Belajar & Berbagi

Meletakkan Landasan Kesuksesan

Meletakkan Landasan Kesuksesan

Biasanya kita akan antusias ketika menemukan barang atau kesempatan baru. Kita berpikir tentang peluang ini, sebuah peluang yang akan memberi kita sejumlah uang atau meraih kekayaan atau kesuksesan.


Menurut Robert T. Kiyosaki, hal paling bagus untuk dilakukan terkait barang atau kesempatan baru adalah bagaimana merancang bisnis di seputar barang dan kesempatan baru tersebut. Mulailah dengan memulai bisnis paruh waktu. Sebelum berhenti bekerja, sangat bagus bila bisa meluangkan waktu untuk mempelajari kehidupan para entrepreneur dan jenis bisnis mereka.

Memulai bisnis paruh waktu tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama adalah gagasan bagus. Mulailah bisnis paruh waktu bukan karena uangnya. Bisnis baru itu bisa saja tidak akan menghasilkan uang, tapi pernah mempunyai bisnis adalah pengalaman yang bagus untuk bisnis berikutnya.

Banyak yang mengatakan bahwa jalur menuju kewirausahaan itu mirip dengan sebuah perjalanan. Jika Anda sedang akan bepergian menempuh sebuah perjalanan, sebelumnya Anda pasti melakukan persiapan. Persiapan itu berupa bekal, peta perjalanan, ramalan cuaca, kemungkinan tantangan yang dihadapi, dan lain-lain.

Seorang entrepreneur menyukai untuk mencoba sesuatu yang baru. Meski banyak yang mengatakan bahwa hal itu tidak mungkin, entrepreneur malah tertantang dan berani menjadi orang pertama yang melakukannya.

Tidak ada kamus atau kata-kata 'kita tidak akan mampu melakukannya'. Seorang entrepreneur biasanya adalah seorang yang ahli dalam memecahkan masalah. Masalah tersebut dirubah menjadi sebuah pemikiran, sebuah ide, sebuah peluang. Lalu kemudian membawanya menjadi sebuah bisnis. Seorang entrepreneur selalu berkata, 'ayo kita pikirkan bagaimana melakukannya'.

Ada dua jenis bisnis yaitu bisnis yang sudah ada dan bisnis yang belum ada. Seorang entrepreneur bisa saja mempunyai bisnis dari bisnis yang sudah ada. Tapi energi lebih akan terasa bila entrepreneur mempunyai bisnis dari menciptakannya.

Tidak sedikit yang menilai bahwa bisnis adalah sesuatu di luar bekerja kepada orang lain. Sebenarnya, bisnis itu bisa jadi dua, bisnis yang dimiliki dan bisnis yang dikerjakan. Bisnis yang dikerjakan ini, sama dengan bahwa Anda mempunyai pekerjaan di bidang bisnis. Bisnis seperti ini biasanya berada di kuadran kiri. Cirinya, bisnis Anda sangat bergantung kepada Anda. Bila Anda tidak ada, maka bisnis Anda tidak berjalan.

Yang perlu dilakukan selanjutnya adalah bagaimana membuat bisnis itu berjalan tanpa Anda. Untuk itu diperlukan sebuah rencana dan landasan. Anda perlu membuat sistem sehingga para karyawan atau mitra bisnis Anda bisa mengerjakan keahlian dan kreatifitas yang Anda miliki. Bila sistem ini sudah ada dan berjalan, bisnis Anda akan terus bertumbuh meski Anda tidak lagi berkaitan di dalamnya. Itulah kategori bisnis yang disarankan oleh 'ayah kaya' dari Robert T. Kiyosaki. Sebuah bisnis yang berada di kuadran B.

Baca juga :

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts