Belajar & Berbagi

Cara Bijak Atur Keuangan

Cara Bijak Atur Keuangan
Gambar dari Liputan6.com

Mengatur keuangan adalah hal penting bagi setiap orang, terutama bagi mereka yang mempunyai penghasilan kecil atau penghasilan tidak menentu. Dengan pandai mengatur keuangan, hidup menjadi teratur dan akan mempunyai kontrol terhadap masa depan. beberapa hal dibawah ini, bisa jadi merupakan hal bijak untuk dilakukan dalam rangka mengatur keuangan:


Catat pemasukan & pengeluaran

Melakukan aktifitas ini, mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan, bisa membuat kita mengenal keadaan secara lebih detil lagi. Dari angka-angka yang tertulis kita bisa mulai memilih mana yang penting dan mana yang kurang penting. Kemudian kita bisa melakukan penghematan jika merasa ada pengeluaran yang boros. Kita bisa lebih mengetahui mana pengeluaran bagus dan mana pengeluaran jelek.

Bayar iuran di awal

Membiasakan diri mengedepankan pembayaran utang termasuk listrik, membuat kita bisa lebih mengetahui sumber daya uang kita. Ini juga menjadi bagian dari skala prioritas. Bila Anda ingin menabung, segeralah sisihkan uang Anda di awal. Selanjutnya kita bisa kembali melihat laporan keluar masuk uang seperti langkah di atas.

Sisihkan pendapatan

Seperti di katakan tadi, sebaiknya Anda segera sisihkan sebagian dari pendapatan untuk ditabung. Tabungan ini bisa dipakai untuk nantinya berbisnis atau sekedar untuk berjaga-jaga apabila ada keperluan mendesak di kemudian hari.

Hindari sifat konsumtif

Bila kita suka dengan membeli barang-barang, kita harus segera membuat daftar. Dari setiap barang yang mau kita beli, mulailah untuk mempelajari keuntungannya, misalnya apakah itu bisa produktif seperti bisa mendukung pekerjaan atau hanya sekedar barang konsumtif. Bila itu hanya bersifat konsumtif, mungkin lebih baik jika pembelian barang itu di tunda ke bulan selanjutnya.

Tetapkan tujuan keuangan

Mulai untuk belajar embuat tujuan. Misalnya mempunyai tujuan untuk membeli rumah. Bila saat ini Anda tinggal di rumah kontrakan, tentu hal ini bisa lebih gampang memacu semangat untuk menabung. Mulai menetapkan tujuan akan memudahkan langkah mengatur keuangan, karena kita mempunyai pilihan prioritas untuk menjaga dari pengeluaran yang tidak perlu.

Tahan diri dari godaan diskon dan promo murah

Ibu rumah tangga biasanya gampang tergoda ketika pergi berbelanja. Di tempat belanja sering terjadi adanya diskon besar-besaran. Ini adalah perangkap. Ingatlah bahwa Anda sedang mulai teratur dengan cara mengelola uang. Anda sekarang sudah skala prioritas. Anda sudah tahu mana pengeluaran produktif dan mana pengeluaran konsumtif. Tahan diri dari godaan diskon dan promo murah ini.

Cari produk serupa yang menawarkan harga lebih murah

Jika Anda perlu untuk membeli sesuatu, tentu akan lebih baik jika melakukan survey terlebih dahulu. Setelah Anda yakin dengan produk yang akan dibeli, sekarang tiba saatnya untuk mencari harga terbaik. Di dunia online ada situs perbandingan harga.Di dunia nyata, kadang barang yang sama bisa berbeda harga di setiap toko. Meluangkan waktu untuk membandingkan memungkinkan bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Cari pendapatan lebih dari satu sumber

Terkadang di era semaju sekarang, sebuah pekerjaan bisa menjadi tidak aman. Artinya, di luaran sana banyak sekali yang membutuhkan pekerjaan. Kita yang sudah bekerja terpaksa harus berlomba untuk tetap bisa bertahan. Bekerja dengan sebaik-baiknya, karena melakukan kesalahan bisa saja berakibat fatal terhadap keberlangsungan pekerjaan.
Untuk itu, tidak salahnya bila mulai dari sekarang mencoba sesuatu yang baru di waktu senggang Anda.Mencoba sesuatu pekerjaan lain yang tidak menggangu pekerjaan utama. Mempunyai pemasukan lebih dari satu sumber tentu akan menjadi lebih baik.

Sumber : liputan6.com

Baca juga :


Popular Posts