Belajar & Berbagi

Dapat Duit dari Blog Itu Mudah(?)

Dapat Duit dari Blog Itu Mudah(?)

Dapat duit dari blog itu mudah. Itu adalah kesan pertama ketika di awal-awal mengenal ‘ngeblog dapat duit’. Sebagian orang yang percaya dengan ‘dapat duit dari ngeblog’ mungkin juga percaya akan hal ini, bahwa mudah mendapatkan uang dari ngeblog.

Blog Saya Sudah 4 Bulan, Tapi Masih Sepi Pengunjung


Blog berumur 4 bulan itu bisa dibilang masih bayi bagi blogger yang kurang begitu menguasai SEO, seperti saya. Anda bisa baca 2 Jenis Sukses Ngeblog.

Cari uang lewat blog, atau sekedar ngeblog untuk hobi atau untuk menjadi terkenal, sukses, dan lain-lain.
Ngeblog itu susah, tetapi ngeblog itu, juga bisa gampang.
Bog bisa sukses, tapi banyak juga yang telah gagal.
Blog bisa menghasilkan uang, tetapi banyak juga yang malah mengeluarkan banyak uang.
Bagi blog yang sudah bisa menghasilkan uang, sebagian dari mereka memang mudah mendapatkannya, tetapi, sebagian lagi harus mengalami masa-masa pahit, dan telah melaluinya dalam waktu 1 atau 2 tahun, bahkan bisa lebih dari itu.

Lalu, Menurut Anda, Apakah Dapat Uang dari Blog Itu Mudah?


Selain faktor takdir, semua, kembali lagi kepada hal dasar, yaitu ilmu.
Ada dua ilmu dasar, ilmu tentang SEO dan ilmu tentang membuat artikel. Siapapun, bila menguasai ilmunya lalu menerapkannya, pasti akan menemui kemudahan atau kesuksesan.

Ilmu atau pengetahuan, bisa didapat dari belajar atau dari pengalaman.
Ilmu yang didapat dari belajar, mungkin akan memperpendek waktu menuju sukses. Sementara ilmu yang didapat dari pengalaman tentu membutuhkan waktu dan mungkin terselip ‘rasa jatuh bangun’ di dalamnya.

Sentuh Hati Pembaca dengan Hati


Nyawa dari sebuah blog adalah artikel. Sejago apapun Anda mengenai SEO, blog Anda tidak akan pernah menjadi terkenal bila tidak ada artikel di dalamnya.

Sebuah artikel yang baik, artikel yang ketika orang membacanya, mereka menyukainya. Artikel yang baik itu ditujukan untuk pembaca (manusia). Sesuatu yang berhubungan dengan manusia akan mengenai sasaran bila memakai hati. Sentuh hati pembaca dengan hati.

Apa Saja Ilmu-Ilmu untuk Membuat Artikel?


Untuk membuat artikel yang baik, Anda perlu untuk belajar banyak hal, diantaranya :

  • Menguasai Apa yang Akan Ditulis.
    Bila materi yang akan Anda jadikan artikel adalah materi yang memang Anda kuasai, tentu akan ada emosi yang terlibat. Kata-kata yang keluar dari hati, dan akan mengenai hati pembaca.
  • Struktur Bahasa yang Benar.
    Bila Anda suka membaca buku, banyak yang bisa dipelajari mengenai bagaimana menyusun kata-kata yang benar, benar dalam ejaannya, dan lain-lain. Biasakan untuk membaca ulang apa yang telah Anda tulis dan pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan.
  • Menarik Minat Pengunjung.
    Biasanya, ilmunya terletak pada judul. Bagaimana membuat judul artikel yang memikat pengunjung sehingga mau melakukan klik untuk membacanya.
  • Tidak Menoton.
    Lihat sebuah film, ketika banyak intrik didalamnya, film itu menjadi lebih menarik. Atau ada sebuah karakter yang kuat, maka film itu juga jadi berkesan.
    Sebuah artikel pun harus bisa seperti itu.
  • Melibatkan Pembaca.
    Saya sangat suka dengan grup musik SLANK. Yang menyebabkan saya menyukainya adalah karena lirik-lirik lagu Slank yang mempunyai banyak sekali kesamaan dengan kisah hidup yang pernah atau sedang saya jalani. Slank berhasil memikat saya.
    Begitu juga dengan blog. Apabila pengunjung blog Anda merasa bahwa artikel-artikel Anda itu untuknya, mereka akan suka dan mungkin menjadi sebuah suka yang ‘abadi’, seperti saya yang tatap menyukai Slank, walau musik mereka sudah tidak seperti musik ketika saya pertama menyukainya.

Itulah beberapa ilmu yang perlu untuk dipelajari untuk bisa membuat blog sukses, atau untuk bisa mendapatkan uang dari blog menjadi mudah.

Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini. Bila bermanfaat, silahkan di share.


Baca juga :



Popular Posts