Belajar & Berbagi

Tunjangan DPR Naik, Bagaimana Pendapat Anda?

Tunjangan DPR Naik, Bagaimana Pendapat Anda?

DPR adalah Dewan Perwakilan Rakyat bukan Dewan Perwakilan Partai. Yang duduk di bangku DPR adalah orang-orang terpilih. Dipilih langsung oleh rakyat Indonesia untuk menjadi wakil dan menyampaikan suara dari rakyat Indonesia.


Saat ini sedang hangat berita tentang kenaikan tunjangan DPR. Saya melihat di Televisi tentang tunjangan-tunjangan yang naik tersebut. Salah satunya adalah tunjangan telepon dan listrik yaitu menjadi sekitar 7 jutaan. Ini menarik buat saya karena, pemakaian telepon saya hanya berkisar puluhan ribu perbulannya, dan listrik dibawah seratus ribu. Pada tabel tersebut, para wakil rakyat ini diberi tunjangan sekitar 7 jutaan, atau 70 kali lebih besar dibandingkan pengeluaran saya.

Saya tidak akan mengatakan bahwa ini merupakan sebuah pemborosan, tetapi saya melihat sisi lainnya yaitu, betapa sibuk dan padatnya jam kerja para wakil rakyat ini.

Kenaikan tunjangan DPR ini menjadi berita hangat terbaru yang terkait para wakil rakyat. Publik berreaksi berbeda atas berita ini. Saya termasuk orang yang setuju dengan hal ini, kenapa? Alasannya akan diceritakan nanti.

Di Mata Najwa, seorang anggota DPR mengatakan bahwa beliau bersyukur atas kenaikan ini, tetapi beliau juga malu apalagi kalau nanti tidak bisa memaksimalkan tugasnya sebagai wakil rakyat.

Perbedaan pendapat juga disampaikan seorang wakil rakyat, seperti ditulis di kompas.com, Tunjangan DPR Naik, Fahri Hamzah Merasa Masih Kurang. Berikut kutipannya,
“JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, merasa kenaikan tunjangan anggota DPR yang sudah disetujui oleh pemerintah terlalu kecil. Tunjangan yang disetujui Menteri Keuangan itu masih jauh dari angka yang diusulkan oleh DPR.

"Menurut saya, (kenaikan tunjangan) sangat kurang itu," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/9/2015).

Fahri menyayangkan, DPR tidak bisa menyusun anggaran sesuai dengan kehendak mereka. Penyusunan anggaran, termasuk kenaikan tunjangan, harus disusun bersama-sama pemerintah. Akibatnya, DPR mendapatkan dana anggaran terbatas yang akhirnya menghambat kinerja DPR, terutama dalam bidang pengawasan. ...”


Bagaimana pendapat Anda mengenai kenaikan tunjangan para wakil rakyat ini?

Kembali ke pendapat saya. Seperti di bilang tadi, saya setuju dengan kenaikan ini, karena para wakil rakyat ini akan lebih bersemangat untuk menjalankan tugasnya. Bukan hanya memperjuangkan rakyat tetapi kalau perlu memaksakan kehendak rakyat.

Saat ini momentumnya tepat sekali. Ekonomi sedang melemah, jumlah pengangguran meningkat. Ini adalah kesempatan yang baik untuk para wakil rakyat menunjukkan tajinya. Bagi yang sedang menganggur atau para calon pengangguran, berbahagialah, karena para wakil rakyat sedang on fire (bersemangat) mewujudkan keinginan rakyat. Para wakil rakyat telah mendapatkan kenaikan tunjangan yang akan menunjang kerjanya. Bukan hanya sekedar memperjuangkan aspirasi rakyat tetapi mewujudkannya.

Sebuah Pengalaman di Sekolah


Sewaktu di sekolah dulu, di setiap kelas ada yang namanya ketua kelas atau ketua murid. Selain sebagai pemimpin, ketua kelas juga adalah seorang wakil dari teman-teman sekelasnya.
Yang menarik dari cerita ini adalah, ketua kelas ini dipilih oleh seluruh anggota anak di kelas tersebut. Yang saya alami dulu, para ketua kelas ini tidak mencalonkan diri apalagi melakukan kampanye. Semua orang memilihnya dengan ikhlas tanpa intervensi atau apapun yang memaksa seseorang untuk memilih seseorang.

Dari cerita tadi, ada perbedaan antara pemilihan ketua kelas dengan pemilihan wakil rakyat. Mungkin karena dalam pemilihan ketua kelas tidak ada aktifitas kampanye, maka ketua kelas tidak mendapatkan gaji apalagi tunjangan.

Negara ini adalah negara demokrasi, semua orang boleh punya pendapat, boleh menyuarakan pendapatnya, dan juga boleh berbeda pendapat. Yang penting Bhineka Tunggal Ika.

Di tengah ekonomi yang sedang lesu, belum lagi ada bayang-bayang bartambahnya para pengangguran, para wakil rakyat kok malah meminta kenaikan tunjangan.

Di tengah ekonomi yang sedang lesu ini, bayangan pengangguran akan menjadi buyar, karena para wakil rakyat telah mendapatkan suntikan semangat untuk bisa mewujudkan keinginan rakyat Indonesia.

70 tahun Indonesia Merdeka.
Yang terhormat para wakil rakyat, Ayo Kerja!

Tunjangan DPR Naik, Bagaimana Pendapat Anda?
Silahkan di share, dan suarakan pendapatmu....


Baca juga :

Popular Posts