Belajar & Berbagi

Rahasia Dibalik Kesuksesan Bisnis Yang Dirintis Kaum Tionghoa

Rahasia Dibalik Kesuksesan Bisnis Yang Dirintis Kaum Tionghoa

Tidak ada orang yang meragukan kepiawaian orang Tionghoa mewujudkan bisnis yang sukses ditengah banyaknya persaingan. Bahkan banyak yang menyebutnya tangan dingin, namun tahukah anda rahasia dibalik kesuksesan bisnis yang dirintis kaum Tionghoa? Jika belum mari simak informasi berikut:


1. Berkecimpung sedari kecil

Kesuksesan bisnis para wirausahawan dari negeri Tirai Bambu salah satunya karena mereka tidak pernah ketinggalan untuk melibatkan keluarga sedari kecil. Hal ini sudah biasa dilakukan untuk membuat sang anak terbiasa berkecimpung di dunia bisnis. Semisal jika sang bapak memiliki sebuah toko maka sang istri biasa diposisikan sebagai kasir dan sang anak sebagai pelayan. Sehingga saat sang anak dewasa pastinya mereka telah lihai dan tanpa canggung menjalankan sebuah bisnis karena telah menguasai seluk beluk dunia perniagaan.

2. Manajemen administrasi yang terkelola dengan baik

System administrasi barang yang bagus dan pembukuan kas toko yang lancar membuat kesuksesan bisnis para pengusaha Tionghoa tidak diragukan. Hal ini membuat toko yang dimilikinya tidak pernah ada istilah stok barang yang habis.

3. Biaya hidup 20% dari pendapatan

Orang Tionghoa telah terbiasa hidup dengan sederhana yakni dengan mengalokasikan 20% pendapatan untuk biaya hidup sebelum bisnis yang mereka jalankan betul-betul melambung atau menjadi kaya. Semisal pendapatan mereka sepuluh juta perbulan maka dua juta untuk hidup dan selebihnya untuk diinvestasikan atau ditabung.

4. Tidak takut gagal

Tidak ada kata gagal dalam kamus orang Tionghoa, kesuksesan bisnis mereka diraih karena mereka tidak takut akan resiko gagal. Mereka selalu yakin bahwa dalam setiap rintangan ada kesempatan. So, masihkah anda diliputi keraguan?

5. Senantiasa belajar

Rahasia kesuksesan bisnis pengusaha Tionghoa tidak lepas dari niatnya yang diikuti dengan semangat belajar dan bertanya kepada kepada orang lain untuk memperoleh segala informasi terkait bisnis yang hendak dirintis. Dengan ketekunan dalam belajar bisnis dan menjalankannya membuatnya mengetahui seluk belukusahanya. Sehingga bisnis yang digeluti pengusaha Tionghoa cepat melambung.

6. Service terbaik

Pengusaha Tionghoa senantiasa memberikan service terbaik untuk konsumen agar tidak beralih ke toko lain. Pernyataan ini diperkuat oleh pepatah yang berbunyi “bila tidak pintar senyum, ya jangan membangun toko”.

7. Pandai menjaga relasi

Hal yang wajib di contoh dari kesuksesan bisnis pengusaha Tionghoa adalah kepandaiannya dalam menjalin relasi dengan para konsumennya. Salah satu wujudnya ialah dengan menghadiahkan sesuatu walaupun tidak terlalu mahal namun berhasil membuat pembeli terkesan dan tidak canggung untuk kembali membeli di toko mereka.

Kalau orang Tionghoa saja bisa, mengapa kita tidak? banyak figure kesuksesan yang bisa kita ikuti jejaknya salah satunya adalah orang Tionghoa. Yang penting punya niat, berusaha dengan sungguh-sungguh, dan tidak lupa untuk berdoa. Semangat


Baca juga :

Popular Posts