Belajar & Berbagi

Keuntungan yang Membuat Bisnis Startup Semakin Digandrungi

Keuntungan yang Membuat Bisnis Startup Semakin Digandrungi
Bukan rahasia lagi kalau bisnis e-commerce di Indonesia beberapa tahun belakangan telah mengalami kemajuan pesat. Salah satu jenis e-commerce yang tengah berkembang adalah startup dengan kaum millenial sebagai penggiat utamanya. Hal tersebut memang tidak mengejutkan mengingat bisnis startup tidak sekaku tipe bisnis lainnya yang sarat akan aturan dan terkesan memberatkan.

Bagi muda-mudi yang berniat terjun ke ranah bisnis, startup dianggap jadi wadah berekspresi yang jauh lebih fleksibel.

Sekarang, sudah ada banyak startup lokal yang mewarnai dunia e-commerce Indonesia. Bukan hanya itu, startup memberikan berbagai keuntungan seperti:

Melatih diri siap sedia untuk segala hal

Lingkungan kerja startup yang dinamis mendorong para stafnya agar mampu beradaptasi cepat dan fleksibel. Hal tersebut berlaku baik untuk tanggung jawab pekerjaan, perubahan rancangan proyek, atau mengambil alih tugas di luar jobdesc. Anda mau tak mau harus sanggup menentukan keputusan cepat hingga menanggapi situasi darurat. Dalam beberapa situasi, Anda harus bisa mengubah rencana yang sudah dirampungkan dalam waktu singkat.

Memupuk manajemen waktu dan kreativitas

Supervisi yang minimum dalam dunia startup memaksa Anda untuk sigap mengelola waktu. Selain itu, Anda juga harus mampu memprioritaskan tugas dan disiplin mengejar tenggat. Berkaitan dengan poin sebelumnya, bekerja di lingkup startup mungkin akan membuat Anda cepat lelah, tetapi di sisi lain akan mendorong Anda supaya lebih luwes dalam mengungkapkan gagasan hingga eksekusinya. Kemudian, startup juga dituntut untuk senantiasa kreatif dan inovatif dibandingkan jenis usaha lainnya.

Mengamati langsung respons konsumen

Kecepatan dalam dunia startup tak hanya berkisar pada stafnya, tetapi juga tanggapan dari konsumen yang ditargetkan. Apa pun posisi Anda dalam bisnis ini, Anda akan lebih peka saat konsumen memberi feedback terhadap produk yang dihasilkan startup. Imbangi kecepatan ini dengan kemampuan tim Anda dalam mengutak-atik produk sesuai masukan dari konsumen. Lain cerita kalau Anda bekerja di sebuah perusahaan besar dengan posisi yang tak memungkinkan Anda untuk merasakan respons konsumen.

Semua orang merupakan anggota tim

Dibandingkan perusahaan besar, bisnis startup biasanya hanya membutuhkan jumlah pegawai atau staf yang tidak terlalu banyak. Hal ini lantas menjadikan semua orang yang terlibat sebagai bagian integral dan proses. Jika satu orang keluar, maka produksi sebuah proyek yang sedang dikerjakan pun akan ikut goyah. Di sisi lain, startup akan membentuk sense of belonging yang menumbuhkan keakraban antarstaf, sehingga mereka merasa terlibat saat sedang mengerjakan sebuah proyek.

Kesempatan belajar dalam berbagai bidang

Jika Anda termasuk tipe orang yang senang belajar, maka bergabung dalam startup merupakan sebuah keputusan tepat. Betapa tidak? Karena ukurannya yang kecil, startup memungkinkan Anda untuk melihat langsung bagaimana seorang CEO mengambil atau menentukan keputusan bisnis. Kemudian, Anda juga akan tahu cara programmer saat merancang program. Anda mungkin tidak akan serta-merta jadi pakar, tetapi setidaknya Anda tahu bagaimana seseorang melimpahkan keterampilan berdasarkan bidangnya.

Memahami visi-misi dan budaya perusahaan

Anda tentunya harus mempunyai visi dan misi yang sama agar benar-benar klop dengan pendiri startup tersebut. Selain itu, hal tadi juga akan menumbuhkan kepercayaan Anda terhadap brand startup. Bila Anda memahami objektifitas secara jelas, maka Anda juga akan jadi lebih fokus untuk mengejar tujuan atau goal kolektif dalam kegiatan sehari-hari. Bukan tidak mungkin Anda bakal memberikan kontribusi besar bagi startup yang menaungi gagasan-gagasan Anda.

Mengekspos diri ke berbagai peluang lainnya

Keuntungan terakhir yang bakal Anda dapatkan saat bekerja di sebuah startup adalah kemungkinan menjadi bagian gebrakan teranyar di industri tersebut. Bila prestasi yang ditorehkan ternyata bagus, maka Anda secara tak langsung telah mengekspos diri ke berbagai peluang yang tak kalah menarik. Orang lain pun akan mulai menyadari kehadiran Anda. Relasi kerja atau networking akan ikut meluas seiring dengan meningkatkan keterampilan dan pengalaman yang Anda dapatkan.

Demikian keuntungan-keuntungan yang akan Anda rasakan saat bekerja bersama tim startup. Mudah-mudahan informasi ini akan semakin membuat Anda semangat bekerja di ranah e-commerce Indonesia, ya!

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts