Belajar & Berbagi

Jangan Pusatkan E-Commerce di Indonesia Pada Profit! Ini 5 Alasannya!

Jangan Pusatkan E-Commerce di Indonesia Pada Profit! Ini 5 Alasannya!
Pesatnya bisnis e-commerce di Indonesia terlihat selama beberapa tahun terakhir. Minat masyarakat berbelanja online berbanding lurus dengan maraknya online shop di sejumlah platform maupun media sosial. Wajar saja kalau pelaku bisnis mulai beralih ke transaksi elektronik untuk menjaring target pasar yang lebih luas mengingat keuntungannya pun sangat menjanjikan. Berbagai keunggulan seperti harga murah hingga promo menarik menjadi salah dua faktor yang membuat e-commerce begitu menggoda di mata produsen maupun konsumen.

Sayangnya, potensi perkembangan e-commerce di Tanah Air tidak diimbangi penggalian pengetahuan yang baik. Iming-iming mendapatkan penghasilan besar lewat bisnis ini pun tak selamanya berakhir baik. Lantas, tahukah Anda bisnis orientasi profit sebaiknya tidak dilakukan kalau Anda memilih e-commerce? Mengapa demikian? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Di Indonesia, e-commerce masih dalam tahap perkembangan

Sesungguhnya, tidak ada yang salah dari mencari profit besar dalam berbisnis. Bahkan hal ini bisa Anda temukan dalam dunia e-commerce di level startup hingga perusahaan bermodal besar. Di sinilah pelaku bisnis perdagangan elektronik saling berlomba meraih keuntungan melimpah buat memajukan usahanya. Di sisi lain, tidak banyak pengusaha yang sadar kalau bisnis e-commerce di Indonesia masih ada dalam tahap perkembangan. Jika Anda tidak cermat dan hanya berorientasi pada profit saja, peluang bangkrut atau gulung tikar dapat mengancam bisnis yang sedang dirintis.


Mengandalkan gagasan kreatif dan improvisasi yang inovatif

Berkaitan dengan poin sebelumnya, selain profit, pelaku bisnis e-commerce juga perlu memperhatikan gagasan yang ingin dikembangkan. Gagasan kreatif akan menjadi modal utama yang membuat Anda tak terlihat sama dengan pebisnis lainnya. Selain itu, dampingi juga dengan improvisasi yang inovatif supaya bisnis tersebut terus berjalan dan mampu bertahan dalam jangka waktu lama. Jangan ragu untuk berbagi ilmu dengan rekan pebisnis untuk mendapatkan ide-ide segar. Strategi kreatif nan inovatif yang tepat pun akan membuat bisnis e-commerce Anda dikenal lebih cepat.

Koordinasi antaranggota dan lingkungan bisnis yang harmonis

Bisnis e-commerce yang bagus tidak serta-merta hadir dari usaha satu orang saja. Anda membutuhkan tim solid dengan kemampuan dan keterampilan yang sesuai. Ciptakanlah koordinasi antaranggota yang baik mengingat Anda akan menghadapi kepribadian yang beragam. Selanjutnya, ciptakan lingkungan usaha yang harmonis untuk menunjang pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Harmonisasi di dalam dunia bisnis akan membantu Anda menjaga kestabilan. Perlu dicatat bahwa keselarasan tersebut akan terwujud kalau ada kerja sama yang baik antaranggota dalam bisnis e-commerce.

Terus mengamati perkembangan tren di dunia digital marketing

Seorang pelaku bisnis harus senantiasa mengamati tren yang sedang digemari. Bagi Anda yang hendak menggeluti e-commerce, maka amati terus setiap update yang muncul di dunia pemasaran digital (digital marketing). Dari sini, Anda dapat mengulas atau meninjau produk yang sedang tren. Periksa juga setiap strategi pemasaran yang dilancarkan kompetitor saat memasarkan produknya. Dalam hal ini, Anda perlu menentukan jejaring sosial yang sesuai dengan online store milik Anda. Sehingga pemantauan terhadap tren pemasaran digital pun akan semakin mudah dan akurat.

Meningkatkan profit atau keuntungan e-commerce secara efektif

Menurut sejumlah pakar di bidang e-commerce, Indonesia masih membutuhkan wadah atau tempat yang memadai untuk berbagi ilmu dan pengalaman di antara pelaku bisnis online. Dengan begitu, potensi kuat dalam usaha e-commerce pun akan tercipta secara optimal. Secara tak langsung, Anda akan mendapat materi-materi seputar bisnis yang mungkin bisa menunjang peningkatan keuntungan.

Lantas, manfaatkan momen itu untuk bertukar pikiran dengan sejawat. Siapa tahu Anda menemukan partner bisnis yang bisa membantu mengembangkan bisnis e-commerce yang sedang dibina.

Lima poin di atas diharapkan dapat membantu para pelaku bisnis e-commerce untuk membangun, memantau, dan menjalankan usahanya secara optimal. Bila Anda membutuhkan panduan, mengikuti seminar hingga bergabung dengan komunitas dapat membantu mempertajam visi dan misi dalam mengurus perdagangan elektronik. Dengan begitu, usaha e-commerce yang Anda rintis tidak semata-mata berpusat pada profit saja, melainkan kreativitas dan inovasi yang membangun negara.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts