Belajar & Berbagi

3 Langkah Memulai Bisnis Online

3 Langkah Memulai Bisnis Online
Memulai bisnis online merupakan hal yang sangat sulit, terlebih bagi Anda yang masih pemula. Mungkin, bagi Anda yang sudah berpengalaman tidak akan ragu untuk memulai sebuah usaha baru. Sebab, pengalaman yang sudah didapatkan pada bisnis sebelumnya telah mengajarkan banyak hal tentang seluk-beluk bisnis di awal pendiriannya. Hal ini sangat jelas berbeda dengan pebisnis pemula. Nah, jika Anda termasuk pebisnis pemula yang berkeinginan membangun bisnis online, lakukan tiga langkah berikut ini.

1. Menentukan Produk yang Akan Dijual

Langkah awal yang harus Anda lakukan sebagai pemula adalah menentukan produk yang akan Anda jual. Dalam hal ini, Anda tidak bisa sembarangan untuk menentukan produk tertentu. Pilihlah produk yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat. Semakin fungsional produk yang Anda jual, peluang laris manis akan terbuka lebar. Untuk menemukan produk yang banyak dibutuhkan masyarakat, Anda perlu melakukan riset. Amati masyarakat di sekitar Anda dan perhatikan apa yang paling sering mereka cari untuk memenuhi kebutuhan mereka. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh data dari internet yang bisa menyajikan banyak konsumen yang menyukai sebuah produk, bahkan bisa memprediksi peluang sukses dari sebuah barang. Setelah Anda menemukan produk yang tepat, saatnya mengadakan produk tersebut. Jika Anda mempunyai modal, tidak akan menjadi masalah dalam hal penyediaan produk. Namun, jika Anda tidak mempunyai modal, gunakan program dropship. Di sini, Anda akan menawarkan produk milik orang lain dan mendapatkan komisi jika produk tersebut berhasil dijual dari promosi Anda.

2. Mencari Partner Kerja

Mencari partner kerja ini lebih menguntungkan daripada bekerja sendiri. Saat Anda menjual barang sendiri, konsumen yang mendapatkan informasi dari Anda masih terbatas. Sedangkan, jika Anda mencari partner kerja, konsumen yang berhasil dijaring semakin luas. Meskipun Anda mampu menyediakan barang sendiri, ada baiknya Anda menyediakan program reseller atau dropship. Semakin banyak orang yang ingin menjadi reseller atau dropship Anda, semakin besar peluang Anda mendapatkan konsumen lebih banyak lagi. Bagi pihak reseller sendiri juga akan mendapatkan keuntungan dengan program ini. Menjaga kepercayaan kepada partner kerja merupakan hal terpenting dalam bisnis ini. Sebab, semua dijalankan secara online yang tidak langsung bertatap muka secara langsung.

3. Memberikan Informasi Lengkap

Saat Anda menjual sebuah produk, berikan informasi yang lengkap tentang produk tersebut. Sebab, konsumen hanya bisa membayangkan produk tersebut berdasarkan informasi yang Anda berikan. Jika informasi yang Anda berikan tidak lengkap, konsumen tidak akan melirik produk Anda karena banyak informasi yang tidak mereka ketahui sehingga mereka menjadi ragu untuk membelinya. Sebaliknya, semakin lengkap informasi yang Anda berikan, semakin tertarik orang untuk mendalami lebih dalam lagi tentang produk tersebut. Terlebih jika Anda juga menyertakan gambar dengan kualitas yang cukup tinggi dan menarik. Konsumen tidak hanya membayangkan produk yang Anda jual, namun juga bisa mengamati berdasarkan gambar yang tersaji. Selain itu, harga yang Anda tawarkan juga akan menjadi salah satu pertimbangan konsumen. Produk yang tidak disertai harga akan membuat konsumen menduga-duga tentang mahal tidaknya produk tersebut. Dan, biasanya mereka cenderung untuk tidak membeli daripada terjerumus membeli produk mahal. Nah, untuk menghindari hal tersebut, sertakan juga harga yang Anda tawarkan.

Cukup mudah, bukan? Memang tidak sulit kok mencari pendapatan dari internet. So, jangan ragu untuk memulainya. Sekarang juga cobalah untuk memulai bisnis online.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts