Belajar & Berbagi

7 Keuntungan Menabung di Celengan

7 Keuntungan Menabung di Celengan

Apabila Anda saat ini mempunyai rekening tabungan biasa di Bank, bila tujuannya hanya menyimpan atau menabung saja, uang Anda tidak akan utuh, atau ada uang Anda yang hilang. Bila Anda investasi dengan rekening atau cara lain misalnya deposito, mungkin berbeda.

Bila Anda sekarang mempunyai tabungan biasa di Bank, lalu Anda ingin mengambil semuanya, uang Anda tidak akan Anda terima seluruhnya. Oleh karenanya, menabung di celengan mungkin bisa menjadi solusi lain. Berikut 7 kelebihan bila Anda menabung di celengan, berbeda dengan menabung di Bank.

1. Setiap Bulan, Uang Anda Tidak Berkurang

Kenapa demikian? Di Bank, setiap bulan Anda harus membayar biaya administrasi atau biaya apapun itu namanya. Menabung di celengan, celengan tidak akan meminta Anda untuk membayar biaya administrasi bulanan. Jadi uang tabungan Anda tidak akan berkurang setiap bulannya.

2. Uang Anda Utuh, Semuanya

Menabung di Bank, jika Anda ingin mengambil semua tabungan Anda, seluruhnya, biasanya Bank mengharuskan Anda untuk menyisakan sebagian, entah itu lima puluh ribu rupiah atau seratus ribu rupiah. Jadi,jika Anda menabung uang di Bank sampai misalnya mencapai Rp.10.000.000,- lalu Anda berniat mengambil semuanya, lihatlah, uang yang akan Anda terima kurang dari Rp.10.000.000,-.

Berbeda dengan menabung di celengan, berapapun jumlah uang yang Anda tabung, ketika Anda ingin mengambil semuanya, celengan tidak akan meminta Anda untuk menyisakan sebagian uang Anda. Jadi, berapapun jumlahnya, uang Anda di celengan bisa Anda ambil semuanya tanpa harus menyisakan sebagiannya.

3. Lepas Dari Riba

Sebagian orang ada yang meyakini bahwa interaksi uang dengan Bank ada kemungkinan menjadi riba. Dalam hukum Islam, riba adalah sesuatu yang jelek yang harus dihindari oleh orang Muslim.
Menabung di celengan, dijamin, lepas dari riba.
(Mengenai riba yang ada hubungannya dengan Bank, mohon dicari informasi yang akuratnya)

4. Tidak Malu Menabung Uang Recehan/Kecil

Misalnya Anda mempunyai uang kecil Rp.5.000,- yang ingin ditabung, mungkin Anda akan merasa malu bila harus pergi ke Bank. Tapi dengan celengan, seberapapun kecilnya uang yang ingin ditabung, Anda bisa tabungkan tanpa harus ada rasa malu.

5. Hemat Waktu dan Transport

Jarang orang yang tinggal berdekatan atau tetanggaan dengan Bank. Jika Lokasi Anda jauh dari Bank, untuk menabung Anda membutuhkan waktu dan transportasi. Sementara dengan celengan, Anda bisa menabung tanpa banyak menyita waktu karena harus keluar rumah, dan tentu hemat bahan bakar atau transportasi.

6. Tidak Ada Waktu Libur atau istirahat

Bank, biasanya beroperasi dari hari Senin sampai Jum'at. Dari Jam 8 pagi sampai jam 3 atau jam 4 sore. Bila malam-malam Anda ingin menabung ke Bank, Anda tidak bisa melakukannya, karena Bank sedang tutup.
Menabung di celengan, Anda bisa melakukannya di hari apa saja dan pada jam berapa saja. Tengah malampun, celengan masih menerima uang yang ingin Anda tabungkan.

7. Bebas Mengambil

Memang Bank Anda menyediakan kartu debit atau ATM yang bisa digunakan 24 jam. Tapi bila jarak Anda jauh tentu akan merepotkan ketika Anda mendadak membutuhkan uang. Di celengan, Anda bisa mengambil uang tabungan Anda kapan saja, semau Anda.

Itulah 7 kelebihan atau keuntungan menabung di celengan yang berbeda dengan menabung di Bank. Ini adalah alternatif saja. Bila Anda bermaksud untuk berinvestasi dengan menabung di Bank, mungkin Anda akan menerima pembagian keuntungan yang diberikan Bank sesuai dengan ketentuan Bank tersebut.
Tapi, cobalah cek, berapa keuntungan yang diberikan oleh Bank (uang yang Anda terima) dengan uang yang Anda keluarkan (biaya bulanan)?

Baca juga :

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Get Paid to View Sites