Belajar & Berbagi

Perjalanan Ngeblog Part.1

Perjalanan Ngeblog Part.1

Sekarang ini, blog lebih banyak dipakai sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan. Berbeda dengan beberapa tahun kebelakang, dimana blog lebih banyak dipergunakan sebagai catatan harian saja.

Tulisan kali ini bertemakan perjalanan ngeblog yang ditujukan untuk mendapatkan penghasilan. Perjalanan dari admin, yang menemukan sebuah kenyataan bahwa mendapatkan uang dari blog itu tidak mudah, tidak seperti yang dibayangkan ketika pertama mengenal blog.

Mengenal Blog Gratisan


Pertama mengenal blog, saya tertarik dengan informasi mengenai membuat blog secara gratis. Tentu saja, karena hal-hal yang berbau gratis berhasil memikat banyak orang. Kala itu, banyak sekali layanan blog gratisan seperti blogspot, wordpress, blog.ca, blog.com, bravenet, dan lain-lain. Semua yang menawarkan gratis, pernah saya coba untuk membuat blog disitu.

Karena tujuan ngeblognya adalah untuk mendapatkan penghasilan, maka berbagai peluang usaha di internet saya coba (baca juga Kerja Serabutan di Internet; Perjalanan Ngeblog Part.2).
Blog gratis saya di Wordpress lumayan bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dibanding blog-blog saya di flatform lain.
Jujur saja, saat itu saya jarang sekali membaca semacam ‘syarat & ketentuan’ dalam membuat blog yang cukup panjang itu. Ternyata, blog gratisan di Wordpress tidak boleh dipakai komersil atau dipakai untuk mencari uang dengan menampilkan iklan misalnya.

Setelah itu, saya menganggap blog gratis di Wordpress itu tidak akan bisa menghasilkan uang. Walau merasa sedih, blog itu saya hapus.

Nasib Selanjutnya yang Menimpa Semua Blog Gratisan Saya


Setelah dihapusnya blog gratisan di Wordpress, akhirnya saya konsen untuk membangun blog blogspot, karena menurut saya saat itu, hanya blogspot lah blog gratisan yang bisa menghasilkan uang.

Seiring berjalannya waktu, semangat ngeblog mulai menurun. Hal itu karena penghasilan dari blog tidak kunjung juga datang. Bersamaan dengan itu, saya juga kehilangan catatan mengenai akun semua blog gratisan saya. Blog pertama di blogspot pun terpaksa harus saya lepaskan, karena sudah tidak bisa diusahakan lagi untuk bisa di akses kembali.
Nasib sama menimpa semua blog gratisan saya yang lainnya.

Semangat ngeblog masih naik turun, malah kebanyakan turunnya. Blog gratisan kedua lahir dalam semangat yang tidak menentu ini.

Lemahnya Kualitas Artikel


Dulu, saya suka sekali dengan blogwalking, selain untuk mendapatkan backlink, saya juga senang melihat blog-blog bagus dan mencoba menirunya. Blog bagus yang juga mempunyai artikel yang bagus, sering membuat saya minder. Semua blog saya, tidak mempunyai artikel bagus seperti itu. Lalau, sayapun beranggapan bahwa kualitas artikel punya peran besar dalam sebuah kesuksesan blog. Pantas saja uang dari blog belum juga saya rasakan, karena saya punya masalah dengan kualitas artikel.

Masa-Masa Tidak Punya Pekerjaan


Di dunia nyata, saat itu saya sedang tidak mempunyai pekerjaan tetap. Blog-blog gratisan saya tadi lahir ketika saya sedang mempunyai pekerjaan dan punya uang.
Ketika pekerjaan selesai, menunggu pekerjaan berikutnya, lakukan aktifitas ngeblog, lalu bekal mulai menguras dan semangat ngeblog pun ikut terkuras.

Membangun, Berpromosi, dan Mengoptimalkan Blog


Segala ilmu yang pernah ditemui tentang bagaimana membangun dan mempromosikan blog sudah saya coba sebisanya. Tapi hasil yang diharapkan masih belum juga tiba.

Perjalanan ngeblog part.1 ini dipenuhi dengan naik turunnya semangat, kerja serabutan, promosi seadanya, belajar semaunya, dan menulis seenaknya.

Lahirnya Blog Pertama


Blog pertama di blogspot lahir ketika era berpindahnya minyak tanah menjadi gas. Saya pun membuat tulisan tentang sebuah kampung adat yang tidak bisa menerima perubahan ini.
Pemerintah setempat mengerti akan hal ini, selanjutnya sampai sekarang, kampung adat tersebut tetap memakai bahan bakar minyak tanah.

Lahirnya Blog Kedua


Blog kedua di blogspot lahir karena saya kehilangan akses terhadap akun blog pertama tadi. Lahir pada 2010, ketika setelah menikah saya kehilangan pekerjaan. Tidak punya pekerjaan membuat saya bersemangat lagi untuk dapat uang dari blog. Dan kembali, semangat itu luntur lagi.

Berikutnya, Alhamdulillah, saya mempunyai pekerjaan tetap. Lalu sayapun mengesampingkan blog dan sempat menelantarkannya. Waktu dan uang saya coba di fokuskan untuk mengganti masa-masa sedih ketika sering tidak punya uang di tahun pertama nikah.
(I Love You My Girl)

Sampai disini dulu ceritanya karena teringat kesedihan yang pernah dialami.
Nantikan cerita selanjutnya mengenai perjalanan ngeblog bodoalewoh.com.
Semoga bisa bermanfaat dan mohon di share.


Baca juga :



Popular Posts

Get Paid to View Sites