Belajar & Berbagi

Blogwalking Itu ...

Keuntungan dari blogwalking

Blogwalking adalah salah satu aktifitas yang lekat sekali dengan para blogger. Semasa awal ngeblog, saya sering melakukannya dengan tujuan mencari backlink. Konon katanya para master, blogwalking itu bagus untuk perkembangan blog kita.

Seiring berjalannya waktu, saya merasa capai dengan blogwalking ini. Ada rasa yang tidak pas dengan hati, mungkin karena tujuannya hanya untuk mendapatkan link menuju blog saya. Dari 10 blog yang saya kunjungi, mungkin hanya satu atau dua saja yang artikelnya benar-benar saya baca.

Karenanya, sayapun berhenti lakukan blogwalking, karena itu tadi, tidak sesuai dengan hati nurani. Saya merasa bahwa yang saya lakukan itu hanya basa-basi, sementara saya sendiri tidak suka dengan yang namanya “basa-basi”.

Blog dan Uang


Para master bilang, bila kita berkeinginan untuk bisa mendapatkan uang dari blog, blog kita itu harus mempunyai banyak pengunjung setiap harinya. Blogwalking , adalah salah satu dari banyak strategi untuk mendapatkan banyak pengunjung. Kenapa? Karena biasanya, si empunya blog yang kita kunjungi akan melakukan kunjungan balik, walau tidak semuanya begitu.
Jadi, semakin banyak blog yang kita kunjungi, maka kurang lebih sebanyak itulah jumlah pengunjung blog kita hasil dari blogwalking.

Memberikan Komentar yang Relevan


Untuk mendapatkan pengunjung dari blogwalking, kita jangan cuma berkunjung saja, tapi harus meninggalkan jejak berupa url alamat blog kita. Caranya dengan berkomentar. Tuliskan komentar Anda dengan kata-kata sebagus dan semenarik mungkin dan sesuai dengan artikel yang Anda baca disitu. Bila Anda berkomentar dengan baik, terkadang ini juga bisa menarik pengunjung lain yang membaca komentar Anda untuk berkunjung ke blog Anda.

Tidak sedikit juga, ada yang suka mengisi kata-kata promosi saja dalam berkomentar. Bila Anda melakukan hal seperti ini, akan sedikit yang suka dengan Anda, atau bisa saja tidak ada yang suka sama sekali, dan Anda beruntung kalau pemilik blog tidak menghapus komentar Anda.
Jadi sekali lagi, ketika blogwalking itu, berikanlah komentar yang relevan dengan artikel yang dibahas.

Menambah Link dengan Blogwalking


Keuntungan lain dari blogwalking adalah mendapatkan link menuju blog kita. Secara sederhananya, arti dari link yang kita tulis sewaktu berkomentar di blog lain itu kurang lebih sama dengan sebuah referensi dari blog tersebut.

Bila Anda suka membaca buku, di sampul depan atau belakang, atau di halaman-halaman awal atau halaman-halaman akhir, biasanya terdapat satu atau beberapa pendapat dari penulis atau tokoh terkenal mengenai buku tersebut. Pendapat tersebut seringkali berisi pendapat positif atau bahkan sebuah ajakan bahwa Anda perlu untuk membaca buku tadi. Nah, link dari hasil blogwalking itu kurang lebih sama seperti itu.

Blogwalking untuk Menambah Wawasan


Selain keuntungan-keuntungan tadi, blogwalking juga bisa memperkaya wawasan. Ilmu atau pengetahuan baru, kabar baru, sebuah peluang usaha, atau sesuatu yang baru lainnya sering kita dapat dari aktifitas blogwalking ini.
Bila Anda sedang kehabisan ide untuk menulis apa, blogwalking mungkin bisa menjadi solusi.

Minder Dikunjungi Orang


Berkunjung dari satu blog ke blog lainnya, terkadang menghadirkan rasa minder. Bertemu banyak blog bagus sewaktu blogwalking, saya minder bila mendapatkan kunjungan balik dari blog bagus tersebut. Blog saya cuma begini adanya, jauh sekali untuk bisa dikatakan bagus. Saya mohon maaf bila Anda merasa kurang berkenan.

Meski begitu, sayapun memberanikan diri karena saya percaya satu hal, bahwa manusia itu mempunyai kelebihan dan kekurangan. Walau blog ini mungkin banyak kekurangannya, tapi saya yakin pasti ada satu kata atau satu kalimat yang bisa bermanfaat.

Mungkin artikel di blog ini tidak menyajikan ilmu, tutorial, atau sesuatu yang memuaskan Anda, tapi di blog ini juga ada terdapat link menuju tempat yang saya rasa bermanfaat khususnya bagi Anda yang suka dengan bisnis. Link tersebut menuju tempat buku dan ebook bagus buat bisnis. Buku dan ebook tersebut ada yang bisa Anda dapatkan dengan gratis, dan ada juga yang harus dibeli. Terlepas dari Anda membeli atau tidak, bila Anda tertarik untuk membaca-baca dulu atau untuk mengetahuinya lebih detil lagi, klik disini.

Terimakasih Untuk Anda


Saya sangat menghormati Anda. Anda telah berkenan meluangkan waktu berkunjung kesini, dari palung hati terdalam, saya ucapkan terimakasih kepada Anda. Semoga Anda mendapatkan kepuasan dari yang tersaji disini, atau bila tidak, semoga Anda mendapatkannya selepas dari sini.

Saya juga meminta maaf, karena sesuatu alasan saat ini, saya tidak menampilkan kolom komentar.

Terakhir, bila Anda merasa ada yang berkenan atau ada yang disukai dari artikel-artikel di blog ini, itu adalah suatu hal yang membahagiakan saya, apalagi bila Anda berkenan membaginya lewat Facebook, Twitter, ataupun G+ Anda.

Terimakasih dan sukses untuk Anda.

Baca juga :

Popular Posts

Get Paid to View Sites