Kenapa Blog Masih Sepi Pengunjung? (Perjalanan Ngeblog Part.3)

Baca Juga

Semua orang yang melakukan aktifitas ngeblog tentu menginginkan blognya ramai dikunjungi banyak pengunjung. Tapi ternyata tidak semua blog bisa punya banyak pengunjung. Terlebih blog berisi artikel tak berisi seperti blog ini, susah mendapatkan pengunjung, apalagi jutaan pengunjung perharinya.

Sedari awal ngeblog, saya tidak pernah kepikiran atau menyadari fakta seperti ini. Dengan asal menulis saja, blog saya akan mendapatkan pengunjung, karena yang online setiap detiknya itu berjumlah jutaan orang. Dari jutaan orang tersebut, masa tidak ada satupun yang berkunjung ke blog saya? Sebuah pemikiran yang masuk akal pada saat itu.

Seiring berjalannya waktu, seiring bertambahnya waktu yang diluangkan untuk ngeblog, pengetahuan terus bertambah. Ternyata tidak sesederhana yang saya pikirkan tadi untuk bisa mempunyai pengunjung. Sekedar menulis saja, belum tentu menghasilkan pengunjung. Dibutuhkan tulisan artikel yang berkualitas, unik, dan dibutuhkan banyak orang adalah hal pertama saja. Selain itu ada hal lain tentang bagaimana artikel tersebut bisa menarik mesin pencari. Jadi ada dua hal, artikel Anda harus bisa menarik buat pengunjung dan juga menarik buat mesin pencari.

Sebuah Kesalahan Kecil Blogger Pemula


Terkadang kesalahan kecil bisa berakibat besar. Saya sering berganti template. Dan ini adalah sebuah kesalahan kecil menurut saya. Saya tidak mengira, ternyata kesalahan kecil, sering berganti template, bisa berpengaruh terhadap datangnya pengunjung. Tapi ini bukanlah hal final. Anda perlu mencari tahu lagi, apakah sering berganti template itu ada pengaruhnya terhadap perkembangan jumlah pengunjung atau tidak?

Selain template, dulu saya ngeblog memakai operamini. Saya tidak mencari tahu tentang batasan jumlah kata dalam sebuah artikel yang bagus. Ngeblog memakai Operamini mempunyai keterbatasan dalam membuat artikel. Artikel yang dibikin jumlah katanya tidak bisa banyak. Artikel lebih seperti status Facebook hanya saja lebih panjang. Artikel-artikel pendek seperti itu sepertinya berpengaruh terhadap pengunjung organik. Mesin pencari akan kesusahan menampilkan blog Anda di halaman awal hasil pencarian, karena kata-kata yang bisa di crawl nya sedikit.

Menghindari Kesalahan Kecil


Penting untuk Anda untuk tidak membuat kesalahan jika tahu bahwa itu salah. Berganti template dan membuat artikel dengan jumlah suku kata yang sedikit bisa saja merupakan kesalahan kecil yang berdampak besar terhadap perkembangan jumlah pengunjung blog Anda.

Mau Dibawa Kemana Blog Anda


Ada berbagai tujuan orang dalam ngeblog. Yang paling banyak saat ini, mungkin ngeblog ditujukan unutk mencari uang atau mendapatkan penghasilan. Penghasilan dengan menjual produk sendiri atau menjual produk orang lain. Atau penghasilan dengan menyediakan space untuk iklan, berupa iklan mandiri atau iklan dari penyedia iklan semacam Adsense.

Banyak para blogger yang mendapatkan uang dari blog dengan menjadi penayang iklan dari Adsense. Bila tujuannya seperti ini, Anda perlu untuk kerja lebih serius. Adsense adalah milik Google. Google adalah perusahaan yang serius. Bermitra dengan perusahaan serius, Anda perlu untuk menjadikan diri Anda dan blog Anda serius atau profesional.

Mulailah untuk menulis. Menulis untuk pengunjung. Menulis sesuatu yang dibutuhkan orang. Informasi-informasi yang bermanfaat.
Walaupun tidak mutlak harus seperti itu.
Sebuah blog yang unik, walau hanya artikel curahan hati bisa saja menjadi ladang penghasilan. Kuncinya adalah bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Baca juga :