Belajar & Berbagi

3 Peluang Mendapatkan Uang dengan Menulis

3 Peluang Mendapatkan Uang dengan Menulis

Betul sekali, di zaman internet seperti sekarang ini, dengan membuat tulisan saja Anda sudah bisa berpeluang mendapatkan uang. Lihatlah begitu banyaknya ebook yang ditawarkan di internet. Untuk mempunyai karya tulis sendiri, seperti buku di dunia nyata, membuat ebook, bisa dilakukan oleh setiap orang. Bila Anda sudah merasa yakin dengan materi yang akan ditulis, ebook tentu siap untuk diterbitkan.


Apa saja peluang mendapatkan uang di internet dengan menulis?

  • Membuat dan menjual ebook
  • Menjadi jasa pembuat artikel
  • Make money blogging

Membuat dan Menjual Ebook


Peluang pertama, mendapatkan uang di internet dengan menulis, yaitu dengan membuat dan menjual ebook.
Sama seperti buku di dunia nyata, ebook juga terdiri dari beraneka ragam materi bahasan. Berdasarkan cara mendapatkannya, ebook bisa di dapatkan dengan gratis atau dengan membelinya.

Ebook gratis, biasanya, Anda mendapatkan ebook gratis ini sebagai hadiah. Seseorang yang membuat ebook ini berterimakasih kepada Anda sebagai pelanggan atau pembaca setia dari blognya atau karena Anda menjadi pengguna setia layanannya, dan lain-lain.

Selain ebook gratis, ada juga ebook yang kita bisa mendapatkannya dengan membeli. Harganya juga bermacam-macam, dari yang bisa di bilang murah sampai dengan harga yang bisa di bilang mahal.

Setiap orang bisa membuat ebook, lalu membagikannya dengan gratis atau menjualnya.

Apabila Anda mempunyai suatu pengetahuan tentang sesuatu misalnya Autocad, Anda bisa menulis tutorial tentang Autocad ini dan menjadikan ebook lalu menjualnya. Banyak sekali yang membutuhkan tambahan ilmu, dan ilmu yang Anda tahu seputar Autocad, bisa jadi akan membawa berkah kepada Anda. Mungkin ada jutaan orang di luar sana yang sedang mencari informasi tentang bagaimana mengoperasikan atau bekerja menggunakan Autocad. Itulah pasar Anda.

Menjadi Jasa Pembuat Artikel (Menjual Artikel)


Peluang kedua, mendapatkan uang dari internet dengan menulis yaitu dengan menjadi penjual artikel.
Salah satu pasar untuk jasa pembuatan artikel adalah blog. Semakin berjamurnya blog dan bertumbuhnya ‘make money blogging’, tentu berimbas kepada kebutuhan artikel. Ada banyak admin blog, yang karena terlalu sibuk, dia membutuhkan jasa orang lain untuk mengisi artikel di blognya. Bila Anda berkompeten dengan materi di blog tersebut, itu adalah salah satu pasar Anda. Anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel ini di forum-forum atau di media sosial atau lewat komentar sopan di blog. Harga satu artikel dengan jumlah kata sebanyak 400, biasanya berkisar antara enam ribu sampai dengan diatas duapuluh ribu rupiah. Artikel dengan bahasa Inggris harganya lebih mahal lagi.

Sebuah contoh, sebagian tulisan di blog ini, adalah hasil karya dari para jasa penulis artikel yang sudah saya beli. Saya memutuskan membeli artikel biasanya ketika saya mentok dengan ide untuk menulis apa.

Make Money Blogging (Mendapatkan Uang dari Blog)


Peluang ketiga, mendapatkan uang dari internet dengan menulis adalah dengan make money blogging.
Peluang ketiga inilah yang menjadikan saya mencoba untuk menulis. Menulis adalah kegiatan setiap hari kita di sekolah. Tetapi menulis di blog adalah mirip dengan bercerita atau menjelaskan sesuatu. Bercerita juga pernah kita pelajari di sekolah. Jadi, menulis dan bercerita, keduanya pernah kita pelajari, dan sekarang saatnya untuk mempraktekkannya secara terus menerus.

Mendapatkan uang dari blog bukanlah pekerjaan instan. Saya melihatnya lebih kepada sebuah pekerjaan entrepreneur, dimana walaupun kita sudah selesai bekerja, kita belum tentu mendapatkan hasilnya.

Blog itu, pekerjaannya sederhana, Anda hanya perlu untuk menulis dan terus menulis. Jika suatu saat, Anda sudah mempunyai cukup pengunjung, Anda bisa mendaftar menjadi penayang iklan semacam Google Adsense. Uang yang Anda dapatkan nantinya yaitu dari setiap iklan yang di klik pengunjung blog Anda. Harga satu kliknya bisa berbeda-beda.

Bila Anda tertarik untuk menulis dan mendapatkan uang dengan blog, Anda bisa saja mencobanya dengan layanan gratisan dari Google. Yang Anda lakukan adalah membuat satu akun Google, lalu dengan akun tersebut Anda membuat blog di Blogger.com.
Bila Anda bermaksud mengikuti program Google Adsense, setelah blog itu dibuat, Anda tidak bisa langsung mendaftar ke Adsense. Menurut cerita para master Adsense, untuk bisa diterima menjadi penayang iklan Adsense, blog Anda perlu mempunyai umur dulu, misalnya 2 atau 3 bulan. Sepanjang itu, yang Anda lakukan adalah mengisi blog Anda dengan sebanyak-banyaknya tulisan atau artikel.

Itulah 3 peluang mendapatkan uang dari internet dengan menulis. Semoga bermanfaat, dan silahkan di share....

Baca juga :


Popular Posts