Belajar & Berbagi

Strategi Jitu Guna Meningkatkan Omset Bisnis

Strategi Jitu Guna Meningkatkan Omset Bisnis

Tidak bisa dipungkiri memang jika kesuksesan sebuah bisnis salah satunya ditandai dengan omset yang semakin meroket. Meski tidak jarang orang yang berpendapat bahwa bisnis itu omsetnya terkadang naik turun. Jika sedang naik dan kita dapat menanganinya dengan bagus maka laba dengan mudahhnya mengalir menuju kantong kita, namun jika omset turun drastic apa yang anda lakukan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari simak strategi jitu guna meningkatkan omset bisnis berikut:

1. Bidik target konsumen yang paling berpotensi

Untuk membuat omset bisnis meroket yang wajib dilakukan adalah membidik target konsumen yang potensial semisal jika produk tersebut untuk anak sekolah atau anak-anak maka kita focus melayani keperluan murid atau mahasiswa dan jika produk yang kita miliki adalah premium maka target kita adalah level menengah keatas.

2. Lakukan perencanaan promosi dengan baik

Omset bisnis yang meroket tidak lepas dari perencanaan promosi yang tepat dan baik. perencanaan promosi dapat dilakukan dengan cara simple yakni dengan membuat list strategi promosi, target yang ingin dicapai, dan menentukan jangka waktu promosi. Teknik promosi yang menarik dan sesuai target akan membuat produk anda semakin terkenal kualitasnya. Anda bisa memanfaatkan segala media promosi terlebih yang teruptodate semisal melalui media social, web, Koran dll.

3. Buat produk dalam bentuk paket

Membuat produk dalam bentuk paket bisa kita lakukan untuk membuat pelanggan melakukan pembelian lebih dari satu produk. Sehingga memungkinkan produk yang kita miliki terjual lebih banyak sehingga mampu omset bisnis bisa meningkat. Semisal dengan membuat paket premium, paket hemat, paket special hari raya dll.

4. Lakukan kegiatan insentif bagi customer

Insentif dapat berupa tambahan bonus, hadiah, diskon dll sehingga memungkinkan para konsumen melakukan pembelian dalam jumlah tertentu semisal belanja minimal Rp 100.000,00 gratis alat dapur. Dengan kegiatan juga ini memungkinkan customer datang kembali untuk pembelian produk secara berulang dan tidak dapat dipungkiri omset bisnis andapun akan semakin meroket.

5. Buat produk lebih variatif

Untuk meningkatkan omset pengembangan sebuah produk atau jasa yang lebih variatif sangat dibutuhkan. Variasi produk ini bisa diaplikasikan melalui jenis produk, fitur yang berbeda, ukuran yang berbeda, tipe produl dll. strategi ini penting dilakukan untuk membuat kita lebih peka akan kebutuhan konsumen. Varian sebuah produk juga bisa dilakukan dengan meluncurkan produk turunan semisal jika anda menjual jilbab maka anda bisa menambahkannya dengan aksesoris atau bross. Dengan hadirnya produk anda yang lebih variatif akan membuat konsumen lebih tertarik untuk melakukan pembelian sehingga omset bisnis anda akan semakin meningkat.

Dengan strategi bisnis yang jitu dan kesigapan dalam menanggapi segala situasi akan membuat bisnis yang anda rintis semakin berkembang sehingga omset anda terus meroket.

Baca juga :

Popular Posts

Get Paid to View Sites