan mengarahkan pemahaman anda.

Pertanyaan berikutnya, bagaimana kalau anda tidak punya uang membeli buku ?

Bila anda menginginkan buku bertema bisnis online maka anda bisa segera pergi ke toko buku terdekat dan membeli buku tersebut . Ada banyak sekali buku mengenai bisnis online di toko-toko buku. Sebut saja Buku yang dijual di Gramedia. Di Gramedia anda bisa menemukan banyak sekali buku bertema dan membahas bisnis online, bila anda menginginkan pencarian yang lebih rinci anda bisa mencari nya di komputer . Akan ada komputer pencarian di toko buku Gramedia dimana anda bisa mencari buku-buku yang anda mau untuk dibaca. Tinggal masukkan judul, nama penulis, atau topiknya, maka buku yang anda cari dan anda harapakan akan muncul dan anda akan diarahkan atau diberi petunjuk dimana buku yang anda inginkan.

Anda tinggal berjalan , mencari rak buku yang disebutkan, atau meminta karyawan di sana menunjukkan jalannya untuk anda. Ketika anda berada di depan rak buku, anda akan merasa di surganya bisnis online. Anda akan menemukan banyak sekali buku-buku online yang bisa anda pelajari . Buku-buku online tersebut bisa anda pilih , karena banyak sekali pilihan.

Nah, bila anda memiliki uang, anda bisa langsung membelinya dan membacanya di rumah. Namun apabila anda tidak memiliki uang untuk membeli buku-buku tersebut, anda dapat melakukan berbagai langkah berikut. Kami akan menyajikan cara membaca buku bisnis online secara mudah, murah ,gratis.

Anda sudah mempelajari bagaimana caranya membeli buku di toko buku, sebut saja Gramedia. Pada beberapa penjelasan anda cukup mengerti dan yakin membeli buku karena anda memiliki uang yang banyak, namun bagaimana bila anda tidak memiliki uang yang diharapkan ? Bagaimana bila ternyata anda tidak memiliki uang ? Berikut akan kami lampirkan kepada anda, 4 cara membaca buku secara murah, mudah atau gratis!

A. Baca Buku Di Toko Buku
Bila anda pernah pergi ke toko buku , maka anda akan tahu bahwa banyak sekali buku yang dilepas sampul plastiknya. Buku tersebut adalah sampel , yang mana bertujuan untuk memberitahukan kepada pembaca mengenai isi buku. Pembaca bisa menilai isi buku tersebut. Dan ini adalah celah atau kesempatan bagi anda untuk melihat lebih dalam , membaca secara gratis buku tersebut di toko buku. Bila anda menemukan buku yang sampul plastiknya telah dilepas, anda dapat membaca buku tersebut langsung di tempatnya. Carilah buku yang memang sudah dilepas dan agak kusut yang berarti buku seperti itu memiliki banyak sekali pembaca, atau kemungkinan besar isinya menarik .
Nah , bagaimana caranya untuk membaca buku secara aman di Gramedia ? Jangan lakukan hal berikut .


1. Anda tidak boleh duduk apalagi berjongkok.
Ini tidak berlaku di semua space tempat yang ada di Gramedia. Anda hanya tidak boleh duduk atau jongkok ketika ada karyawan di sana. Bila anda melihat karyawan maka sebaiknya anda berdiri saja. Ingat, anda sedang berada di toko buku, bukan di perpustakaan. Anda tidak boleh duduk. Selain menghalangi konsumen yang lewat, anda juga akan merusak estetika Gramedia atau toko buku lainnya.
Tentu bila anda duduk dan ketahuan oleh karyawan anda tidak akan diusir , anda hanya akan diminta untuk kembali berdiri. Bukan konsekuensi yang berat, namun bagi beberapa orang hal tersebut memalukan.

Anda tidak boleh berjongkok di toko buku sebut saja toko buku Gramedia. Namun itu kalau ada karyawan yang mengawasi anda. Mungkin anda bertanya, “ Mengapa kalian merekomendasikan cara rendahan seperti ini? “

Kami tidak merekomendasikan langkah ini. Anda bisa membaca buku sambil berdiri secara gratis di Gramedia. Tentu tidak akan jadi masalah bagi beberapa orang. Apalagi bila anda adalah seorang yang memang pekerja keras , namun belum memiliki uang yang cukup untuk membeli buku. Tidak masalah. Baca buku gratis di Gramedia dan toko buku lainnya adalah bagian dari perjuangan anda. Namun ketika anda sudah memilki banyak uang, anda harus ingat bahwa anda bisa paham dan sadar mengenai bisnis online dikarenakan anda diberi kesempatan oleh Gramedia atau toko buku sejenisnya . Yang anda harus ingat adalah anda harus berterimah kasih kepada mereka semua.. Bila nanti anda memiliki uang lebih, anda bisa membelanjakan uang anda hasil bisnis online anda di toko buku tersebut. Etika dari seorang pembisnis online adalah balas jasanya.

Nah, adakah peraturan lainnya yang dilarang di toko buku Gramedia dan lain sebagainya ? Tentu ada. Apa lagi aturan yang tidak boleh anda langgar ketika membaca buku gratis di toko buku tersebut ?

Larangan kedua adalah :

B. Dilarang merusak buku , baik menyobek, melipat, atau menggunting isi buku
Untuk ini anda jelas tidak boleh melakukanya. Setelah membaca secara gratis , ada baiknya anda tidak merusak buku tersebut. Meskipun anda senang atau semangat-semangat nya dalam membaca buku tersebut anda tidak boleh sampai melipat-lipat bukunya, apalagi sampai merobek buku tersebut untuk mendapat halaman emas, halaman yang anda anggap adalah bagian penting dalam artikel tersebut. Anda tidak boleh melakukannya. Bila anda melakukannya , maka anda akan mendapatkan konsekuensi dari perbuatan anda. Konsekuensinya sendiri adalah anda harus membeli buku tersebut, anda dipanggil oleh manajer toko, diminta denda, bahkan bisa jadi anda ditahan. Semuanya bisa saja terjadi. Namun sebagai pembaca yang baik hendaknya anda memperlakukan buku dengan baik. Bila memang isi buku tersebut sangat penting, cobalah membelinya dengan jalan mencicil atau meminjam uang pada teman. Itu bagian perjuangan!

Larangan ketiga yang tidak boleh anda lakukan adalah:

C. Anda Mencuri Buku
Nah ini merupakan pelanggaran yang sangat berat. Merusak buku saja tidak boleh, apalagi mencurinya. Anda tidak boleh mencuri yang bukan merupakan hak anda. Bilamana anda mencuri anda akan mendapatkan anugrah, anda malah akan mendapatkan bencana. Mempelajari mengenai bisnis online adalah hal yang sangat mulia, belajar adalah bagian dari ibadah, namun jangan merusak nilai-nilai pembelajaran, cara-cara anda belajar dengan cara mencuri . Karena ketika anda mencuri, tentu tidak akan berkah. Banyak konsekuensi yang bisa anda dapatkan . Mulai dari hukuman penjara, mendapatkan ketidakpercayaan dari toko buku terkait, mendapatkan denda, dan yang paling gawat adalah mendapat amarah dari Yang Kuasa. Sekali lagi, bila buku itu berharga bagi anda, maka sebaiknya anda membelinya dengan cara meminjam uang dan mencicilnya pada teman .

Menjadi pejuang , mempelajari bisnis online, bisa anda lakukan dengan banyak cara, seperti yang kami sampaikan di awal yakni membaca buku bisnis online lewat toko buku. Berikut kami rangkum kembali larangannya untuk anda semua :

A. Anda tidak boleh berjongkok atau duduk
Untuk membaca buku apapun di Gramedia maupun buku apapun, anda tidak boleh duduk. Anda harus berdiri. Ya, itulah namanya perjuangan untuk mendapat bahan bacaan gratis. Jangan lupa juga anda harus memilih buku yang tepat, jangan sampai perjuangan anda menjadi sia-sai apabila anda sudah berdiri lama akan tetapi tetap tidak juga mendapatkan hasil, mendapat bahan bacaan yang salah .

B. Tidak boleh merobek, melipat, menggunting, yang sifatnya merusak buku .
Anda tidak boleh melakukan hal tersebut . Bila anda ketahuan melakukannya, maka anda bisa mendapat sanksi yang tegas, bisa berupa sanksi denda, pembayaran senilai nilai buku, ditahan atau paling bahaya adalah anda bisa masuk penjara. Tentu anda tidak mau, niat awal belajar, malah masuk bui.

C. Tidak boleh mencuri buku.
Anda tidak boleh mencuri buku. Melipatnya saja tidak boleh, apalagi sampai mencurinya. Anda bisa ditahan dan mendapat sanksi yang lebih tegas dan lebih besar daripada merusak buku. Lebih baik bila anda membutuhkannya silahkan pinjam uang teman anda dan belilah buku tesebut. Cicillah utang tersebut atau bayar ketika anda memiliki uang nantinya lewat bisnis online anda.

Nah, itu tadi larangan yang harus diikuti apabila membaca buku gratis di Toko buku. Membaca buku bisnis online memang harus ada perjuangan.

Kali ini, kita akan masuk ke Poin nomor 2. Bagaimana mendapatkan bahan bacaan gratis selain toko buku ? Ini dia.

Setelah membaca buku secara gratis di toko buku dan menghindari larangan-larangan di sana, maka anda akan mendapatkan bahan bacaan yang gratis . Namun untuk kenyamanan yang lebih , kami memiliki beberapa cara lagi. Yakni :

B. Baca buku di Perpustakaan
Nah ini merupakan cara yang efektif dan paling murah. Ini juga menjadi cara yang paling nyaman untuk membaca buku . Anda bisa menemukan ribuan buku , termasuk buku bisnis online. Biasanya dengan jelas anda dapat menemukan rak yang akan menuliskan kategori dari tiap jenis buku . Anda hanya harus memilihnya. Di Perpustakaan tentu juga memiliki fasilitas yang tidak berbeda dengan toko buku. Rapi, bersih, ada AC ( Umumnya), kamar kecil, dan sebagainya. Perpustakaan biasanya juga memiliki sinyal WIFI yang bisa anda manfaatkan untuk mendukung buku bacaan anda mengenai bisnis online. Tentu wawasan anda terkait bisnis online juga akan semakin banyak bila membaca buku dibarengi dengan membaca refrensi dari internet bila ada istilah bisnis online yang tidak anda mengerti atau ketahui. Membaca buku di perpustakaan akan meningkatkan wawasan anda , apalagi tempatnya yang sangat nyaman, ada kursi, ada meja, dan ruangan yang sejuk. Dilengkapi koneksi internet, tentu membuat anda akan merasa sangat nyaman. Apa saja larangan membaca buku di perpustakaan ?

1. Tak boleh ribut
Kami rasa poin ini cukup jelas dan sudah sering kita dengan wacananya di berbagai tempat.
2. Tak boleh bawa makanan
Ini juga sepertinya sering anda dengar dan mudah untuk anda mengerti .
3. Tak boleh merusak buku
Ini sama seperti poin di toko buku .
4. Tak boleh mencuri buku
Ini sama seperti poin di toko buku .

Nah, anda sudah memahaminya, saatnya anda membahas poin ketiga untuk membaca topik bisnis online sebelum kita akan lanjut ke bisnis online yang sebenarnya.

Setelah anda membaca buku di toko buku, anda juga memperkaya wawasan anda mengenai bisnis online lewat perpustakaan, saatnya anda mempelajari cara lain untuk mendapat bahan bacaan mengenai bisnis online secara murah, aman, dan gratis. Berikut cara ketiga akan kami sampaikan.

C. Anda bisa membeli buku bekas
Apa ada toko buku bekas di kota anda ? Ya , semoga saja ada. Bila tak ada, carilah toko buku bekas terdekat di kota anda. Sebuah kebahagiaan bila anda memiliki buku bisnis online yang lengkap namun tidak mahal . Solusinya adalah membeli di bursa buku bekas. Apa saja kah keuntungannya ?

A. Murah, bisa anda tawar harganya
Anda bisa menawar harga buku bisnis online yang anda cari. Bila anda sudah mencari pedagang toko buku bekas yang memiliki buku bisnis online sesuai dengan kriteria dan harapan anda, anda sudah bisa menawar harganya. Biasanya pedagang toko buku bekas akan menaruh harga yang semurah-murahnya. Anda bisa memanfatkan situasi ini untuk melakukan nego sehabis-habisnya.

B. Bisa mengetahui isi buku sebelum membeli
Anda bisa membaca buku tersebut lebih dahulu. Ini yang unik dan menyenangkan. Anda bisa membacanya lebih dahulu dan menguji apakah buku tersebut memang baik atau tidak . Memang sesuai harapan anda atau tidak. Bila tidak anda bisa mencari buku lainnya.

C. Mendapat diskon besar ketika membeli banyak
Ketika anda membeli banyak buku dari mereka , anda akan mendapatkan diskon yang sangat besar. Tentunya diskon tersebut bila anda membeli buku beberapa jumlah atau dengan nilai transaksi yang agak tinggi.

D. Bisa belajar langsung dengan penjualnya
Anda bisa bertanya langsung pada penjualnya. Anda bisa melakukannya dan kami yakin penjual buku tersebut akan menjelaskan dengan senang hati. Karena prinsipnya penual tersebut mau meyakinkan anda bahwa bukunya bagus.

Berikut akan kami bahas mengenai cara mendapatkan bahan bacaan gratis yang bisa anda dapatkan . Ini adalah cara terakhir yang bisa kami sampaikan kepada anda. Semoga cara ini membantu. Cara ini lebih kepada koneksi anda. Jadi anda mendapatkan bahan bacaan gratis tentang bisnis online didapatkan dari meminjam buku teman anda. Anda bisa mencari teman anda yang memiliki buku tersebut. Temuilah teman yang memang sedang berbisnis online. Lalu buatlah percakapan seperti ini .

Ilustrasi percakapan .
Keterangan : A ( Teman ) B ( Anda )

A : Hey, bagaimana kabarmu ?
B : Aku baik. Kabarmu gimana ?
A : Aku juga baik. Ohya, kamu ada bisnis online ya ? Itu gimana ?
B : Iya , aku jualan baju. Aku jual di online store . Kenapa /
A : Enggak, aku mau belajar. Kamu belajar darimana bisnis seperti ini ?
B : Ada. Aku ada buku bisnisnya. Bukunya keren aku jadi terinspirasi. Selesai baca langsung ku mulai bisnisku sendiri.
A : Wah! Keren bukunya. Boleh aku pinjam ?
B : Untuk apa ?
A : Aku mau baca saja. Boleh kan ? Aku ingin belajar lebih banyak.
B : Oke , boleh. Tapi jangan dijual ya !
A : Haha, gak mungkin lah aku jual bukunya. Kapan bukunya ku ambil ?
B : Ya sudah. Sekarang bukunya ada di rumah. Ayo, ke rumah ku dulu. Sekalian ku tunjukkan bisnis online ku dan cara kerjanya/
A : Wah, terima kasihlah. Senang punya teman sepertimu .
B : Hahaha, namanya juga kawan. Kita harus saling membantu.
A : Oke. Ayo berangkat !

Nah, itu lah metode pendekatan yang bisa anda lakukan. Anda bisa mencobanya. Selain mendapat bahan bacaan anda bisa berpeluang mendapatkan panduan atau bimbingan langsung. Bisa juga anda diajak proyek bersama mereka . Siapa tahu itu keberuntungan anda ? Nah, berikutnya bagaimana caranya mencari bacaan tentang refrensi bisnis online dari internet ?

Anda telah membaca dan mempelajari cara-cara mendapatkan bahan bacaan murah, mudah, bahkan sampai gratis . Nah, kali ini kami akan membuat rangkumannya untuk anda. Berikut rangkuman yang kami buat , untuk memudahkan anda mengingatnya.

A. Membaca buku gratis di toko buku
Toko buku tentunya menghadirkan bahan bacaan yang sangat banyak untuk kita. Dan memang anda bisa memilih sangat banyak buku di sana. Namun , seperti lumrahnya, toko buku adalah toko yang menjual buku. Bukannya toko yang menyewakan buku . Sehingga anda seharusnya dituntut untuk membeli. Namun ada celah bagi anda bila memang memiliki tekad yang kuat untuk melakukanya. Anda bisa membacanya di artikel sebelumnya.

B. Perpustakaan
Perpustakaan merupakan tempat bacaan yang sangat nyaman, aman , dan gratis, anda juga bisa mendapatkan wifi gratis bila berada di beberapa perpustakaan . Perpustkaan memiliki jam buka yang juga lama, dan tempat duduk yang nyaman. Pelayanannya juga umumnya baik. Namun yang merupakan kelemahan perpustakaan adalah sedikitnya refrensi buku yang bisa anda dapatkan dan di perpustakaan anda tidak akan menemukan buku yang aktual atau selalu uptodate. Pilihan buku bisnis online yang ada terbatas. Sehingga anda hanya memiliki sedikit pilihan .

C. Membeli dari toko buku bekas
Toko buku bekas dapat menjadi destinasi anda . Toko buku bekas bisa menghadirkan banyak buku yang melebihi perpustakaan bahkan toko buku Gramedia sekalipun. Karena pilihan bukunya sangat banyak, dari zaman dulu sampai yang paling terbaru, biasanya banyak dijual di toko buku bekas. Namun , anda tidak boleh membeli buku bajakan. Karena negara kita tidak memperbolehkannya. Belilah buku bekas, lebih bijak .

D. Meminjam buku dari teman anda
Anda bisa meminjam buku dari teman-teman anda yang ikut dalam bisnis online. Anda dapat mengikuti panduannya di artikel sebelumnya yang telah kami tulis.

Nah, masuk ke refrensi bisnis online paling kaya di dunia , internet.

Bila anda tidak mau merepotkan diri anda dengan pergi ke perpustakaan, atau pergi ke toko buku, atau pergi meminjam dari teman, tidak punya uang membeli buku meski di toko buku bekas sekalipun. Anda juga tidak ingin dan malas bila bertanya langsung pada orang lain, anda bisa bertanya di internet. Ya, internet ! Internet adalah jawabannya !

Internet menyediakan informasi secara gratis , dan murah. Dan mudah diakses sehingga siapapun bisa mendapatkan informasi dengan mudah. Dan di internet anda dapat mengakses sangat banyak informasi yang bermanfaat sehingga anda tidak akan kekurangan. Anda juga bisa bertanya dengan mereka yang ahli di internet. Ada sangat banyak ahli marketing di internet, anda bisa memilihnya. Namun ada juga beberapa layanan premium yang mengharuskan proses konsultasi berbayar. Meskipun begitu, jumlahnya tak sampai 1 % di internet.

Bagaimana panduan mempelajari bisnis online di intenet yang lebih murah , mudah , dan terjangkau ? Berikut

Kami akan membahas mengenai cara mendapatkan informasi dari internet . Informasi bisnis online. Nah, ini yang mungkin anda tunggu-tunggu untuk dibahas. Bagaiamana mendapatkan bisnis online yang tepat? Anda harus memahami lebih dulu tentang bisnis online.

Berikut cara-cara mendapatkan informasi tentang bisnis online yang bisa anda dapatkan di internet.

A. Anda bisa membaca artikel di blog ini. Kami akan memandu anda mempelajari tentang bisnis online secara bertahap dan berkelanjutan. Di artikel-artikel kami berikutnya akan dijelaskan tentang defenisi bisnis online dan pertanyaan lainnya yang akan kami jawab terkait bisnis online. Kami akan membantu anda, menuntun anda yang masih pemula dalam mempelajari bisnis online. Dan di artikel bagian ke-21 di atas, kami akan terus lanjutkan tutorial ini sampai semua pertanyaan anda bisa kami jawab. Nah, bila anda ingin bertanya tentang bisnis online, anda juga dapat bertanya di sini. Silahkan bertanya kepada kami sebagai langkah utama dan pertama anda.

B. Bila anda merasa tidak puas dengan tutorial kami, tentang penjelasan kami terkait bisnis online, anda dapat melakukan langkah lain untuk memperkaya wawasan anda. Anda bisa mencari di search engine. Anda tinggal memasukkan kata kunci “ Bisnis online” di Google, lalu anda akan mendapat jawaban yang memuaskan . Pilih halaman yang anda suka. Belajar di internet tentu anda bisa mendapatkan banyak sekali refrensi .

C.Bergabung ke dalam forum online adalah cara lainnya untuk mendapatkan tambahan ilmu. Anda langsung bisa bertanya dengan membuat thread baru dan tunggu teman-teman forum anda menjawab pertanyaan anda. Atau lebih sederhananya, anda tinggal mencari thread yang pernah ada yang pernah dibuat sebelumnya. Ada banyak thread yang bisa anda baca , anda hanya harus menemukan forum bisnis online yang tepat. Salah satunya adalah Ads.id, yang merupakan forum bisnis online yang sangat ramai untuk anda kunjungi .

D. Anda bisa bertanya di situs tanya jawab
Situs tanya jawab adalah solusi untuk anda yang ingin bertanya langsung mengenai bisnis online. Bisnis online banyak peminatnya sehingga ketika anda bertanya kami yakin anda akan menemukan jawaban yang memuaskan dari mereka.

E. Anda bisa bertanya ke blogger yang anda anggap berkualifikasi baik
Anda tak perlu memaksakan diri bertanya pada blogger yang harus berkualifikasi tinggi. Anda bisa mencari informasi lainnya dengan bertemu blogger atau surfing di internet. Ada banyak blogger yang bisa anda temuka. Tidak harus ahli , namun yang berpengalaman saja cukup. Namun anda beruntung bila mendapat guru yang ahli yang bisa memberi tuntunan kepada anda mengenai bisnis online . Dan yang perlu anda hindari adalah, jangan sampai tertipu, batasi diri anda dari pengaruh buruk . Anda harus waspada karena banyak penipuan di internet apalagi mengenai bisnis online.

F. Mengikuti kelas online
Ini cara yang terakhir bila anda tidak merasa puas dengan cara sebelumnya. Anda bisa mendapatkan informas secara rinci bahkan langsung mendapat sebuah proyek bisnis online dan bimbingan dari mereka bila anda membeli paket pelatihan bisnis online yang juga marak di internet. Anda hanya harus mencarinya. Namun anda juga harus mewaspadai hal ini.

Dalam memilih kursus online, yang harus anda perhatikan adalah :

1. Kredibilitas
Anda harus tahu kredibilitas dari kursus online yang akan anda masuki . Anda harus tahu siapa pemiliknya, alamatnya, nomor kontaknya, dan media sosialnya. Intinya anda harus mengetahui siapa tentor anda. Sehingga anda tahu harus kemana ketika mendapatkan masalah .

2. Perhatikan Program Garansi
Anda harus memperhatikan program garansi yang diberikannya. Untuk itulah anda perlu identitasnya. Sehingga anda tahu harus kemana ketika ingin bertanya atau belajar lebih banyak lagi.

3. Perhatikan lulusan nya
Anda bisa bertanya siapa saja lulusan dari kursus online tersebut. Anda dapat bertanya kepada mereka dan melihat itu sebagai tolak ukur apakah banyak lulusannya yang berhasil atau gagal. Intinya anda harus melakukan penelurusan .


G. Bergabung di media social
Anda dapat bergabung ke media social yang merupakan tempat berkumpulnya banyak pembisnis online. Ketika anda menemukan orang yang melakukan promosi di internet, tepatnya di media social, anda bisa melakukan penelusuran. Anda bisa menghubunginya dan mengeksplorasi tentang bisnis online dari mereka. Di media social sangat banyak orang yang berjualan online, anda bisa bertanya kepada mereka. Dimana saja anda dapat menemukan mereka ?

1. Facebook
Facebook merupakan basis penjual online yang sangat besar. Banyak sekali yang memanfaatkan akun facebooknya untuk memaksimalkan penjualan . Anda hanya harus menemukan penjual yang tepat, penjual yang mau berbagi dengan anda. Atau anda juga bisa bertanya di grup-grup online di Facebook. Di grup , anda bisa menemukan banyak sekali orang-orang bergabung, silahkan post di sana dan kami yakin anda akan mendapatkan banyak jawaban.

2. BBM
BBM atau BlackBerry Messenger, anda bisa bertanya melalui media tersebut. Bukan rahasia umum lagi bahwa BBM adalah salah satu alat penjualan yang sangat besar. Anda bisa menemukan penjual di sana dengan sangat mudah. Telurusi kontak anda atau kontak teman anda.

Kami telah memberitahukan defenisi dari bisnis online secara umum. Namun bagaimana dengan defenisi resminya ?

Defenisi resminya tidaklah ada.

Apa yang dimaksud dengan defenisi resmi? Defenisi resmi adalah defenisi yang dicantumkan dalam kamus besar bahasa Indonesia. Sayangnya, defenisi aslinya tidak lah ada. Mengapa dalam kamus besar bahasa Indonesia, defenisi bisnis online tidak dibuat ? Berikut akan kami jawab :

“ Bisnis online adalah paduan dua kata, yang satu sudah baku yakni kata “ bisnis “ , namun kata “ ONLINE” sendiri belumlah memiliki defenisi baku bahasa Indonesia. Sehingga defenisi bisnis online yang kita kenal saat ini adalah bahasa sehari-hari yang pengertiannya adalah secara umum. “

Sehingga dapat kita ambil kesimpulan, untuk mengartikan arti kata bisnis online, kita dapat mengartikannya dalam persepektif umum seperti yang sudah kami beritahukan juga sebelumnya.

“ Bisnis yang terhubung dengan jaringan internet. Jaringan internet yang menghubungkan satu komputer ke komputer lainnya. Dan biasanya bisnis ini berada dalam cakupan yang sangat luas sampai ke seluruh dunia, tidak terikat ruang atau wilayah, tidak terikat waktu tempuh, bisnis online adalah bisnis yang memanfaatkan informasi dan mengemasnya dalam bentuk penjualan atau jasa. Atau bisnis yang mempermudah distribusi atau pengenalan secara lebih luas terkait produk konvensional atau jasa konvensional yang sedang dijual di gerai yang nyata atau memang benar-benar ada dan dapat disentuh, dijangkau, atau ditemui .”

Adapun untuk menjadi pebisnis online tidak bisa hanya mengetahu teori atau sekedar sebatas tahu saja. Namun juga ikut bertindak dan mengeksekusi ide-ide bisnis online anda. Kali ini kami akan mengangkat sebuah pertanyaan .

“ Mengapa bisnis online begitu populer saat ini ? “

Nah , adakah dari teman-teman semua yang bisa menjawabnya ?
Bisnis online di Indonesia sudah ada sejak lama. Dari awal abad 21 atahu tahun 2000, bisnis online sudah masuk ke Indonesia. Akan tetapi , bisnis online baru populer beberapa tahun ini.
Mengapa hal itu bisa terjadi ?

Mungkin dari anda semua , hanya sedikit yang pernah menggunakan Friendster atau My Space. Dan era-era keemasan intenet sendiri di Amerika Serikat sudah lebih dulu dari Indonesia. Secara kasat mata, era internet mulai masuk ke Indonesia setelah salah satu jejaring populer dunia masuk pada tahun 2007 ke atas. Apa lagi kalau bukan Facebook ? Ya, Facebook menurut kami adalah social media yang trend an juga menjadi stimulus kepopuler internet di dunia.

Ya, anda jangan salah. Internet berkembang, namun belum dengan bisnisnya.

Bagaimana internet bisa populer di Indonesia dan apa yang menandai bisnis online mulai menjadi salah satu destinasi bagi banyak orang ?

Era internet di Indonesia ditandai dengan banyak hal. Mungkin dari anda semua ada yang masih ingat ?

Kali ini penulis akan memberitahukannya untuk anda.

Era internet masuk ke Indonesia tergolong unik. Karena pada tahun 2000-2005, masih sangat sedikit warung internet, dan harga tiap paketnya pun mahal. Beberapa warung internet , atau yang kini populer di sebut warnet, masih menjadi bisnis yang tidak menjanjikan. Karena anak-anak muda lebih suka bermain-main secara sosial langsung .

Dan mereka yang bermain ke warnet hanya lah mahasiswa atau siswa sekolah yang ingin mengerjakan tugas. Mengapa bisa demikian ? Karena internet belum menyajikan fasilitas yang wah seperti sekarang.

Internet pada masa itu sangat ketat dan polos, tidak banyak inovasi. Hanya ada tiga hal umum yang bisa dilakukan . Yakni browsing, social media, dan Games. Itupun pilihannya terbatas. Dengan kata lain, belum banyak fitur di internet yang memancing banyak orang. Sehingga internet terlihat membosankan.
Beberapa media sosial memang berkembang, akan tetapi perkembangannya tidak menyentuh semua kalangan. Era internet mulai berkembang ketikaa ada games online. Ya, games online!

Mengapa games online? Mungkin sudah karakter masyarakat Indonesia yang menyukai games online atau yang bersifat hiburan. Games online yang masuk, membuat banyak orang datang dan berbondong-bondong ke warung internet. Sehingga melihat peluang itu , banyak warung internet berdiri.

Apakah anda setuju bahwa era internet di Indonesia muncul ketika games online berkembang ?

Namun menurut perspektif kami memang demikian. Games online membuat banyak sekali orang ingin menggunakannya, karena saat itu games online adalah sesuatu yang revolusioner atau merupakan hal yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia.
Apabila untuk bermain games digital orang-orang harus pergi ke TimeZone, dan membayar dengan harga yang mahal, dan game yang tersedia pun tidak terlalu menarik. Untuk sekali main hanya beberapa menit, maka waktu akan habis. Begitupun dengan PlayStation , yang dulu sangat menjadi primadona. Harus membayar cukup mahal untuk dapat bermain playstation. Meskipun adaa rental playstation, namun kala itu harganya tidak semurah sekarang.

Dan games online telah menghapus batasan-batasan tersebut. Games online menjadi primadona masyarakat yang baru. Terlebih dikalangan anak-anak muda. Games online telah menjadi era yang membuka internet yang sebenarnya.

Ya, games online memiliki banyak keunggulan. Itu dikarenakan games online sangat murah, hanya membayar biaya billing atau paket internet. Bermainnya pun gratis. Ada sangat banyak games online pada masa itu. Yang memulai era internet adalah games Counter Strike Online yang kala itu sangat populer.

Semangat peperangan dalam games Counter Strike telah menjadi era baru yang membuka jalan menuju populernya internet. Mengapa bisa demikian ?

Mengapa kami menyebut era internet dimulai dari games online? Itu dikarenakan games online menjadi ketertarikan banyak sekali orang karena fiturnya yang revolusioner.

Games seperti Counter Strike menjadi salah satu games yang sangat menarik banyak orang kala itu. Tidak hanya anak kecil, anak muda, orang-orang dewasa pun gemar dalam bermain games ini. Karena games ini adalah games perang. Ya, pertama kali masuk ke Indonesia! Dan kala itu ,games seperti ini hanya bisa diakses melalui internet , dan bila pun mau memainkan games ini di rumah , tidak lah seru. Karena games ini bersifat online, yang berarti memerlukan teman-teman untuk menjadi lawan dan mitra.

Karena itu, banyak orang yang pergi ke internet, dan perlahan, orang-orang mulai mengadakan browsing di waktu jeda bermain games onlinenya. Waktu jeda ini menjadi kesempatan populernya internet. Karena kala itu Facebook mulai masuk ke Indonesia. Orang-orang mulai beralih ke browsing setelah lelah bermain games. Dan seperti kebiasaan “ orang “ Indonesia, maka tren ini menjadi tersebar dari mulut ke mulut. Orang-orang mulai bergosip dan mengajak temannya untuk mengenal ke internet dan pergi ke warung internet. Ya, mulailah internet populer.

Ya, begitulah era internet dimulai. Mulai banyak orang yang mengenal internet, karena ajakan temannya yang hobi bermain games lalu menyempatkan diri browsing internet.

Browsing di internet menjadi salah satu hal yang menyenangkan setelah munculnya jejaring sosial populer Facebook. Namun sebelum itu ada beberapa sosial media yang memang mendapatkan perhatian banyak orang di dunia maya, salah satunya adalah Friendster atau MySpace. Ya, itu adalah jejaring sosial tempo dulu yang paling populer.

Dan dulu di internet tidak begitu banyak aplikasi yang bisa dimainkan. Tidak sebanyak sekarang. Namun itulah awalnya di Indonesia. Di Amerika Serikat sendiri internet sudah berkembang. Baik dari jumlah penggunanya sampai kepada jumlah fiturnya . Bisnis online di Amerika Serikat juga sudah marak dan sudah banyak startup baru yang bermunculan pada tahun 1990an. Start up itu terus berkembang dan menjadi bisnis online paling populer saat ini yang eksistensinya tidak tenggelam oleh waktu.

Apa saja fitur atau website yang masih bertahan atau sukses hingga kini? Ya, salah satunya adalah Amazon . Salah satu toko virtual online yang sukses menghasilkan puluhan triliun tiap tahunnya ini , awalnya adalah sebuah toko buku yang menjual buku-buku. Namun seiring dengan perkembangannya , Amazon yang beralamat di Amazon.Com ini mulai menjual barang-barang lainnya. Ya, itu tadi karena perkembangan zaman, Amazon .Com yang sudah memiliki banyak pembeli mulai membuka divisi penjualan baru untuk menjangkau klien lainnya. Termasuk menjual alat elektronik, gadget, dan peralatan lainnya .

Setelah Amazon sukses dalam menjual banyak bisnis, Amazon .Com mulai mendapat perhatian banyak investor. Perkembangan Amazon yang mendapat investor dengan nilai puluhan juta dollar membuat banyak pesaing baru. Kini beberapa pesaing sudah kita kenal. Apa anda semua mengenal EBAY ? Ya, EBAY . Yang merupakan salah satu situs lelang paling populer di dunia . EBAY menjadi sangat populer juga dalam penjualan online. Ekspansi nya juga luar biasa .

Bila Amazon .Com sukses dari sebuah toko buku dan memulai proses ekspansi ke ritel online yang lebih luas, membuat perangkat keras ( hardware ) yang bernama kindle untuk membaca EBOOK , maka EBAY menggelar ekspansi nya ke seluruh dunia. EBAY membuka juga website jualannya di Indonesia. Silahkan anda searching sendiri mengenai rilis berita ini. Namun selain sisi ritel online, EBay juga sukses dalam membuat virtual wallet atau dompet maya yang ada di internet. Yakni PAYPAL. Ya, Paypal yang merupakan alat pembayaran online dalam kurs dollar.

Paypal sangat terkenal di kalangan masyarakat dunia maya yang melakukan transaksi. Paypal menjadi alat pembayaran dunia, tanpa rekening bank, lintas internasional. Itu adalah layanan yang disediakan EBay dalam memfasilitasi toko online nya dan akhirnya sukses diadaptasi seluruh dunia.
Kesuksesan Paypal juga diikuti oleh Kaskus . Apa itu ?

KASKUS ! Ya, Kaskus , anda tidak salah baca. Kaskus juga mengadopsi sistem ini karena perkembangan FJB ( Forum Jual Beli ) yang merupakan sub forumnya. Kaskus juga membuat sistem pembayaran yang mirip seperti Paypal. Mungkin anda semua belum atau jarang mendengarnya karena alat pembayaran ini tidak setenar Paypal dan hanya populer di kalangan Kaskuser saja ( sebutan untuk pengguna KASKUS ) . Alat pembayaran itu bernama Kaspay. Ya, Kaspay . Kaspay populer di Kaskus.

Namun Kaspay belum lah terlalu populer di negeri ini . Mengingat layanan ini masih baru, dan biasanya masyarakat internasional lah yang menggunakan alat pembayaran seperti ini . Alat pembayaran ini menjadi alat pembayaran dikarenakan semua kurs dibuat dalam kurs Dollar, namun bila bertolak pada Indonesia sepertinya daya beli masyarakat asing kepada Indonesia masih kurang. Bisnis jual beli secara online antar penduduk Indonesia lebih sederhana karena umumnya difasilitasi oleh rekening bank.

Akan tetapi bila ada masyrakat Indonesia yang menjual kepada luar negeri, maka mereka membutuhkan alat seperti Paypal dan sebagainya. Silahkan cari di Google tentang alat pembayaran virtual . Mungkin dapat menjadi inspirasi anda , atau menjadi tambahan ilmu bagi anda semua.

Nah, kali ini kita akan masuk ke dalam topik asal mula bisnis online menurut pandangan kami .

Menurut anda dari mana bisnis online berkembang di Indonesai ? Apa pionir bisnis online di Indonesia ?
Berikut percakapan antara Budi dan Debo pada tahun 2008

Budi : Eh, Bud . Aku mau beli baju merek **** inilah. Dimana aku bisa beli ?
Debo : Anu, lu beli di mall aja. Ada promo besar-besaran di sana kok.
Budi : Ah, Bud. Ini mereknya langka bro. Aku sulit dapat merek gitu. Tapi aku lihat mereknya di toko online. Gimana menurut mu, Bo ?
Debo : Mending lu gak usah beli barang begituan di toko online, deh. Harganya suka gak wajar. Hati-hati penipuan, mending beli barang yang asli-asli aja, yang memang udah ada dan terbukti.
Budi : Emang banyak penipuan ya ?
Debo : Iya, untuk apa beli kek gituan. Kurang kerjaan, aneh tahu gak ? Masa beli pakai online, emang kita di desa ya gak ada mall ? Ini Jakarta, bung !
Budi : Iya , deh. Aku ikut kata mu aja. Memang aku juga ragu beli di toko online. Takut penipuan. Kan, jarang tuh yang jual-jual online.
Debo : Nah, baguslah. Mending beli yang asli-asli , dan bisa dilihat penjualnya.
Budi : Okelah, Bo. Makasih ya .
Debo : Iya, sama-sama.

Ya, mungkin dari anda yang membaca percakapan tersebut merasa lekat di tahun 2008 menganggap toko online tidak ada. Padahal di tahun 2008, toko online sudah ada, hanya saja belum populer , dipercaya dan marak. Dan juga akses nya sedikit. Belum terlalu banyak fasilitas untuk pembeli dan penjual.

Dimana pada masa tersebut, toko online disebut sesuatu yang tidak biasa atau unik. Bandingkan dengan saat ini dimana toko online sudah menjadi sesuatu yang sangat banyak peminatnya, bahkan semua orang berlomba-lomba membuat toko online.

Ya, zaman memang berubah. Kini, berikut percakapan antara Budi dan Debo pada tahun 2010 .

Budi : Deb, tahu gak produk terbaru dari *** ?
Debo : Oh, baju itu. Aku tahu. Lu, beli aja di ***** . Online storenya itu bagus banget , dijamin puas !
Budi : Iya, tapi aku masih takut beli di online store , Bo.
Debo : Kenapa ?
Budi : Takut penipuan.
Debo : Sekarang, justru yang beli di toko online itu anak zaman. Itu lagi ngetrend sekarang. Banyak loh, aksesoris dan baju yang branded di ***** .
Budi : Aman , ga ?
Debo : Aman , Bud. Tenang aja. Pelayanannya top , dah.
Budi : Oke, deh. Aku kunjungi dulu . Apa nama websitenya ?
Debo : www.*****.Com

Toko online pada tahun 2008 dan 2014 berbeda pencitraannya . Ya, seperti yang sudah anda baca pada ilustrasi di artikel sebelumnya bahwa toko online mengalami pergeseran trend. Bila dulu toko online adalah sesuatu yang “ absurd”, tidak jelas, dan tidak populer, maka hal itu kini berubah dan berputar ratusan derajat.

Kini, toko online bahkan lebih populer dari toko konvensional, dan toko-toko konvensional yang ada di Indonesia bahkan mulai bertransformasi menjadi sebuah toko online untuk melebarkan jangkauan calon pembelinya.

Percayakah anda bahwa toko online kini lebih populer dari toko konvensional ?

Anda dapat memperhatikannya dari pembelinya. Kini ada stigma bahwa membeli di toko online adalah sesuatu yang trendy, atau populer, sehingga orang-orang yang membeli lewat toko online dianggap humanis yang modern, dan ini menjadi sesuatu yang dianggap keren , sehingga banyak sekali orang yang mau membeli di toko online. Tentu dengan pertimbangan, apalagi kini perangkat mobile sudah sangat berkembang di Indonesia, dan toko online di Indonesia semakin cerah dan meyakinkan calon pembelinya dengan kehadiran marketplace yang sudah marak di Indonesia dan dengan budget sangat banyak melakukan iklan di media-media nasional. Sebut saja televisi. Bahkan marketplace sudah bisa beriklan di televisi, yang ikut menaikkan citra pembeli di toko online . Tentu menarik bila dibahas lebih lanjut bukan ?

Perkembangan toko online di Indonesia menjadi stimulus yang memberi isyarat bagi banyak orang bahwa kini eranya bisnis online sedang populer, dan akan terus populer dalam jangka panjang. Perkembangan toko online tentu menandakan semakin terbukanya pikiran masyarakat tentang internet yang sehat di Indonesia dan ini menjadi pertanda yang sangat baik bagi iklim bisnis online ke depannya.

Bisnis online sedang mengalami perkembangan yang pesat hingga saat ini. Dan ini menjawab pertanyaan di atas.

“ Dan apakah yang menjadi salah satu ketertarikan, sehingga banyak sekali orang mau berbisnis online ? “

Alasan nya akan kami rangkum :

A. Karena kini, kepercayaan masyarakat Indonesia sudah dipuaskan dengan beberapa marketplace yang menjadi raja pasar di Indonesia . Marketplace ini menjadi penanda bahwa Indonesia sudah dapat bersaing dengan negara-negara ASIA lainnya. Marketplace juga menjadi pelopor perkembangan bisnis online di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa pilar utama dalam bisnis online adalah keamanan. Bila sesuatu memang aman, dan terpercaya maka sesuatu itu akan ada peminatnya. Marketplace membuktikan hal tersebut. Apa dasarnya ? Yakni, marketplace mulai beriklan di media nasional, dan logikanya bila ada produk / jasa yang diiklankan di televisi berarti produk/ jasa tersebut memiliki kekuatan ekonomi yang jelas, atau dengan kata lain memang berintegritas. Sehingga mulailah timbul rasa kepercayaan di masyarakat.

Nah, alasan yang kedua adalah:

B. Adanya fasilitas yang memadai
Dulu mengakses toko online dan sebagainya harus menggunakan komputer. Smartphone tergolong barang yang sangat mewah sehingga sedikit sekali yang menggunakannya. Ini menjadi sebuah kendala bagi perkembangan bisnis online. Namun kini, jumlah smartphone , sebut saja di Indonesia lebih banyak jumlahnya dari penduduk nya sendiri , sehingga bisa dipastikan bahwa fasilitas yang ada sekarang sangat memadai. Bukan saja fasilitas fisik perangkatnya yang mendukung, akan tetapi juga biaya seluler yang semakin murah, seiring dengan perkembangan teknologi. Kini, pulsa data tidaklah terlalu mahal seperti dulu, dan akses internet semakin cepat setiap harinya yang mendukung iklim bisnis internet di Indonesia. Tentu adanya fasilitas yang memadai ini patut disyukuri , karena sesuai dengan prinsipnya, ketika sebuah usaha memiliki infrastruktur yang baik, fasilitas yang memadai, maka bisnis akan berkembang, ekonomi akan tumbuh dengan sendirinya. Fasilitas yang memadai juga akan terus meningkat, seiring perkembangan waktu, mulai dari kecepatan akses internet, dan biaya data semakin tahun semakin murah dan variatif, sehingga masyarakat dapat memulai gaya hidup online, yang tentunya menguntungkan.
Tahun 2015 adalah era internet sudah umum dan berkembang, sehingga tahun ini bisa dikatakan era internet sudah tumbuh subur. Apakah anda ( pembaca ) ingin terjun ke bisnis ini ?

Setelah membahas poin A & B kita akan masuk ke dalam poin C. Apa itu poin C ? Berikut .

C. Sugesti dari beberapa orang yang berhasil
Ini menjadi salah satu pendukung bisnis internet berkembang di dunia. SUGESTI. Berikut akan kami berikan ilustrasinya .

( Percakapan antara Budi dan Debo )

Budi : Bo, lu tahu gak, kalau di Indonesia sekarang lagi marak bisnis online gitu.
Debo : Iya, Bud. Kemarin aku ada cerita sama temanku, dia itu kerjanya duduk aja di
depan komputer . Cuma modal koneksi internet, dia bisa dapat jutaan dalam seminggu. Ngeri , gak ?
Budi : Iya, Bo. Memang sekarang lagi era bisnis online. Aku nonton di TV, ada pebisnis online bisa dapat milyaran dalam sebulan dari internet, bro. Keren, kan ? Aku jadi ingin ikut-ikutan bisnis online, apalagi modalnya cuma sedikit.
Debo : Iya, juga Bud. Memang modal bisnis online itu katanya murah. Cuma modal
Keberanian, kesabaran dan ketekunan pasti berhasil.
Budi : Iya , Bo. Aku Iri lihat yang kaya dari bisnis online, kalau mereka bisa kenapa kita enggak kan ?
Debo : Betul ! Gimana kalau kita buat bisnis online kita ?
Budi : Ide yang bagus itu, Oke! Kita mulai !

Anda dapat mengambil kesimpulan, bahwa kisah-kisah sukses mereka yang mencoba bisnis online, telah menghipnotis banyak petarung baru untuk mencoba bisnis ini. Bila ada kisah sukses orang lain, maka bukan hanya satu, dua, tiga, atau empat orang yang akan bergabung dengan bisnis ini, melainkan sangat banyak yang bisa ikut dan join di bisnis ini. Karena sudah kodratnya, dan memang perilaku manusia pada umumnya untuk meniru sesamanya. Dan kisah sukses pebisnis online di dunia bisa anda temukan di internet. Anda tinggal mencarinya saja. Ada sangat banyak cerita sukses di internet yang kisah mereka menceritakan keberhasilannya di kancah bisnis online.

Dan tentu saja, di artikel yang memuat kisah para pebisnis online tersebut anda bisa mempelajari pemikirannya, dan membayangkan bila anda ada di posisi mereka. Bayangkan begitu enaknya dan begitu senangnya hidup setelah mendapatkan banyak hasil dari bisnis online. Sugesti dari cerita sukses itulah yang banyak diserap oleh masyarakat Indonesia terlebih oleh para pemudanya , sehingga kini banyak anak muda yang memulai karirnya dengan mendirikan bisnis di internet.

Tak ada yang salah dengan sugesti. Asal anda tersugesti pada hal-hal yang baik , dan melakukannya untuk manfaat pada sesama, maka tersugesti untuk sukses tak jadi masalah .

Setelah membahas faktor A,B , dan C, kali ini kami akan membahas mengenai faktor D , yang menjadi alasaan mengapa mulai banyak orang yang mau join ke bisnis online. Berikut kami rangkumkan :

D. Peluang Di Bisnis Online Sangat Besar
Nah, ini adalah poin / faktor terakhir mengapa bisnis online belakangan ini sangat menjanjikan. Seperti biasanya, untuk memudahkan dan menyajikan artikel ini dari sisi yang menarik, maka akan kami buat ilustrasinya .

Berikut.Percakapan Budi dan Debo di suatu tempat.

Budi : Bo, tahu gak? Temanku ada yang jual baju. Dia mau jual bajunya online, dia minta bantuanku .
Debo : Maksudnya gimana, Bud ?
Budi : Omsetnya di toko konvensional, di jalan * * * * * sedang naik. Dia menjual baju merek terkenal seperti * * * * * dan * * * * * * * * * . Karena tokonya laku, dia mau berekspansi ke online. Dia minta aku yang mengurusnya.
Debo : Wah, keren tuh. Ada banyak memang toko baju konvensional saat ini yang mau berekspansi ke internet. Ini pasar yang sangat besar, Bud.
Budi : Iya , Bo. Rencananya aku juga mau mengajakmu ikut bergabung , kita cari toko lain yang bisa kita tawarkan .
Debo : Ide , bagus !

Setelah membaca ilustrasi pada bagian sebelumnya, dapatkah pembaca mengambil kesimpulan atau mengambil maksudnya ? Ya . Peluang yang sangat besar di bisnis online , yang kini sangat banyak, bisa dimanfaatkan dengan baik. Apalagi di tahun 2015 ini, bisnis online masih sangat berkembang dan belum banyak pemimpinnya. Bila di luar negeri sebut saja yang paling banter dan paling ketat persaingan di industri ini, Amerika Serikat , Inggris, dan sebagainya, sudah sangat banyak pemimpin pasar yang memimpin pasar virtual online . Bila mengarah kepada bisnis dengan model marketplace, maka sudah ada EBAY , yang menjadi penguasa industri online di Amerika Serikat , begitu juga dengan toko buku online, toko buku ebook, Amazon. COM yang merupakan pemimpin pasar toko buku online di Amerika Serikat, bahkan bisa dikatakan menguasai di dunia. Dan masih banyak lagi penguasa pasar dengan segmen bisnis yang berbeda.

Namun hal tersebut belum lah kita temukan di negara Indonesia. Indonesia sendiri masih belum memilliki pemimpin pasar. Ini tentu menjadi peluang besar bagi start up baru untuk berkembang , apalagi kini banyak sekali investor yang datang ke Indonesia yang menambah peluang untuk menjadi penguasa pasar di Indonesia bahkan dunia. Peluang bisnis online yang sangat besar inilah yang bisa dimanfaatkan .

Nah, setelah membahas 4 poin tadi, seperti biasanya untuk meningkatkan pemahaman anda dan supaya lebih mudah diingat, kami akan memberikan ringkasan nya kepada anda semua. Berikut ringkasannya .

A. Karena kini, kepercayaan masyarakat Indonesia sudah dipuaskan dengan beberapa marketplace yang menjadi raja pasar di Indonesia . Marketplace yang populer dan berkembang ini menjadi penanda bahwa Indonesia sudah dapat bersaing dengan negara-negara ASIA lainnya. Marketplace juga menjadi pelopor perkembangan bisnis online di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa pilar utama dalam bisnis online adalah keamanan. Dan marketplace yang populer ini menjadi bukti bahwa bisnis online di Indonesia sudah mulai mendapat kepercayaan .

B. Adanya fasilitas yang memadai
Dulu mengakses toko online dan sebagainya harus menggunakan komputer. Smartphone tergolong barang yang sangat mewah sehingga sedikit sekali yang menggunakannya. Ini menjadi sebuah kendala bagi perkembangan bisnis online. Kini , karena fasilitas yang memadai bisnis online menjadi lebih mudah untuk digarap dan dimasuki. . Fasilitas yang memadai ini , mulai dari kecepatan akses internet, dan biaya data semakin tahun semakin murah dan variatif, harga smartphone yang murah , dan banyaknya perusahaan mengonlinekan bisnisnya, sehingga masyarakat dapat memulai gaya hidup online, yang tentunya menguntungkan. Tentu dengan iklim dan fasilitas yang memadai ini, bisnis online merupakan lahan yang gurih .

C. Sugesti dari kisah sukses orang lain
.Bila ada kisah sukses orang lain, maka bukan hanya satu, dua, tiga, atau empat orang yang akan bergabung dengan bisnis ini, melainkan sangat banyak yang bisa ikut dan join di bisnis ini. Karena sudah kodratnya, dan memang perilaku manusia pada umumnya untuk meniru sesamanya. Dan kisah sukses pebisnis online di dunia bisa anda temukan di internet. Anda tinggal mencarinya saja. Ada sangat banyak cerita sukses di internet yang kisah mereka menceritakan keberhasilannya di kancah bisnis online.

D. Peluang Bisnis Online yang sangat besar
Peluang yang sangat besar di bisnis online , yang kini sangat banyak, bisa dimanfaatkan dengan baik. Apalagi di tahun 2015 ini, bisnis online masih sangat berkembang dan belum banyak pemimpinnya. Bila di luar negeri sebut saja yang paling banter dan paling ketat persaingan di industri ini, Amerika Serikat , Inggris, dan sebagainya, sudah sangat banyak pemimpin pasar yang memimpin pasar virtual online . Namun , persaingan dan pimpinan pasar belum lah ada di Indonesia , dan bila pun ada, jarak satu kompetitor dengan yang lain tidaklah terlalu jauh .

Bila anda bertanya-tanya, mengapa perlu membahas semuanya dari dasar, maka jawabannya adalah untuk mengetahui peluang sebenarnya.

Apa maksudnya ? Mengapa harus mempelajari semuanya dari dasar ? Mengapa tidak langsung memberitahukan peluang bisnis apa yang paIing masuk akal dan bisa dilakukan ? Mengapa harus menjabarkan secara panjang mengenai alasan orang lain bergabung ke bisnis online? Nah, kami akan memberitahukan jawabannya pada pembaca tercinta.

Mempelajari sesuatu itu jangan tanggug-tanggung, namun harus totalitas. Itu berarti pemahaman kita dimulai dari mengetahui asal mula bisnis online, alasan orang masuk bisnis online, lalu dari data ini setelah penjabaran kami lakukan, anda dapat mengambil kesimpulan dengan melihat kondisi yang ada dengan kondisi sekarang dan sesuai dengan kemampuan anda untuk memulai bisnis online yang paling anda senangi . Itulah manfaatnya, antara lain mengetahui asal mulanya untuk dapat mengambil keputusan di masa depan. Anda harus bisa menganalisis terlebih dahulu masalahnya, anda harus bisa mempelajari dahulu masalahnya untuk bisa menyusun proyeksi ke depan .

Sama seperti sebuah jurnal ilmiah atau karya tulis ilmiah. Kita memerlukan latar belakang nya dulu untuk masuk ke dalam rumusan masalah dan memberikan solusinya. Ini lah yang kami lakukan pada blog ini. Menjelaskan secara sederhana dulu bagi anda, untuk mengetahui dasar dan mulai membangun bisnis anda.

Berikutnya, ini adalah menjawab dari pertayaan :

“ Bagaimana saya akan memulainya ? “ Nah, kami akan memberitahukan tips dan cara-cara nya untuk anda pembaca tercinta. Sebelumnya, mari kita melakukan kilas balik pada pertanyaan – pertanyaan sebelumnya .

Apa defenisi bisnis online ?

Ya, pertanyaan ini sudah kami jawab pada artikel bagian pertama. Anda bisa mundur dan mencarinya kalau masih lupa atau ingin mempelajarinya lagi.

Mengapa bisnis online begitu populer saat ini ?

Pertanyaan ini juga sudah kami jawab pada artikel beberapa bagian yang lalu, sebelum artikel ini. Anda dapat kembali atau mundur dan mencari-cari pada bagian-bagian artikel sebelumnya untuk menemukan alasan mengapa bisnis online begitu populer saat ini. Kami sudah meringkasnya pada satu bagian artikel , anda bisa membaca semuanya di sana.

Dan apakah yang menjadi salah satu ketertarikan sehingga banyak sekali orang yang mau berbisnis online ?

Pertanyaan ini juga hampir sama bunyinya dengan pertanyaan di atas. Kami juga sudah menjawabnya, anda dapat mempelajarinya di artikel bagian sebelumnya.

Berapa modal yang diperlukan untuk berbisnis online ?

Nah, untuk artikel ini jawabannya akan disamakan dengan jawaban pertanyaan : “ Bagaimana saya harus memulainya “ silahkan pantau terus artikel dalam tulisan ini.

Kemana saya harus belajar ?

Ya, ini juga sudah panjang lebar kami jelaskan untuk anda pada artikel bagian-bagian pertama. Kami sangat rinci membahas jawaban akan pertanyaan ini pada artikel sebelumnya, dan kami juga sudah memberikan saran dan tips demi tips praktis untuk anda pelajari .

Bagaimana saya harus memulainya ?

Jawaban atas pertanyaan ini lah yang akan kita bahas pada artikel bagian selanjutnya. Di sini kami akan berikan tips-tips bagaimana caranya memulai bisnis online dan bagaimana caranya mendapatkan banyak uang dari bisnis online.

Dan, berapa banyak uang yang saya dapatkan dari bisnis online ?

Nah, pada pertanyaan kali ini kami akan berikan jawabannya untuk anda . Jawaban pertanyaan ini akan kami gabungkan jawabannya dan pembahasannya bersamaan dengan pertanyaan di atas, karena menurut kami pembahasannya sejalan . Dan juga daripada membahas berapa banyak uang yang anda dapatkan dari bisnis online , anda perlu tahu dulu apa bisnis yang akan anda mulai. Dan ketika anda sudah mengetahuinya, maka anda bisa melakuka proyeksi.

“ Bagaimana anda harus memulai bisnis online ? “

Bisnis online bisa dimulai dari mana saja, namun ada beberapa hal dan aturan yang perlu anda ketahui untuk bisa sukses dalam memulai bisnis online. Berikut akan kami jabarkan :

1. Mulailah dengan komitmen
Yang pertama adalah anda harus memiliki komitmen dalam diri anda sendiri. Bila komitmen itu kuat, maka anda akan memiliki semangat yang kuat pula, begitu juga sebaliknya. Pada tahap pertama ini anda harus memiliki komitmen dan menyimpannya dalam hati anda. Komitmen di sini berarti anda memiliki tekad. Bangunlah tekad anda dahulu untuk memulai sebuah bisnis online . Karena tekad akan menentukan seberapa jauh perjalanan anda.

2. Tentukan model bisnis
Nah, ini adalah poin yang paling penting. Ada pepatah mengatakan bahwa memulai adalah 50 % dari proses. Memulai memang sangat sulit, dan apa yang anda mulai akan sangat menentukan hasilnya. Anda harus menentukan model bisnis yang paling tepat untuk anda buat. Pilihlah model bisnis yang bisa anda kuasai dan anda menyukainya. Begitupun , model bisnis yang akan anda tetapkan , akan menentukan dan sangat berpengaruh dengan penghasilan anda kelak pada bisnis ini. Jadi ini juga menjawab pertanyaan : “ Berapaa banyak uang yang saya dapatkan dari bisnis online ? “

3. Tetapkan modal
Ini adalah salah satu hal yang sangat vital dalam bisnis. Yakni mengenai permodalan. Ada baiknya jika anda hanya memiliki modal sedikit anda bisa memulai bisnis dengan mdal seadanya itu , namun dengan potensi penghasilan yang banyak pula. Anda bisa menjadi dropshipper, yakni menjual produk orang lain dan mendapat komisi penjualan . Atau dengan modal sedikit, anda bisa menjual keahlian atau bakat anda. Cobalah temukan bakat anda, dan upayakan untuk mengonlinekan bakat tersebut. Sebut saja bila anda memiliki kemampuan bahasa Inggris anda bisa membuka jasa penerjemah secara online. Tentunya anda hanya bermodalkan sebuah website yang harganya sangat terjangkau . Namun bila anda ingin membuat situs besar , sebut saja ingin membuat GOOGLE nya Indonesia ala anda sendiri , atau ingin membuat media sosial yang baru , jika anda terinspirasi dari kisah sukses Mark Zukerberg atau Jack Dorsey, maka biayanya akan sangat besar. Anda bisa menggunakan uang anda sendiri atau mencari investor. Ini menjawab pertanyaan : “ Berapa modal yang saya perlukan untuk memulai sebuah bisnis online ? “

4. Tetapkan kronologi kerja anda
Bila anda sudah membuat komitmen, memilih model bisnis yang tepat, dan mempersiapkan modal anda, maka langkah berikutnya yang bisa anda lakukan adalah membuat kronologi kerja anda. Tetapkan target kerja anda, tetapkan anda harus bisa mencapai apa di bulan kesekian, di tahun ke sekian atau di beberapa hari yang akan datang. Anda harus bisa meninjau kronologi bisnis anda setiap hari, dan mengevaluasinya bila ada kesalahan . Anda juga harus memiliki catatan bila anda mau mengikuti saran ini. Membuat kronologi, catatan harian tentang bisnis anda. Bila semua berjalan baik, anda juga harus memiliki visi jangka panjang. Ada baiknya anda tidak membuat target yang kecil, buatlah target yang tinggi, yang membuat anda bersemangat meraihnya, namun juga sedikit realistis. Anda hanya perlu berusaha dan sisanya adalah wilayah Tuhan.

5. Cari mitra kerja
Bila bisnis anda bisa dijalankan sendiri , tak apa memulainya sendiri, namun bila bisnis anda besar dan sudah besar, maka anda membutuhkan orang lain. Carilah mitra atau tim yang memang dapat membantu bisnis anda lebih besar lagi .


Nah, demikian lah semua tips dan pengetahuan ini kami tulis untuk anda sebagai bahan refrensi untuk maju. Mohon maaf bila ada kesalahan penulisan , baik secara teknis maupun isi. Kami senang membantu bisnis dan pemahaman anda. Sampai jumpa di artikel-artikel bisnis selanjutnya !



Baca Juga : Ide Untuk Mendapatkan Penghasilan Selain Bekerja

Popular Posts

Get Paid to View Sites