Belajar & Berbagi

Sering Sedih Saat Melihat Saldo Rekening? Begini Cara Ampuh Mengatasinya

Sering Sedih Saat Melihat Saldo Rekening? Begini Cara Ampuh Mengatasinya
Kebanyakan dari kita sering mengalami, meski masih beberapa hari setelah menerima gaji, tapi uang gaji menguap begitu saja. Uang gaji itu seperti hanya menyalami kita saja. Gaji itu hanya sekedar numpang lewat saja di rekening kita.

Jika itu memang yang terjadi, mulai saat ini, mau tidak mau kita harus mendisiplinkan diri dalam mengatur keuangan. Karena pada dasarnya, setiap orang itu bisa menghemat dan mengelola gajinya.

Berikut ini ada beberapa tips yang mudah-mudahan bisa membantu supaya Anda tidak sering sedih saat melihat saldo rekening:

1. Buka tabungan yang tidak bisa diakses dengan ATM

Ada sebuah konsep dari sebuah buku yang pernah saya baca. Di buku itu dijelaskan, bila Anda mau menabung, sungguh-sungguh ingin menabung, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah menyisihkan 10% dari gaji Anda untuk di tabungkan.
Terkadang hasrat manusia selalu saja ada jika melihat uang. Jadi solusinya, uang yang akan Anda tabungkan itu, di tabung di Bank saja dengan tanpa membuat kartu ATM. Karena biasanya bila mempunyai kartu ATM, kita akan selalu mempunyai alasan untuk mengambilnya.

2. Hentikan pos tidak penting yang menguras pengeluaran

Kehidupan saat ini, begitu banyak hal baik itu barang atau lainnya yang menjejali kita. Ketika sedang mengakses internet, kita ketemu iklan dari sebuah produk baru misalnya. Atau ketika kita pergi ke mall untuk belanja kebutuhan primer, kita digoda oleh program diskon yang begitu besar. Seandainya Anda terus terpikat dengan hal seperti itu, Anda mungkin akan terjebak untuk membuat pengeluaran yang tidak begitu penting. Hal ini bisa memicu terkurasnya uang Anda di Bank.

3. Jangan belanja dengan kartu kredit, jika itu bisa membuatmu terjerumus pada hutang

Memiliki barang yang diinginkan, sekarang, sepertinya bukan hal yang sulit. Tanpa perlu mempunyai uang untuk membelinya, kita bisa memiliki barang tersebut. Kartu kredit yang Anda punya, bisa melakukan hal itu. Tapi bila Anda melakukannya, Anda akan terjebak dengan utang. Barang yang Anda beli dengan kartu kredit itu harus Anda cicil setiap bulannya. Dan biasanya, harga kredit akan lebih mahal dengan harga cash. Cobalah untuk lebih bijaksana menggunakan kartu kredit Anda supaya utang tidak menumpuk, sehingga uang di Bank Anda akan berjibun.

4. Buat pos pengeluaran, dan disiplinlah pada jumlah yang anda anggarkan

Membuat rencana anggaran belanja atau anggaran pengeluaran adalah sebuah ide yang menarik. Dengan rencana tersebut, Anda bisa tertuntun untuk tidak membuat pengeluaran yang tidak perlu. Selain hal itu, Anda juga bisa melihat proporsionalitas dari setiap anggaran pengeluaran yang Anda punya. Bila ada anggaran pengeluaran yang cukup tinggi atau paling menguras pengeluaran, mungkin Anda bisa membuat penghematan.

5. Ubah mindset

Uang itu seperti “air”. Jika tidak ditampung ia akan terus mengalir, tapi jika ditampung ia akan membesar. Lebih dari itu, sekali anda membuka dompet seperti mengocorkan keran air, anda harus berhati-hati sebab ia akan terus mengocor kecuali jika anda mengendalikannya.

Lalu ketika anda berusaha menghemat uang anda, bayangkan anda membuat sebuah kolam dari air sungai yang mengalir. Anda menampung air dan air itu lama kelamaan akan berubah menjadi kolam. Seperti itulah nantinya tabungan anda.

Diinspirasi dari prinsip ini, saat ini ada 8Share Indonesia yang bisa menampung pecahan Rp 250 menjadi ‘tabungan digital’ yang cukup lumayan. Kalau penasaran, silakan jadi member di sini!

Itulah 5 cara yang yang semoga menjadi cara ampuh untuk mengatasi supaya Anda tidak sedih melihat saldo rekening, atau supaya gaji Anda tidak sekedar numpang lewat di rekening.Sumber

Baca juga :


0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

Get Paid to View Sites