Belajar & Berbagi

Pecahan Uang Baru di 2016

Pecahan Uang Baru di 2016
Gambardari merdeka.com






Pecahan uang baru sebentar lagi beredar. Ada beberapa gambar baru, gambar para pahlawan yang mewakili wilayah Nusantara di pecahan uang baru ini.

Beberapa hari lagi, tepatnya tanggal 19 Desember 2016, Bank Indonesia (BI) akan serentak meluncurkan 11 pecahan uang rupiah baru. Pecahan uang rupiah baru tersebut terdiri dari logam 100 rupiah, 200 rupiah, 500 rupiah, dan 1.000 rupiah. Sementara untuk uang kertas baru yaitu pecahan seribu rupiah, 2.000 rupiah, 5.000 rupiah, 10 ribu rupiah, 40 ribu rupiah, 50 ribu rupiah, dan 100 ribu rupiah.

Teringat masa kecil, merasakan kebahagiaan ketika mempunyai uang baru, apalagi jika teman-teman belum mempunyainya.

Akan ada 12 gambar pahlawan pada 11 pecahan uang baru kali ini. 10 pecahan uang baru dengan masing-masing menampilkan 1 gambar pahlawan, dan 1 pecahan uang baru kali ini menampilkan 2 gambar pahlawan yaitu Presiden dan wapres pertama Indonesia.

Gambar para pahlawan tersebut tampil di pecahan uang logam dan pecahan uang kertas.

Desain baru pecahan uang rupiah yang akan di keluarkan BI untuk uang logam menampilkan beberapa gambar pahlawan berikut.

Untuk pecahan uang 100 rupiah logam akan menampilkan gambar Bpk. Herman Johannes.

Untuk pecahan uang logam 200 rupiah akan menampilkan gambar Bpk. Tjiptomangunkusumo.

Pecahan uang logam 500 rupiah akan menampilkan gambar Bpk. TB Simatupang.

Sedangkan untuk pecahan uang logam 1.000 rupiah akan menampilkan Mr I Gusti Ketut Pudja. Mr I Gusti Ketut Pudja ini adalah salah seorang yang ikut serta dalam penyusunan naskah proklamasi.

Sedangkan untuk pecahan uang rupiah kertas pada desain baru nanti akan menampilkan gambar para pahlawan berikut ini.

Untuk pecahan uang kertas 1.000 rupiah, gambar pahlawan wanita Tjut Meutia akan menghiasinya. Tjut Meutia berasal dari Aceh, adalah pejuang kemerdekaan pada zaman kolonial Belanda.

Gambar pahlawan berikutnya adalah gambar Bpk. Mohammad Hoesni Thamrin yang akan ada pada pecahan uang kertas 2.000 rupiah. Bpk. Mohammad Hoesni Thamrin adalah Pahlawan Perintis Revolusi Kemerdekaan Indonesia. Beliau dilahirkan di Jakarta.

Selanjutnya, pecahan uang kertas baru 5.000 rupiah akan menampilkan gambar seorang pahlawan dari Kalimantan yaitu Bpk. Idham Chalid. Beliau juga adalah seorang Guru Besar Nahdatul Ulama.

Gambar pahlawan berikutnya yang akan menghiasi pada pecahan uang kertas 10.000 rupiah adalah Frans Kaisiepo. Beliau ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada tanggal 14 September 1993. Bpk. Frans Kaisiepo berasal dari Biak, Papua, adalah seorang Guru Taman Siswa yang pernah di asingkan ke Digul, Papua.

Pecahan uang kertas baru 20.000 rupiah akan menampilkan gambar pahlawan yang juga adalah Gubernur pertama Sulawesi yaitu Bpk. Sam Ratulangi.

Gambar pahlawan selanjutnya yang akan ada di pecahan uang kertas 50.000 rupiah adalah gambar salah seorang pahlawan dari Tasikmalaya. Beliau adalah Djuanda Kartawijaya yang juga merupakan Perdana Menteri Indonesia kesepuluh.

Yang terakhir adalah pecahan uang kertas 100.000 rupiah. Gambar pahlawan disini di tampilkan 2 orang pahlawan yaitu Bpk. Soekarno dan gambar Bpk. Kedua gambar tersebut bukanlah gambar baru, karena kedua gambar tersebut selama ini telah ada di pecahan uang kertas 100.000 rupiah.

Itulah desain baru pada pecahan uang rupiah logam dan kertas yang akan dikeluarkan pada 19 Desember 2016 ini.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts