Cari Uang di Internet dengan Ikut Survey Online

Baca Juga

Cari Uang di Internet dengan Ikut Survey Online

Internet bukan cuma untuk bermain Facebook atau mengupdate informasi saja. Internet bisa juga dipakai untuk mencari uang. Salah satunya dengan bergabung jadi anggota sebuah perusaahaan atau website survey. Apa Itu Survei?

Survei adalah pemeriksaan atau penelitian secara komprehensif.

Survei yang dilakukan dalam melakukan penelitian biasanya dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau wawancara, dengan tujuan untuk mengetahui: siapa mereka, apa yang mereka pikir, rasakan, atau kecenderungan suatu tindakan. Survei lazim dilakukan dalam penelitian kuantitatif maupun kualitatif.

Dalam penelitian kuantitatif, survei lebih merupakan pertanyaan tertutup, sementara dalam penelitian kualitatif berupa wawancara mendalam dengan pertanyaan terbuka.

Survei (survey) atau lengkapnya self-administered survey adalah metode pengumpulan data primer dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada responden individu. Jadi bisa disimpulkan survei adalah metode untuk mengumpulkan informasi dari kelompok yang mewakili sebuah populasi:
  • Sejumlah besar responden
  • bertanya ke orang
  • Menggunakan kuesioner
  • Tempo yang relatif singkat
  • Sangat kuantitatif (dikutip dari Wikipedia)

Survey ini begitu dibutuhkan oleh beberapa pihak, misalnya sebuah perusahaan yang melakukan riset untuk kemajuan produknya.
Banyaknya pengguna internet sekarang ini, membuat lembaga-lembaga survey tertarik untuk melakukan survey secara online. Survei online adalah bentuk pertanyaan yang didesain untuk dijawab melalui internet. Pertanyaan yang ditanyakan pada umumnya simpel dan dapat dikerjakan dengan mudah.

Pihak yang melakukan survey online mengeluarkan sejumlah biaya untuk diberikan kepada para respondennya sebagai imbalan. Dalam survey online ini ada pihak ketiga yang terlibat yang posisinya sebagai perantara atau yang mempertemukan pemberi survey dan responden. Untuk mendapatkan uang dari survey online ini, kita perlu mendaftar atau menjadi anggota dari pihak ketiga tersebut.

Ada beberapa lembaga yang menyediakan survey online dengan bahasa Indonesia, diantaranya :

Anda bisa bergabung dengan salah satunya atau bisa juga dengan seluruhnya. Setelah proses registrasi berhasil, akun Anda sudah aktif, selanjutnya Anda akan menerima undangan survey lewat email yang Anda daftarkan. Selain undangan lewat email, Anda juga bisa login untuk mengikuti survey.

Dalam survey online ini, hadiah akan diberikan per survey yang diselesaikan. Nilainya biasanya berupa poin. Setelah poin kita mencapai jumlah tertentu yang disyaratkan, kita bisa menukarnya dengan uang dollar atau rupiah atau pulsa atau juga dengan voucher belanja tergantung dari penyedia survey.

Bagaimana kita menerima imbalan yang berbentuk uang?

Biasanya, waktu mendaftar, kita di tawarkan proses pencairan ini, yaitu lewat semacam bank di dunia internet, semisal Paypal. Jadi untuk bisa mendapatkan uang dari mengikuti survey ini, kita perlu untuk mempunyai akun email, akun paypal dan rekening bank lokal.

Prosesnya, misalnya Anda bergabung dengan Viewfruit, dan imbalan di akun Viewfruit Anda sudah bisa untuk dicairkan. Kemudian Anda mengajukan permintaan tersebut ke Viewfruit. Viewfruit akan mengirim uang sejumlah yang Anda mohon ke akun Paypal Anda. Setelah itu, lalu Anda login ke Paypal dan meminta pencairan atau pengiriman ke rekening Bank Anda. Dalam beberapa hari, biasanya antara 2-4 hari kerja, uang dari Paypal sudah masuk ke rekening Bank Anda.

Sedikit Cerita Pengalaman Bersama ViewFruit


ViewFruit menjadi salah satu situs survey online paling favorit buat saya. Beberapa alasannya adalah batasan untuk meminta bayaran (payout/cashout) cukup kecil yaitu 1500 poin senilai dengan $3. Selain itu, ketersediaan survey bisa dibilang banyak meski masih kalah dari iPanel.

Di iPanel, terkadang poin yang didapat dari survey tidak langsung masuk (ditunda), sementara di ViewFruit, poin langsung masuk ke akun kita. Di ViewFruit, kalau beruntung (bisa menyelesaikan survey), untuk 1500 poin tersebut bisa saja didapat dalam satu atau dua hari saja.

Pengalaman saya, rata-rata bisa PO di ViewFruit itu sekitar dua minggu sekali untuk 1500 poin tadi. Jadi, ViewFruit sepertinya bisa diandalkan untuk menambah saldo dollar di Paypal Anda, walau mungkin nominalnya cukup kecil.

Cara kerja survey online itu mudah sekali. Kita hanya perlu untuk ngeklik beberapa jawaban atas pertanyaan yang ada. Jumlah pertanyaannya relatif sehingga waktu yang dibutuhkan juga relatif. Biasanya sekitar 10 s/d 20 menit. Lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah survey serta jumlah pertanyaan yang diberikan sesuai dengan imbalannya. Semakin lama waktu semakin besar imbalannya.

Bukti Pembayaran Pertama dari ViewFruit
Ini adalah pembayaran pertama dari ViewFruit yang saya terima tanggal 29 Oktober 2015.

Pembayaran Kedua dari ViewFruit
Ini adalah pembayaran kedua dari ViewFruit yang saya terima tanggal 14 Nopember 2015.

Pembayarn Ketiga dari ViewFruit
Ini adalah pembayaran ketiga dari ViewFruit yang saya terima tanggal 11 Desember 2015.

Itulah sedikit gambaran tentang mencari uang di internet dengan mengikuti survey online.

Baca juga :