Belajar & Berbagi

Kerja Serabutan di Internet (Perjalanan Ngeblog Part.2)

Kerja Serabutan di Internet

Kerja serabutan di internet, istilah ini diperuntukkan untuk saya saja. Dulu, di awal-awal kenal dengan yang namanya aktifitas ngeblog, terutama setelah mengenal istilah ‘make money blogging’, saya melakukan apa saja jenis peluang usaha di internet yang menurut saya bisa memberikan pendapatan tambahan. Banyak diantara yang saya kerjakan itu tidak seperti yang di harapkan. Ternyata di internet juga ada yang namanya penipuan. Saya mengikuti program-program mendapatkan uang di internet, lalu program-program tersebut tidak menepati janjinya, membayar saya.

Saya menamai apa yang saya lakukan sebagai kerja serabutan karena saya hanya ingin tahu saja dan sebisa mungkin tidak mendapatkan kerugian meskim hanya biaya internet. Jadi, setiap yang dilakukan, diusahakan untuk mendapatkan hasil walau jumlahnya kecil, sekedar untuk mengganti biaya internet saja.

Dibayar untuk melihat iklan, atau lebih dikenal dengan Paid To Click (PTC), adalah program pertama yang saya ikuti. Saat itu, saya kurang mencari informasi tentang ini. Saya mengira kalau iklan yang disediakan untuk saya lihat tiap harinya itu bisa selalu banyak, tetapi ternyata jumlah iklan yang bisa saya lihat per hari nya itu terbatas. Jangankan untuk mendapatkan $1, setengahnya saja adalah hal yang tidak mungkin.

Berikutnya, saya mengenal dengan yang namanya Paid To Review. Bayaran yang dijanjikan cukup lumayan, bisa jauh lebih besar dari pendapatan mengikuti PTC. Saya pun tertarik untuk mencobanya.

Untuk bisa mengikuti Paid To Review ini, saya harus mempunyai blog. Saya pun belajar membuat blog. Tapi ternyata, tidak semudah itu. Blog yang akan ikut serta dalam Paid To Review harus blog yang sudah terkenal, pengunjungnya banyak, dan mempunyai Pagerank yang bagus. Hasrat untuk mencicipi uang dari Paid To Review pun terpaksa harus dibuang.

Perkenalan selanjutnya adalah dengan Affiliasi atau Paid To Action. Saya akan mendapatkan bayaran dari setiap aksi yang dilakukan pengunjung. Aksi yang dimaksud bermacam-macam. Saya pun mencoba mendaftar di Amazon, dimana nantinya, Amazon akan membayar saya dari setiap aksi yang dilakukan pengunjung melalui link saya, berupa melakukan pembelian produk di Amazon. Setelah beberapa hari, beberapa bulan, income yang diharapkan masih belum kunjung juga.

Bersamaan dengan itu, saya juga mengenal dengan program survei online. Yaitu sebuah lembaga yang menyediakan jasa survei, dimana kita bisa menjadi anggotanya dan mendapat job survei. Job survei yang saya ikuti pada saat itu menawarkan bayaran yang bervariasi tergantung lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan survei tersebut.

Sebenarnya masih ada program-program lain yang pernah saya ikuti. Tapi yang dibahas diatas adalah program-program yang populer. Dari semua program tadi, sebenarnya bisa saja membawa kita kepada hasil yang diharapkan bila kita tahu cara menjalankannya dengan benar. Contohnya dari affiliasi Amazon. Ini sama seperti di dunia nyata, kita menjadi broker penjualan. Setiap pelanggan yang kita bawa ke Amazon dan melakukan pembelian, itu sama dengan uang.

Baca juga :



Popular Posts