Belajar & Berbagi

Ide Untuk Mendapatkan Penghasilan Selain Bekerja

Ide-ide untuk bisa mempunyai penghasilan selain bekerja

Bodoalewoh -- Setiap tahun begitu banyak lulusan sekolah, baik itu dari sekolah menengah maupun dari perguruan tinggi. Kebanyakan dari mereka, setelah keluar sekolah kemudian pergi untuk mencari kerja.


Berangkat dari satu kantor ke kantor lain, dari satu perusahaan ke perusahaan lain, untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang diinginkan atau pekerjaan yang layak yang sesuai dengan pendidikannya.

Apabila Anda pernah mendengarkan sebuah lagu dari Iwan Fals yang berjudul ‘Sarjana Muda’, ada rasa iba pada orang yang ada dalam cerita lagu tersebut. Mendapatkan pekerjaan yang layak atau bahkan yang lebih baik, ternyata bukanlah hal mudah. Tidak semua orang mendapatkan pekerjaan yang di inginkannya.

“Kalau semua orang mencari pekerjaan, lalu siapa yang menyediakan pekerjaan?”

Dulu, saya sering bertanya-tanya, apakah mempunyai penghasilan itu hanya harus dengan bekerja? Ada orang tua yang profesinya sebagai pedagang, tetapi bisa menyekolahkan anak nya sampai ke perguruan tinggi.
Artinya, berdagang juga ternyata bisa dijadikan cara untuk bisa mempunyai penghasilan, tidak harus selalu dengan bekerja
Semakin terbukalah pikiran dan bertambah yakin, bahwa seandainya kita tidak di terima bekerja di tempat yang di inginkan, kita tetap masih bisa mempunyai penghasilan dengan cara lain.


Berikut ini beberapa ide untuk bisa mempunyai penghasilan selain dengan mempunyai pekerjaan tertentu.

Menjadi Broker


Ketika Anda sedang berkeliling, atau sedang berjalan-jalan dengan kendaraan Anda, tentu pernah melihat ada tanah atau rumah yang sedang di jual. Salah satu cara untuk bisa mendapatkan penghasilan dari situasi seperti ini yaitu misalnya dengan berbicara dengan pihak penjual bahwa Anda akan membantu mencarikan pembeli untuk tanah/properti yang sedang di jual. Anda bisa mengajukan sebuah perjanjian kecil tentang komisi yang Anda peroleh bila terjadi penjualan dengan pembeli yang Anda bawa.

Berbisnis Pulsa


Pada tulisan sebelumnya, Belajar Jadi Pengusaha Sejak Dini, saya menceritakan saudara saya yang masih sekolah belajar berbisnis dengan berjualan pulsa kepada teman-temannya. Berbisnis pulsa tidak memerlukan modal yang begitu besar, dengan seratus atau dua ratus ribu saja, kita sudah bisa berbisnis pulsa. Berbisnis pulsa pada saat ini, kita bisa mendapatkan keuntungan seribu sampai seribu delapan ratus rupiah dari satu transaksi. Bayangkan bila kita bisa melayani banyak transaksi dalam satu hari. Sebuah keuntungan yang lumayan untuk pekerjaan santai seperti itu.

Membuka Jasa Pembuatan Plat Nomor dan Stempel


Sepintas kelihatannya usaha ini kurang prospektif, karena plat nomor atau stempel adalah kebutuhan yang langka. Tetapi jangan salah, saya sudah berinvestasi untuk usaha ini, dan yang mengelola usaha ini sekarang mempunyai penghasilan yang lumayan di banding pekerjaan dia sebelumnya.



Mengikuti Bisnis PTC


PTC adalah sebuah cara lain dari begitu banyaknya cara mendapatkan penghasilan di internet. Pekerjaannya sangat sederhana dan bisa dibilang semua orang bisa melakukannya. Yang dibutuhkan adalah sebuah laptop atau PC atau tablet atau juga smartphone beserta koneksi internet pribadi bukan ikut koneksi internet bersama semacam wifi atau warnet.

Apa yang dikerjakan di bisnis PTC?

Yang dikerjakan sangat mudah sekali. Anda hanya diminta untuk melihat website pengiklan selama beberapa detik saja. Bayarannya memang kecil atau sangat kecil, tapi ada peluang merubahnya menjadi penghasilan besar jika mau bersabar menekuninya.

Mengerjakan Survey Online


Pekerjaan yang dilakukan disini adalah memberikan opini dari pertanyaan yang disajikan oleh penyedia survey. Biasanya jawabannya sudah ada, Anda tinggal memilih jawaban mana saja menurut Anda.
Bayaran per survey bervariasi, bila di rupiahkan mungkin disekitar 3 ribu sampai dengan 20 ribu atau bisa lebih.
Survey online dan PTC adalah pekerjaan saya di internet selain pekerjaan lainnya.

 

Menjadi Blogger


Blogger adalah sebutan bagi orang yang mengelola blog. Seiring maraknya bisnis online atau mencari duit dari internet, aktifitas ngeblog, yang dulunya hanya sekedar sebagai sarana untuk menumpahkan unek-unek, atau sebuah cerita pribadi, dan lain-lain, kini menjadi aktifitas yang bisa menghasilkan uang. Berapa potensi penghasilan yang bisa di dapat oleh seorang blogger? Anda bisa membaca artikel ini, Berapa sih Penghasilan Rata-rata Blogger Indonesia?.

Itulah beberapa ide untuk mempunyai penghasilan selain bekerja.
Sebenarnya bila kita mau jeli, banyak sekali peluang usaha yang bisa kita lakukan. Untuk bisa mempunyai penghasilan, ternyata tidak harus selalu dengan mencari atau melamar pekerjaan ke tempat lain, tetapi bisa dengan menciptakan pekerjaan sendiri.

Baca juga :


  • Passive Income dari Ngeblog
  • Popular Posts