Belajar & Berbagi

3 Jenis Pengunjung Blog

3 Jenis Pengunjung Blog

Bodoalewoh.com - Untuk bisa mendapatkan pengunjung yang banyak, selain terus diisi artikel, blog perlu di optimalkan. Secara garis besar, pengunjung blog itu berasal dari tiga tempat. Ada yang langsung menuju blog Anda, atau pengunjung referral yaitu pengunjung yang datang semisal dari media sosial, dan ada juga pengunjung organik yaitu pengunjung yang datang dari mesin pencari semisal Google.

Pengunjung Organik

Setelah blog sudah dibuat, pengoptimalan dasar yang perlu dilakukan para pemula adalah medaftarkan ke mesin pencari, seperti Google dan Bing. Dari pendaftaran ini nantinya akan menghasilkan pengunjung organik. Pengunjung organik biasanya pengunjung tertarget, karena mereka datang dari hasil penelusuran dari kata kunci yang dicari pengunjung.

Misalnya Anda mempunyai sebuah ebook yang ingin dijual tentang ‘bagaimana memuaskan pasangan’. Lalu apabila pengunjung yang mengetikkan pencarian seputar informasi dalam ebook Anda, dan hasil pencarian Google menempatkan blog Anda di urutan pertama, maka kemungkinan besar, pengunjung tersebut akan menjadi pembeli ebook Anda.

Pengunjung tersebut datang dengan keingintahuan mengenai tips atau rahasia supaya bisa memuaskan pasangannya, dan ebook yang Anda tawarkan di blog Anda membahas seputar itu. Apa yang Anda sajikan di blog dengan apa yang dicari pengunjung menjadi klop. Meski tadinya pengunjung tersebut hanya mencari informasi gratis, tapi info dalam ebook Anda menariknya, tentu si pengunjung ini akan menyisihkan waktu memikirkan untuk membeli ebook Anda. Sekali lagi, pengunjung dari mesin pencari adalah pengunjung tertarget yang memang mencari informasi dan melalui Google, blog Anda menyajukan apa yang diinginkan pengunjung.

Pengunjung Referral

Terkadang, mendapatkan pengunjung dari mesin pencari itu cukup susah. Ada ribuan mungkin jutaan blog yang menyajikan informasi yang sama dengan blog anda, dan Google hanya menampilkan 10 terbaik menurut Google di halaman pertama hasil pencarian. Untuk itu,blog Anda harus bersaing menjadi 10 terbaik versi mesin pencari, kalau bisa menjadi yang terbaik sehingga ada di paling atas di halaman pertama.

Karena kesusahan tersebut, ada cara lain untuk mendatangkan pengunjung yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Seperti facebook, media sosial yang paling ramai ini bisa dijadikan alat untuk mendatangkan pengunjung ke blog Anda.

Caranya, Anda tinggal membuat status yang menarik dan membuat penasaran lalu sisipkan link menuju halaman blog Anda. Bila Anda mempunyai banyak teman, tentu sangat berpotensi bagi blog Anda mendapatkan pengunjung dari teman-teman Facebook Anda. Kuncinya adalah membuat kata-kata promosi yang membuat orang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut. Itulah tantangannya.

Pengunjung Langsung

Pengunjung langsung ini mengunjungi langsung blog Anda tanpa perantara lainnya. Pengunjung mengetikkan alamat blog Anda di browser mereka untuk berkunjung ke blog Anda.Untuk bisa seperti ini, Anda perlu melakukan promosi online dan offline. Menaruh alamat blog Anda dimana saja, lalu ada yang penasaran dan mereka berkunjung, itulah pengunjung langsung Anda.

Baca juga :

Popular Posts

Get Paid to View Sites