Belajar & Berbagi

5 Cara Mendatangkan Traffic ke Blog

5 Cara Mendatangkan Traffic ke Blog
Gambar dari Flickr
Anda telah banyak membuat artikel dan telah melakukan hal-hal yang penting untuk bisa memaksimalkan blog Anda. Tetapi pengunjung ke blog Anda masih sepi. Dan ternyata, membangun lalu lintas pengunjung ke blog itu membutuhkan kerja keras yang akan menyita banyak waktu. 5 cara berikut mungkin akan membantu Anda mendatangkan lebih banyak pengunjung ke blog.

1. Menjadi Penulis Tamu di Blog Lain

Menjadi penulis tamu di blog lain bisa menjadi salah satu solusi untuk mendatangkan traffic ke blog Anda. kelebihan dari menjadi penulis tamu adalah, Anda bisa mempromosikan blog Anda pada tulisan tersebut. Ini juga akan membuat blog Anda menjadi sangat baik di mata mesin pencari. Bila tulisan Anda di blog lain mendapatkan respon yang baik dari pengunjung, tentu ini juga akan berimbas kepada blog Anda. Pasti ada pengunjung yang tertarik untuk membaca artikel lain karya Anda di blog Anda.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari blog yang menyediakan ruang khusus untuk para penulis tamu. Anda bisa mencarinya di Google atau lewat Twitter. Atau Anda juga bisa mencoba disini, Juragancipir.com, atau Portal-Uang.com.

Anggaplah Anda sudah mempunyai daftar blog. Lihatlah satu persatu apakah setiapblog tersebut menerima tulisan para tamu atau tidak. Bila blog etrsebut menerima penulis tamu, maka Anda bisa segera untuk ikut berpartisipasi. Jangan lupa untuk membaca atau menanyakan tentang peraturan blog tersebut seputar menjadi penulis tamu.

Bila di blog yang Anda targetkan tidak ada ruang untuk penulis tamu, Anda perlu untuk menghubungi pemilik blog dan menjelaskan keinginan Anda menjadi penulis tamu di blog tersebut. Ada caranya yang bisa membantu memikat pemilik blog untuk menerima Anda menjadi kontributor di blognya. Temukan disini.

Setelah Anda mendapatkan blog yang bersedia menerima tulisan Anda, selanjutnya adalah menulis. Anda akan menulis untuk blog lain dan ada tujuan dari Anda untuk mendapatkan pengunjung ke blog Anda dari tulisan itu. Jadi, Anda perlu untuk menulis sesuatu yang mempunyai nilai atau bermanfaat. Jadikanlah tulisan itu sebagai sebagian pengetahuan yang Anda berikan. Bila pengunjung tertarik, mereka akan mencari tahu lebih banyak lagi tentang informasi yang Anda tulis, karena tulisan Anda di blog lain itu tidak menampilkan informasi yang komplit. Tulisan Anda membuat pengunjung ingin mencari tahu lebih banyak lagi.

Jangan lupa untuk membuat link menuju tulisan relevan di blog Anda. Karena pengunjung akan mengunjungi blog Anda melalui link tersebut.

Satu hal lagi, pastikan Anda dan pengunjung mempunyai hubungan. Di akhir posting Anda bisa membuat beberapa kalimat yang bisa mendorong pengunjung untuk melakukan sesuatu. Sehingga mereka bisa berkomentar atau berlanggan newsletter.

2. Terlibat di Media Sosial

Anda tahu, media sosial sekarang ini di akses oleh hampir 1,7 miliar. Ini adalah suatu hal yang luar biasa utuk dimanfaatkan. Anda bisa mempromosikan blog Anda dan mendapatkan lalu lintas pengunjung dari media sosial.

Langkah pertama adalah membuat strategi media sosial yang kuat. Anda harus bisa menentukan mana media sosial yang cocok untuk bisa Anda manfaatkan. Setelah itu, Anda juga akan mudah untuk menentukan konten apa yang diperlukan yang relevan dengan blog dan apa yang ada di media sosial.

Selanjutnya, Anda harus aktif bersosial. Anda membangun percakapan yang membuat audiens menyukainya. Barulah Anda untuk berpromosi. Jangan terlalu sering melakukan promosi.

Hal lain yang bisa Anda lakukan di media sosial adalah mencari orang yang mendapatkan respon positif dari audiens. Anda bisa memanfaatkan situasi ini. Lakukanlah dengan penuh respect. Anda bisa bayangkan ketika orang tersebut menyukai percakapan Anda. Ini akan memicu audiens yang selalu respon positif kepadanya untuk juga melihat Anda.

3. Promosi Silang Untuk yang Anda Tawarkan

Ini adalah tentang penawaran lain atau promosi lain yang relevan. Anda bisa melakukannya dengan membuat banyak pelanggan newsletter. Dengan newsletter ini, Anda bisa menawarkan hal-hal lain dari Anda. Posting baru dari blog Anda bisa langsung terinformasikan kepada pelanggan Anda. Bila mereka tertarik dengan postingan Anda, mereka akan kembali berkunjung.

Another tool that can help with cross-promotion—directly on your website—is AddThis Content Recommendations. The tool allows you to cross-promote other content on your site that is specifically targeted to each consumer’s interest and tailored to that audience member.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan promosi silang dengan melakukan kerjasama dengan blog lain. Misalnya dengan masing-masing blog menanamkan link menuju blog lainnya disertai kata-kata promosi.

4. Menyelenggarakan Kontes

Cara lain untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda adalah melalui kontes dan promosi khusus. Bagaimana ini berjalan? Banyak juga yang telah memanfaatkan tehnik ini. Tajuk-tajuk seperti "BlogCompetition" adalah salah satu yang sedang melaksanakan tehnik ini.

5. Buat Program Referral


Program referral bisa membantu membawa pengunjung baru ke situs Anda.
Baca Informasi Selengkapnya>>

Baca juga :

2 comments:

  1. Sangat bermanfaat untuk saya mendatangkan traffic blog, terimakasih..

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sudah mampir...semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Popular Posts

Get Paid to View Sites