Belajar & Berbagi

Tips Yang Tak Terungkap

Tips Yang Tak Terungkap
Untuk berhasil dalam setiap bidang di kehidupan ini, akan ada yang namanya tips yang mengiringi perjalanannya. Tips sendiri menjadi salah satu bagian penting dari perjalanan yang dipraktekkan.


Jarang sekali orang sukses dengan berjalan sendiri. Maksudnya, untuk bisa sukses, seseorang butuh orang lain untuk dijadikan mentor atau guru. Mereka butuh penuntun. Mentor ini bisa saja orang sukses di bidang yang sama atau bidang yang tidak sama. Orang sukses ini menginspirasi seseorang untuk bisa mencapai seperti itu. Seseorang yang menjadi idola, biasanya dialah yang dijadikan mentor.

Seseorang yang telah mencapai sukses, mempunyai pola dalam perjalanan meraih suksesnya. Dengan pola tersebut, terlahir tips yang sengaja dibagikan atau diminta oleh orang lain yang juga menginginkan meraih kesuksesan yang sama.

Di dunia nayata, setidaknya ada dua jenis bisnis yang berbeda. Bisnis berbeda mentorpun berbeda. Ada bisnis konvensional dan bisnis lainnya. Saya tidak mempunyai pengalaman yang cukup dengan bisnis konvensional sehingga tidak begitu mengetahui mentor di bisnis ini.

Dalam bisnis lainnya saya mempunyai pengalaman tentang mentor. Saya pernah mengikuti bisnis Multi Level Marketing atau MLM. Dalam bisnis ini, seorang mentor membagikan tips suksesnya, seluruhnya tanpa ada yang disembunyikan. Hal ini terjadi karena di bisnis MLM, kesuksesan junior akan berpengaruh positip kepada kesuksesan sang mentor.

Bagaimana dengan mentor di bisnis konvensional? Sepertinya, orang-orang sukses di bisnis konvensional akan kesusahan membagikan tips suksesnya seluruhnya, tanpa ada yang disembunyikan. Bila yang telah sukses membagi seluruh tips suksesnya ada kemungkinan tercipta pengaruh kurang bagus terhadap perkembangan bisnisnya, mempunyai pesaing bisnis misalnya.

Tips yang tak terungkap dari seseorang yang telah sukses, ini hanya menjadi rahasia saja. Dalam dunia blogging, seputar 'make money blogging', ada kemungkinan Anda sebagai pemula tidak mendapatkan tips sukses selutuhnya. Meski begitu, jika Anda jeli, tips yang tak terungkap bisa di dapatkan dari orang sukses lainnya.

Beberapa hari lalu, saya membaca sebuah artikel yang membahas topik membangun backlink. Dalam artikel tersebut saya membaca sebuah penegasan bahwa para master tidak mungkin memberikan tips sedetil-detilnya. Artinya, selain tips yang sudah dibagikan ada tahapan-tahapan lain yang harus dikerjakan sendiri oleh pemula.

Sampai saat ini, saya belum menemukan bahasan misalnya bagaimana membuat blog untuk supaya sukses menjadi publisher Adsense. Mungkin banyak pemula yang mengharapkan bahasan yang detil mengenai blog dan pengoptimalannya serta membuat konten bermanfaat yang bisa bersaing di hasil pencarian mesin pencari. Ujung-ujungnya, para pemula ini terpacu untuk bisa mengoptimalkan diri mencapai mimpinya.

Baca juga :

Popular Posts