Belajar & Berbagi

Perjalanan Menemukan Jati Diri

Perjalanan Menemukan Jati Diri

Sepanjang perjalanan hidup anda tak bisa mengelak dari hal-hal sulit dan hal yang mudah yang dipilih untuk mendapakan hasil dari harapan-harapan yang akan menjadi jawaban dari pertanyaan siapa diri anda dan sudahkah anda menemukan jati diri anda kemudian berlabuh disana. Siapapun akan selalu bimbang untuk melangkah jika dia tak kunjung menemukan jati dirinya, jati diri sangat berperan penting dalam diri seseorang sebagai energi untuk bertahan sekaligus penyemangat dalam menentukan arah dan tujuan seseorang.

Untuk menemukan konsep yang ampuh dijadikan sparepart dalam menempuh perjalanan hidup dan menemukan jati diri anda, maka berikut dapat anda ikuti cara-cara sederhana untuk membantu mengatur dan menyesuaikan jalan hidup serta meneruskan rangkaian perjalanan dari tujuan hidup yang sebenarnya penuh dengan makna.

1. Proporsional dan Bangun Percaya Diri

Mulailah mengandalkan diri anda sendi dan mandiri dengan keyakinan sebagai kekuatan utamanya. Bersabarlah dan kenali diri, jika anda merasa kurang dalam hal kemampuan maka jangan ragu untuk belajar dan terus berusaha menggali apa yang belum dan harus anda ketahui hingga anda memiliki wawasan yang ideal terutama dalam hal menguasai diri. Inilah hal penting yang sangat mendasar dalam upaya membangun percaa diri.

Jika anda sempat menjadi korban dimasa lalu anda maka anda harus tegar dan berbesar hati untuk menghadapinya. Paksa diri anda untuk melalui rasa sedih, galau, takut dan karakter negatif lainnya sehingga anda akan berproses menjadi pribadi yang mandiri dan tahan banting. Niatkan hari-hari yang akan dilalui untuk lebih baik dan sembuhkan diri anda dari korban masa lalu maupun kesalahan anda sebelumnya sebagai tanggung jawab serta bagian penyembuhan dari hidup anda.

2. Bangun Kesadaran, Ciptakan Kerangka dan Tetapkan Tujuan

Ambil pelajaran dan pesan dari pengalaman negatif lalu identifikasi setiap detail dari pengalaman maupun masalah tersebut kemudian biarkan jati diri anda tumbuh dan berkembang mengalir melalui potensi anda sendiri.
Setelah anda mempersiapkan kepercayaan diri dan menjadi pribadi yang proporsianal maka segera sadarlah, baca dunia dan fahami mendetail apa tujuan anda, keinginan dan cita-cita anda melalui kerangka. Akan lebih efektif jika anda menuliskannya dalam list target khusus supaya anda bisa selalu meningatnya dengan membacanya kembali jika anda lupa.

3. Buka Lembaran Baru Lalu Atur Dunia Anda

Sebagai rehabilitasi besar-besaran maka masukilah lembaran hidup anda yang baru, lakukan hal positif lalu atur dunia anda untuk menggenggam erat identitas diri anda. Selesaikan konflik, kerjakan kewajiban, bangun hubungan baik dengan sesama dan dekatkan diri dengan Sang Pencipta supaya hati anda damai.

Luangkan waktu sejenak, renungi lalu bangkit dan lawan segala rintangan. Mantapkan hati dan songsonglah cita-citamu sebagai tempat berlabuhnya diri anda dari perjalanan dalam menemukan jati diri.


Baca juga :

Popular Posts

Get Paid to View Sites