Belajar & Berbagi

5 Hal Pokok Pengeluaran Yang Perlu Anda Lakukan

Cara Membeli Rumah dan Mobil Impian Dalam Waktu 5 Tahun

Li Ka Shing, seorang milyader dari Hongkong membagikan tips bijak mengenai keuangan. Dalam tips ini, ada 5 hal yang perlu dilakukan dengan penghasilan atau gaji Anda.

Tips ini bagus dijalankan. Dengan tips ini, kita bisa mulai mewujudkan impian. Misalnya Anda mempunyai impian untuk segera mempunyai rumah, cobalah untuk konsisten menjalankan tips ini.

1) Biaya Hidup

Biaya hidup adalah pengeluaran yang menyita sebagian besar pendapatan. Meski besar, ini adalah pengeluaran yang wajib. Untuk mencoba meraih masa depan yang lebih baik, biaya hidup bisa ditekan supaya tidak terlalu besar. Mulailah untuk membiasakan diri berhemat dengan biaya hidup. Jangan terlalu sering makan mewah, mulailah untuk sekedar makan sehat yang sederhana. Mulai dengan gaya hidup sederhana.

2) Menjamu Teman

Sebagai makhluk sosial, kita akan memerlukan orang lain. Terlebih lagi bila itu adalah orang yang sukses. Mengeluarkan uang untuk menjamu teman seperti ini tidaklah merugikan. Imbalannya, Anda bisa lebih dekat dengan orang sukses. Bergaul dengan orang sukses bisa mempengaruhi kesuksesan Anda. Anda bisa belajar banyak tentang hidup, bisnis dan kesuksesan yang Anda harapkan bersamanya.

3) Pengembangan Diri

Dalam buku-bukunya, seorang milyader terkenal, Robert T. Kiyosaki selalu menekankan tentang belajar. Beliau juga menyarankan bekerja untuk belajar bukan bekerja untuk mencari uang. Hal ini berarti, bahwa pendidikan adalah hal penting untuk selalu di konsumsi. Seorang yang baik bukan hanya kekayaan materi saja yang berkembang, tapi, dirinyapun berkembang. Cobalah untuk berinvestasi dalam hal satu ini, dengan membeli buku atau menghadiri seminar.

4) Liburan (Hadiah untuk diri sendiri)

Terus-terusan fokus terhadap pekerjaan atau bisnis tidaklah begitu baik. Kekayaan terbesar kita adalah diri kita. Kesehatan dan semangat menjadi salah satu yang membuat kita masih kuat berjalan. Sekali-kali, cobalah untuk memberi diri sendiri hadiah. Coba lihat, orang yang mendapatkan hadiah bisa lebih terpacu semangatnya. Itupun bisa terjadi kepada Anda. Berilah diri Anda hadiah dengan liburan misalnya. Setelahnya, Anda akan mendapati diri Anda lebih fresh.

5) Investasi

Inilah salah satu yang berat dilakukan oleh sebagian orang. Ada yang berpendapat bahwa investasi itu berresiko. Ada juga yang siap investasi tapi tidak tahu harus kemana. Solusinya adalah segeralah memulai investasi Anda. Anda tidak harus menargetkan kesuksesan untuk investasi pertama ini. Mungkin Anda bisa mendapakan kerugian atas investasi Anda. Janganlah itu menjadi sebuah masalah. Yang terpenting adalah proses pembelajarannya. Bila Anda gagal atau melakukan kesalahan, ini adalah kesempatan bagi Anda untuk belajar dari kesalahan atau kegagalan itu. Pengalaman adalah guru.

Bila Anda merasa penghasilan Anda sekarang masih kurang sehingga tidak mempunyai alokasi untuk kelima hal tadi, mungkin ini saatnya yang tepat bagi Anda mencoba hal baru, mencoba kerja sambilan misalnya.

Misalnya Anda mencoba kerja tambahan menjadi tenaga penjual, justru ini menjadi nilai tambah. Seorang entrepreneur yang sukses biasanya mereka menguasai ilmu penjualan. Anda bisa manfaatkan hal itu untuk menambah ilmu pengetahuan Anda.

Selain tips di atas, cobalah untuk menunda kesenangan. Belilah sesuatu karena alasan butuh bukan karena ingin.
Itulah 5 Tips yang bisa Anda coba untuk lebih bijak mengatur keuangan dalam mencapai impian Anda. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Get Paid to View Sites