Belajar & Berbagi

Tetap Optimis Walau Ekonomi Sedang Krisis

Tetap Optimis Walau Ekonomi Sedang Krisis

Ekonomi Indonesia memang sedang mengalami krisis. Tapi kita harus tetap optimis. Masalah ekonomi sekarang masih lebih baik ketimbang krisis ekonomi tahun 1998. Daya beli masyarakat mulai melambat, tapi keinginan membeli masih kuat. Ini masih bagus untuk perputaran ekonomi. Walau banyak uang, tapi tidak ada keinginan untuk membeli, ekonomi akan tetap sulit, karena aliran uang tidak maksimal.

Menurut berita-berita, perlambatan ekonomi ini dikarenakan penguatan dolar terhadap mata uang rupiah. Bukan hanya rupiah, mata uang negara lain pun mengalami kelemahan terhadap dolar Amerika ini. Disamping itu ada faktor lain yang menyebabkan laju ekonomi melemah yaitu keterlambatan dalam penyerapan anggaran pemerintah.

Ibarat mendaki gunung. Keadaan sekarang sedang membuat sebagian orang merasa kelelahan. Untuk bisa segera ke puncak sangat diperlukan untuk memelihara semangat. Seorang pemimpin yang bisa memompa semangat sangat dibutuhkan selain faktor atau usaha nyata dari pemerintah.

Kesempatan Untuk Memulai Berwirausaha


Pribadi yang mandiri adalah pribadi yang tangguh. Telah terbiasa untuk siap dan berani menghadapi segala kondisi yang terjadi. Apabila dulu Anda pernah berkeinginan untuk berwirausaha, tetapi terhalang kesibukan kerja Anda, mungkin sekarang menjadi saat yang tepat untuk mulai berwirausaha.

Ekonomi sedang sulit, menjadi seorang wiraswasta pun bukan hal sama seperti menjadi karyawan. Bisa saja, langkah Anda berwirausaha malah membuat ekonomi Anda tambah sulit. Ini adalah sesuatu kemungkinan yang bisa terjadi pada Anda. Wiraswasta akan dipenuhi tantangan dan akan menghadapi dunia yang belum pasti.

Meski demikian, jika Anda telah mempunyai rencana dalam melaluinya, berarti Anda sudah mengerti dengan tantangan yang akan dihadapi. Anda sudah siap dan Anda tidak takut apalagi menyerah. Sebenarnya, memulai usaha itu tidak berresiko, yang berresiko adalah tidak mempunyai rencana untuk menjalaninya.

Memulai sebuah usaha, hampir sama dengan Anda melakukan sebuah perjalanan. Bila tidak ingin menemui kekecewaan, misalnya charger HP ketinggalan, maka dibutuhkan rencana yang matang. Wiraswasta adalah perjalanan yang sadar tidak sadar akan dipantau orang lain. Bila nanti kita gagal, mungkin akan ada sesuatu dari orang lain yang membuat Anda sakit. Oleh karenanya, siapkan rencana perjalanannya sedetil dan selengkap mungkin.

Sebuah kesuksesan dalam hidup terkadang tidak lepas dari yang namanya kepercayaan. Menjadi orang yang bisa dipercaya, tentu akan mempermudah hidup.
Dengan kepercayaan pula, Anda bisa mendapatkan modal tanpa harus menggunakan uang sendiri.
Di luar sana, yakin, ada beberapa orang yang mau berinvestasi, tetapi tidak menemukan orang yang bisa di percaya. Bila berjodoh, Anda seorang yang dipercaya bisa bertemu dengan orang seperti itu dan bersama-sama membangun usaha.

Selain itu, Anda juga perlu untuk menjadi pemberani. Dalam perjalanan nanti, ketangguhan Anda pasti mendapat ujian. Kuatkan otimisme Anda. Bila perjalanan ini mulai melelahkan, ingatlah, ada hadiah di ujung jalan.

Baca juga :


Popular Posts

Get Paid to View Sites