Mencari Uang di Intenet yang Cocok Bagi Pemula

Baca Juga

Mencari Uang di Intenet yang Cocok Bagi Pemula

Saya sering memposisikan diri menjadi seorang yang seseorang yang membutuhkan penghasilan, baik itu karena tidak punya pekerjaan atau karena butuh penghasilan tambahan. Internet menjadi pilihan, karena sudah begitu banyak orang yang mempunyai penghasilan dengan internet. Internet menjadi dunia lainnya setelah dunia nyata.


Kali ini saya ingin berbicara tentang seseorang yang baru memulai (pemula). Pada tahap awal yang mereka cari adalah peluang. Dari sedikit pengalaman yang saya alami, uang yang bisa kita hasilkan dari internet itu bisa berjumlah kecil tapi bisa juga besar. Dari segi waktu, ada yang bisa cepat menghasilkan tapi ada juga yang membutuhkan waktu. Selain itu, ada yang pasti menghasilkan dan ada juga yang belum pasti kapan bisa menghasilkannya.

Berikut ada beberapa cara mendapatkan uang di internet yang menurut saya cocok di jalani oleh para pemula.

1. Affiliasi

Affiliasi ini, kalau di dunia nyata bisa dibilang mirip dengan istilah broker, atau seseorang yang yang menjadi penghubung antara konsumen dan produsen, antara penjual dan pembeli. Bila terjadi transaksi, maka Anda akan mendapatkan sejumlah komisi karena telah menjadi tenaga perantara sehingga terjadi penjualan.

Ada banyak sekali peluang menjadi affiliate ini. Anda bisa join dengan Amazon, toko online berskala dunia. Atau Anda juga bisa join affiliasi lokal semisal Lazada, YubiStore, dan lain-lain.

Baberapa hal yang mungkin perlu dipertimbangkan dari mendapatkan uang dengan affiliasi :
  • Uang yang dihasilkan bisa cukup besar, besar, atau sangat besar,tergantung jumlah transaksi yang terjadi.
  • Peluang mendapatkan uangnya tidak tentu, hari ini bisa dapat, mungkin besok tidak. Semua tergantung kepada terjadi atau tidaknya transaksi.
  • Dari segi kepastian, peluangnya 50:50, bisa pasti menghasilkan bisa juga tidak pasti. Kembali lagi semua tergantung kepada terjadi tidaknya transaksi.
  • Kesemua hal itu bermuara pada satu kegiatan, promosi yang Anda lakukan.

2. PTC (Paid To Click)

Ini adalah program mencari uang di internet yang paling mudah. Seorang pemula sangat cocok untuk menjalankan ini. Hanya dengan melakukan klik dan melihat iklan selama beberapa detik, Anda akan mendapatkan bayaran untuk itu. Tidak diperlukan keahlian apapun, Anda hanya perlu untuk bisa melakukan klik dan menggerakkan mouse. Peluang yang sangat mudah bukan?

Meski mudah, PTC ini mempunyai kelemahan. Biasanya uang yang dihasilkan sangat kecil. Seribu rupiah atau dua ribu rupiah adalah jumlah penghasilan terbesar yang bia Anda dapatkan setiap harinya.

Kabar baiknya, PTC juga menawarkan peluang untuk bisa memperoleh penghasilan lebih banyak. Anda bisa mendapatkan ratusan ribu rupiah atau bahkan jutaan rupiah setiap bulannya. Caranya yaitu dengan mempunyai referral sebanyak-banyaknya.
Maksudnya adalah, Anda harus mempunyai orang lain yang bergabung di situs PTC yang Anda telah bergabung di dalamnya. Orang tersebut bergabung melalui link referral Anda. Link referral ini disediakan oleh situs PTC tersebut.

Beberapa hal yang mungkin perlu di pertimbangkan :
  • Uang yang dihasilkan sangat kecil, kecuali Anda mempunyai banyak referral.
  • Walaupun kecil, PTC pasti akan membuat Anda mempunyai penghasilan (kecuali PTC tersebut menjadi scam/penipu)
  • Tidak seperti affiliasi,mencari uang dengan ikut program PTC tidak harus melakukan promosi, terkecuali Anda membutuhkan referral.

3. Survey Online

Ini juga menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang cocok bagi pemula. Pekerjaannya adalah menjawab sejumlah kuesioner dengan waktu beberapa menit saja. Biasanya, ada beberapa pertanyaan dasar mengenai Anda dan kehidupan Anda. Pertanyaan selanjutnya tentang isi dari survey tersebut. Bila yang menyelenggarakan survey adalah perusahaan mobil, tentu Anda akan menemukan sejumlah kuesioner seputar mobil, dan seterusnya.

Bila Anda tertarik dengan survey online ini, ada beberapa situs survey yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu iPanelOnline & ViewFruit. Keduanya berbahasa Indonesia.

Hal-hal yang juga perlu untuk dipertimbangkan dari mengikuti survey online ini:
  • Uang yang dihasilkan kecil tetapi beberapa lipat lebih besar dari PTC (tanpa referral).
  • Terkadang ketersediaan survey tidak selalu ada setiap harinya. Hal ini tentu berdampak kepada penghasilan Anda. Tidak ada survey sama dengan tidak ada peluang mendapatkan uang.
  • Selain itu, pengalaman saya, banyak survey yang tidak bisa terselesaikan atau dihentikan. Hal itu terjadi karena saya tidak termasuk kriteria koresponden yang diinginkan penyelenggara survey. Akhirnya saya kehilangan kesempatan mendapatkan uang.
  • Sama seperti PTC, disini Anda tida perlu untuk melakukan promosi, terkecuali Anda ingin mempunyai referral.

4.Menjual Jasa

Peluang ini hanyalah bagi Anda yang mempunyai keterampilan atau keahlian saja. Misalnya Anda mempunayi keahliah dalam membuat logo, atau Anda mahir dalam membuat artikel. Anda bisa berpromosi bahwa Anda seorang ahli dalam bidang tertentu. Anda bisa promosi di media sosial atau membuat blog pribadi, atau juga bergabung dengan situs kerja online semisal freelancer, dan lain-lain.

Beberapa hal mengenai menjual jasa:
  • Uang yang dihasilkan bisa besar, tergantung harga yang Anda tawarkan dan jumlah order yang Anda terima.
  • Bisa menghasilkan tapi bisa juga tidak menghasilkan, tergantung dari order yang diterima.
  • Promosi jelas sekali dibutuhkan. Tanpa promosi, orang diluaran sana tidak akan tahu kalau Anda mempunyai keahlian yang mereka butuhkan.

5. Reseller & Dropshipping

Kedua hal ini adalah kegiatan yang berhubungan dengan jual beli. Anda mencari uang dengan menjadi penjual dari produk orang lain. Hampir sama dengan affiliasi. Dalam affiliasi, Anda hanya mempromosikan link menuju website penjual. Calon konsumen datang ke website tersebut melalui link yang Anda promosikan. Transaksi terjadi website penjual tersebut.

Sementara di Reseller & Dropshipping, pembelian terjadi dengan melibatkan Anda. Lalu pihak yang mempunyai produk mengirimkan barang ke konsumen biasanya atas nama Anda.
Apayang perlu dipertimbangkan dari menjadi reseller ini? Anda bisa baca di bagian affiliasi tadi, karena kurang lebihnya sama seperti itu.

6. CPA (Cost Per Action)

CPA ini hampir sama juga dengan affiliasi. Affiliasi biasanya berujung dengan adanya transaksi jual beli, sementara CPA hasil akhirnya adalah aksi, sebuah aksi semisal mendownload aflikasi, melakukan pendaftaran, dan sebagainya.
Pendapatan Anda didapat dari setiap aksi tersebut.

7. Menjual Produk Sendiri

Peluang mendapatkan uang dari internet yang satu ini juga bisa dilakukan oleh Anda yang mempunyai produk yang akan dijual. Anda bisa berpromosi melalui media sosial, membuat website sendiri, atau juga bermitra dengan toko online yang sudah ada semisal Lazada atau Bukalapak.com.

Pendapatan Anda didapatkan dari produk yang terjual. Bisa saja menjadi pendapatan yang besar atau mungkin sebuah pendapatan yang kecil, atau bisa juga tidak akan mempunyai pendapatan. Semuanya bergantung kepada ada dan tidaknya penjualan.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang di internet yang bisa dilakukan oleh pemula. dari peluang-peluang tersebut, bila Anda mencari yang pasti dan relatif cepat dalam mendapatkan uangnya, PTC dan Survey Online bisa Anda pertimbangkan untuk diikuti. Cuma, kelemahannya yaitu tadi, uang yang didapat relatif kecil, terkecuali Anda mempunyai referral yang banyak.

Cara atau peluang yang lainnya, memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari PTC atau survey online, tetapi untuk mendapatkannya bisa saja memakan waktu yang cukup lama. Tetapi tidak mutlak seperti itu, bisa saja Anda mendapatkan penghasilannya dalam waktu yang singkat.

Sekian, bila bermanfaat, bantu di share ya...
Sukses untuk Anda.

Baca juga :